Mengapa IFRS?


Mengapa IFRS diperlukan? Jawabannya karena sebagian besar pelaku di bidang perekonomian dunia setuju akan perlunya satu set standar akuntansi internasional. Beberapa alasan mengapa sebagian besar setuju sebagai berikut :

Multinasional Corporation

Saat ini perusahaan perusahaan raksasa melihat seluruh bagian dari dunia ini adalah pasar mereka. Mulai dari kota kota besar, hingga pelosok pedalaman di India sana adalah potensi pasar buat mereka. Merk merk terkenal seperti,Coca cola, Intel  dan McDonald, bahkan sabun Lifebuoy dan produksi Unilever lainnya menghasilkan  lebih dari 50% penjualan mereka diluar negara asalnya yaitu Amerika. Demikian juga sebaliknya perusahaan perusahaan luar Amerika seperti produsen otomotif Jepang, produksi barang kebutuhan sehari hari dari China  menemukan pasar terbesar mereka adalah Amerika.



Merger dan  Akuisisi


Merger antara perusahaan internasional saat ini sudah sering terjadi dan menjadi raksasa seperti merger antara produsen mobil Daimler dan Chrysler menjadi Daimler Chrysler. Produsen volvo dibeli perusahaan otomotif dari china. Merger tidak hanya terjadi antar perusahaan satu negara namun juga antar perusahaan yang berbeda negara. Bahkan diperkirakan dimasa depan akan lebih banyak lagi merger dan akuisisi yang akan terjadi.





Information Technology

Pesatnya perkembangan teknologi komunikasi, semakin menghilangkan jarak diantara kita. Hambatan hambatan komunikasi semakin hilang  dengan kemajuan teknologi. Perusahaan dan individual di berbagai negara juga semakin nyaman membeli dan menjual barang dan jasa antara mereka. Dengan teknologi proses transaksi dan komunikasi semakin mudah dilakukan. Kemudian secara biaya pun dengan IT menjadi semakin efisien. 






Pasar Uang
Pasar uang adalah salah satu pasar internasional yang  paling penting saat ini. Perdagangan dan pertukaran, apakah itu mata uang, sekuritas modal, obligasi, dan derivative sangat aktif dtransaksikan diseluruh dunia.Untuk itu informasi keuangan yang relevan dan andal harus tersedia agar tercipta pasar uang yang dapat dipercaya. 





Untuk beberapa alasan diatas standar pelaporan international diperlukan. Karena bagaimanapun juga akuntansi adalah bahasa dalam bisnis, maka dengan kesamaan bahasa, bisnis akan dimudahkan. Hasilnya tingkat kepercayaan juga akan meningkat.
Search Term :

Tidak ada komentar :