Welcome to MAGISTER AKUNTANSI - The Perfect Partner For Your Business
Contact : Phone 0821-2566-2195 Wa 0821-2566-2195 Quota dan Cluster Sampling | Magister Akuntansi

Labels

Quota dan Cluster Sampling

Quota dan Cluster Sampling - Hallo sahabat Magister Akuntansi , Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Quota dan Cluster Sampling , kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Statistik , yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Quota dan Cluster Sampling
link : Quota dan Cluster Sampling

Baca juga


Quota dan Cluster Sampling


Quota Sampling
Sampel diambil berdasarkan pertimbangan pertimbangan tertentu dari penyelidik. Dalam quota sampling, para pencacah diminta untuk berwawancara dengan sejumlah individu yang mempunyai karakteristik (sifat-sifat) tertentu. Misalnya untuk mengetahui pendapat umum tentang sesuatu hal yang sedang diselidiki, si peneliti dapat berwawancara dengan 18 orang pedagang keturunan Cina yang mempunyai rumah sendiri, 25 orang India yang tinggal di Indonesia dan yang mempunyai toko tekstil, 76 orang Indonesia pensiunan dari pegawai negeri, dan lain-lain yang semacam.


Penentuan kelompok-kelompok yang diteliti tersebut biasanya ditentukan atas dasar pertimbangan- pertimbangan dari si peneliti.

Cluster Sampling 
Di dalam cluster sampling (sampling kelompok), populasinya dibagi menjadi beberapa kelompok. Kemudian dari kelompok- kelompok tersebut dipilih secara random sejumlah kelompok. Sampel yang diperlukan terdiri atas individu-individu (anggota) yang berada dalam kelompok-kelompok yang telah
dipilih secara random tersebut.

Dalam cluster sampling kita tidak langsung memilih individu, melainkan memilih kelompok. Yang termasuk sebagai anggota sampel adalah anggota yang berada dalam kelompok yang terpilih itu. Jika kelompok-kelompok tersebut merupakan pembagian daerah-daerah geografis, maka cluster sampling ini disebut juga area sampling.

Misalkan kita ingin memilih sebuah sampel berukuran 100 kepala keluarga dengan cara cluster sampling dari populasi tentang perumahan di suatu desa yang mempunyai 1.000 kepala keluarga. Dari 1.000 kepala keluarga tersebut kita bagi menjadi 200 kelompok yang masing-masing terdiri atas 5 kepala keluarga yang berdekatan. Jika dari 200 kelompok itu kita mengambil sebuah sampel random yang terdiri atas 20 kelompok, maka dengan cara ini kita telah memperoleh sebuah sampel dengan cara cluster sampling yang terdiri dari 20 x 5 kepala keluarga atau 100 kepala keluarga.






Demikianlah Artikel Quota dan Cluster Sampling

Sekianlah artikel Quota dan Cluster Sampling kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Quota dan Cluster Sampling dengan alamat link https://magisterakutansi.blogspot.com/2013/01/kuota-dan-kluster-sampling.html

0 Response to " Quota dan Cluster Sampling "