Welcome to MAGISTER AKUNTANSI - The Perfect Partner For Your Business
Contact : Phone 0821-2566-2195 Wa 0821-2566-2195 Kesalahan Dalam Penelitian | Magister Akuntansi

Labels

Kesalahan Dalam Penelitian

Kesalahan Dalam Penelitian - Hallo sahabat Magister Akuntansi , Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Kesalahan Dalam Penelitian , kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Statistik , yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Kesalahan Dalam Penelitian
link : Kesalahan Dalam Penelitian

Baca juga


Kesalahan Dalam Penelitian


Tidak dapat disangkal bahwa pada setiap penelitian hendaknya terhindar dari segala macam kesalahan/kekeliruan. Apabila bahannya terdapat kesalahan berarti kesimpulan yang ditarik dari
bahan-bahan tersebut juga salah.
Macam-macam kesalahan yang biasa dikenal pada waktu mengadakan penelitian dapat dibedakan menjadi dua yakni kesalahan non-samping dan kesalahan sampling.

1. Kesalahan Nonsampling
Kesalahan nonsampling dapat timbul pada hampir setiap penelitian, apakah penelitian itu dilakukan berdasarkan sensus  ataukah sampel survei.
Sebab-sebab timbulnya kesalahan ini antara lain misalnya:

a. Populasi yang tidak jelas
Sebelum penelitian dilakukan deļ¬nisikan populasi nya secara hati-hati. Usahakan jangan sampai melakukan penelitian terhadap populasi yang tidak semestinya.

Sebagai contoh misalnya seorang pengusaha bermaksud mempelajari soal selera penduduk di sebuah kota. Apabila dalam hal ini si pengusaha telah menggunakan orang-orang yang terdapat dalam "buku petunjuk telepon" sebagai dasar penelitian, maka kesalahan nonsampling telah terjadi. Kesalahan tersebut timbul karena si pengusaha telah mengabaikan orang-orang lain yang tidak terdapat dalam buku petunjuk itu, padahal sebenarnya mereka pun harus dimasukkan sebagai sasaran penelitian.

b. Pertanyaan-pertanyaan tidak tepat
Untuk memperoleh keterangan-keterangan yang lengkap, hendaknya pertanyaan yang diajukan kepada responden (yang dimintai keterangan) dirumuskan sejelas mungkin dan mudah dimengerti. Hindarkanlah hal-hal yang akan mengakibatkan responden tidak memberikan keterangan-keterangan.

Kesalahan ini bisa juga terjadi, apabila orang atau obyek yang akan diselidiki itu tidak berhasil ditemui atau diperoleh.
c. Adanya ketidak tepatan atau ketidakjelasan dalam definisi-definisi variabel, kriteria. Kriteria, atau dalam pemakaian satuan-satuan ukuran.

d. Kesalahan lainnya
Misalnya kesalahan dalam pengolahan dan penerbitan seperti salah menghitung, salah ketik, salah cetak dan sebagainya.

Kesalahan Sampling
Pada umumnya kesalahan ini sering terjadi pada waktu menelaah sampel yang akan dipakai sebagai dasar untuk membuat kesimpulan mengenai populasi dari mana sampel itu diambil.

Penelitian yang dilakukan terhadap sampel yang diambil dari suatu populasi dan penelitian terhadap populasi itu jelas akan berbeda hasilnya. Perbedaan hasil penelitian inilah yang dinamakan kesalahan sampling.

Penyimpangan-penyimpangan karena penggunaan sampel (kesalahan sampling) bersama-sama dengan penyimpangan bukan karena penggunaan sampel (kesalahan nonsampling). merupakan penyimpangan total yang mungkin terdapat dalam suatu penelitian. Penyimpangan-penyimpangan tersebut harus diperkecil. Kesalahan sampling dapat diperkecil dengan pemakaian metode pengambilan sampel yang tepat, sedangkan kesalahan nonsampling dapat diperkecil dengan perencanaan dam pelaksanaan penelitian yang hati-hati dan teliti.




Demikianlah Artikel Kesalahan Dalam Penelitian

Sekianlah artikel Kesalahan Dalam Penelitian kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Kesalahan Dalam Penelitian dengan alamat link https://magisterakutansi.blogspot.com/2012/12/kesalahan-dalam-penelitian.html

0 Response to " Kesalahan Dalam Penelitian "