IAS 29 : Identifikasi item moneter dan non - moneter

Isu
Item moneter tidak boleh disajikan kembali karena mereka sudah dinyatakan dalam satuan moneter saat ini pada tanggal neraca [IAS29R.12]. Beberapa item non-moneter yang dicatat dengan nilai saat ini pada tanggal neraca , seperti nilai realisasi bersih dan nilai pasar, sehingga mereka tidak disajikan kembali .

Semua aset dan kewajiban non-moneter lainnya disajikan kembali [IAS29R.14] .


Bagaimana seharusnya manajemen mengidentifikasi aset dan kewajiban moneter dan non - moneter dalam neraca entitas?

Solusi
Pos moneter adalah unit mata uang yang dimiliki dan aset dan kewajiban yang akan diterima atau dibayar dalam jumlah tetap atau telah ditentukan nilainya secara unit mata uang.

Contoh aset moneter adalah kas dan setara kas, surat utang berharga, piutang usaha, wesel tagih dan piutang lainnya.

Contoh kewajiban moneter adalah hutang usaha, biaya masih harus dibayar dan hutang lain-lain, pajak dan pajak yang dipotong hutang , pinjaman dan wesel bayar. Semua aset dan kewajiban yang tidak memenuhi definisi item moneter diklasifikasikan sebagai non-moneter. Contoh aset non - moneter adalah biaya dibayar di muka , persediaan , uang muka yang dibayarkan atas pembelian , investasi ekuitas berharga , investasi pada perusahaan asosiasi , aktiva tetap, aktiva tak berwujud dan aset pajak tangguhan.

Contoh kewajiban non-moneter adalah uang muka yang diterima pada penjualan, penghasilan tangguhan (misalnya, hibah) dan kewajiban pajak tangguhan. Setelah dibayar atau akumulasi, semua elemen ekuitas` non-moneter.


Uang muka yang dibayarkan atau diterima dianggap non-moneter jika mereka terkait dengan pembelian atau penjualan tertentu , jika tidak mereka dianggap moneter. Saldo pajak tangguhan dianggap non-moneter karena mereka tidak akan langsung dibayar secara tunai. Ketentuan Garansi akan item moneter jika persyaratan garansi adalah untuk memberikan pengembalian dana kepada pelanggan. Namun, ketentuan garansi nonmoneter jika entitas diharuskan untuk bertukar atau memperbaiki barang .
Search Term :

Tidak ada komentar :