Welcome to MAGISTER AKUNTANSI - The Perfect Partner For Your Business
Contact : Phone 0821-2566-2195 Wa 0821-2566-2195 BUKTI AUDIT (AUDIT EVIDENCE) | Magister Akuntansi

Labels

BUKTI AUDIT (AUDIT EVIDENCE)

BUKTI AUDIT (AUDIT EVIDENCE) - Hallo sahabat Magister Akuntansi , Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul BUKTI AUDIT (AUDIT EVIDENCE) , kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Auditing , yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : BUKTI AUDIT (AUDIT EVIDENCE)
link : BUKTI AUDIT (AUDIT EVIDENCE)

Baca juga


BUKTI AUDIT (AUDIT EVIDENCE)


·         Bukti audit yang mendukung laporan keuangan terdiri atas data akuntansi dan semua informasi penguat yang tersedia bagi auditor
·         Bukti ekstern yang diperoleh dari pihak independen di luar perusahaan dianggap lebih kuat, dalam arti dapat lebih diandalkan/dipercaya keabsahannya dari pada bukti yang diperoleh dari dalam perusahaan itu sendiri (bukti intern)
·         Pengetahuan auditor secara pribadi dan langsung yang diperoleh melalui inspeksi fisik, pengamatan, perhitungan lebih bersifat menyimpulkan (persuasive evidence) dari pada bukti yang bersifat meyakinkan (convincing evidence)  


TIPE BUKTI AUDIT
Menurut Konrath
·         Physical evidence
·         Evidence obtain through confirmation
·         Documentory evidence
·         Mathematical evidence
·         Analytical evidence
·         Hearsay evidence
·         Physical evidence

Physical evidence terdiri atas segala sesuatu yang bisa dihitung, diplihara, diobservasi atau diinspeksi, dan terutama berguna untuk mendukung tujuan eksistensi atau keberadaan.
Contohnya bukti-bukti fisik yang diperoleh dari kas opname, observasi dari perhitungan fisik persediaan, pemeriksaan fisik surat berharga dan inventarisasi aset tetap 

Confirmation Evidence
Confirmation evidence adalah bukti yang diperoleh mengenai eksistensi, kepemilikan atau penilaian, langsung dari pihak ketiga di luar klien.
Contohnya adalah jawaban konfirmasi piutang, utang, barang konsinyasi dll.

Documentary evidence
Documentary evidence terdiri atas catatan-catatan akuntansi dan seluruhdokumen pendukung transaksi.
Contohnya faktur pembelian, faktur penjualan, journal voucher, general ledger. Bukti ini berkaitan dengan asersi manajemen mengenai completness dan eksistensi dan berkaitan dengan audit trail yang memungkinkan auditor untuk mentrasir dan melakukan vouching atas transaksi-transaksi dan kejadian-kejadian dari dokumen ke buku besar dan sebaliknya.
 
Mathematical evidence
  • Mathematical evidence merupakan perhitungan, perhitungan kembali dan rekonsiliasi yang dilakukan auditor.
  • Misalnya footing, cross footing dan extension dari rincian persediaan, perhitungan dan alokasi beban penyusutan, perhitungan beban bunga.

Analytical evidence
      Analytical evidence, bukti yang diperoleh melalui penelaahan analitis terhadap informasi keuangan klien.
Prosedur analitis bisa dilakukan dalam bentuk :
1. Trend (Horizontal) Analysis, yaitu membandingkan angka-angka laporan keuangan tahun berjalan dengan tahun-tahun sebelumnya dan menyelidiki kenaikan/penurunan yang signifikan baik dalam jumlah rupiah maupun persentase.
2. Common Size (vertical) Analysis
3. Ratio Analysis, misalnya menghitung rasio likuiditas, rasio profabilitas, rasio leverage.

Hearsay (Oral) evidence
      Hearsay evidence, merupakan bukti dalam bentuk jawaban lisan dari klien atas pertanyaan-pertanyaan   yang diajukan auditor. 


Demikianlah Artikel BUKTI AUDIT (AUDIT EVIDENCE)

Sekianlah artikel BUKTI AUDIT (AUDIT EVIDENCE) kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel BUKTI AUDIT (AUDIT EVIDENCE) dengan alamat link https://magisterakutansi.blogspot.com/2013/06/audit-evidence-bukti-audit.html

0 Response to " BUKTI AUDIT (AUDIT EVIDENCE) "