Welcome to MAGISTER AKUNTANSI - The Perfect Partner For Your Business
Contact : Phone 0821-2566-2195 Wa 0821-2566-2195 Lokakarya Kurikulum STIE Pertiwi | Magister Akuntansi

Labels

Lokakarya Kurikulum STIE Pertiwi

Lokakarya Kurikulum STIE Pertiwi - Hallo sahabat Magister Akuntansi , Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Lokakarya Kurikulum STIE Pertiwi , kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Umum , yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Lokakarya Kurikulum STIE Pertiwi
link : Lokakarya Kurikulum STIE Pertiwi

Baca juga


Lokakarya Kurikulum STIE Pertiwi

Alhamdulillah, sempat hadir pada acara Lokakarya Kurikulum STIE Pertiwi yang digelar hari Ahad tanggal 16 Agustus 2012 dikampus Cililitan.

Lokakarya ini diadakan tidak hanya di gelar sekedar memenuhi kewajiban tiga tahunan Perguruan Tinggi Swasta, namun juga secara substansial dalam rangka meningkatkan Mutu PTS itu sendiri. Hadir sekitar seratusan dosen, baik yang senior maupun yunior membahas silabus yang selama ini berlaku di lingkungan STIE Pertiwi. Tak ketinggalan ketua yayasan dan ketua masing masing cabang STIE juga hadir.


Demikian juga beberapa mahasiswa dari berbagai cabang kampus turut aktif mensukseskan acara ini sebagai panitia.

Acara yang berlangsung seharian ini, menurut ketua yayasan, merupakan bagian penting dari substansi pendidikan bermutu yang akan dibangun oleh STIE Pertiwi.

Mengapa ? Jawabannya disampaikan oleh pemakalah, Dr. Zainal Arifin, bahwa pendidikan akan bermutu jika proses belajar mengajar dilakukan secara professional. Hal ini menurut beliau, tercermin dari kurikulum yang selalu up to date  dan relevan dengan kondisi jaman. Jika pendidikan bermutu dapat direalisasikan di lingkungan STIE Pertiwi, diharapkan akan terwujud sumberdaya manusia yang berkualitas, memiliki integritas terhadap masa depan masyarakat dan lingkungannya.

Pada hakikatnya kualitas SDM suatu bangsa, lanjut beliau, merupakan cermin kualitas pendidikan, sebab krisis suatu bangsa bahkan krisis kemanusiaan, pda hakekatnya adalah krisis dunia pendidikan. Dengan demikian kurikulum memiliki posisi strategis dan penting dalam menjalankan tugas dan fungsi pendidikan.


Kurikulum dan Kompetensi

Jadi kurikulum itu sebenarnya apa sih?

Menurut teori pendidikan kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan proses belajar mengajar untuk mencapai tujuan program pendidikan.

Sedangkan kompetensi merupakan kemampuan bersikap, berpikir, dan bertindak secara konsisten sebagai perwujudan dari pengetahuan, sikap, dan ketrampilan yang dimiliki mahasiswa.

Apa hubungannya antara kurikulum dengan kompetensi?

Menurut hemat saya adalah mahasiswa yang telah mengikuti program belajar seperti yang digariskan oleh kurikulum tercermin pada kompetensinya (kemampuan bersikap, berpikir dan seterusnya). Sederhananya mahasiswa yang telah mengikuti matakuliah bahasa Indonesia, harus memiliki kompetensi di bidang bahasa Indonesia, dia mesti mampu menulis dan berbicara dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Demikian juga yang telah mengikuti matakuliah agama, harus tercermin disikap, cara pikir dan bertindak secara konsisten sebagai wujud dari pengetahuan dan ketrampilan yang diperolehnya.

Sudahkah demikian?

Acara ini merupakan bagian dari upaya menuju kesana. Mari kita berdoa dan berupaya agar tujuan ideal tersebut tercapai. Amiien





Demikianlah Artikel Lokakarya Kurikulum STIE Pertiwi

Sekianlah artikel Lokakarya Kurikulum STIE Pertiwi kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Lokakarya Kurikulum STIE Pertiwi dengan alamat link https://magisterakutansi.blogspot.com/2012/09/lokakarya-kurikulum-stie-pertiwi.html

0 Response to " Lokakarya Kurikulum STIE Pertiwi "