Biaya Overhead

Berdasarkan klasifikasinya, biaya terdiri dari dua jenis :

  • biaya langsung
  • biaya tidak langsung

Sementara biaya langsung adalah biaya yang dapat diatribusikan secara langsung pada manufaktur dan mencakup biaya seperti bahan langsung dan tenaga kerja langsung. Biaya tidak langsung adalah biaya-biaya yang tidak berkaitan secara langsung dengan aktivitas apapun dan biasanya termasuk manufaktur overhead.
Biaya ini adalah biaya yang dikeluarkan untuk mendukung pembuatan produk. Oleh karena itu, biaya ini menjadi bagian dari produk dan dialokasikan ke produk melalui beberapa cara. Setelah biaya ini dialokasikan, harga produk ditetapkan sehingga semua biaya yang dikeluarkan dalam proses produksi dicatat dengan sesuai. Hal ini membantu pemahaman yang baik nilai profitabilitas masing produk.

Contoh
Manufaktur overhead termasuk tagihan listrik terkait produk selama jam pabrik, atau penyusutan dibebankan pada aset selama penggunaannya. Hal ini juga dapat mencakup biaya pasokan pabrik atau personel (selain tenaga kerja). Biaya ini di jumlahkan untuk membuat overhead manufaktur .

Jenis overhead
Lebih lanjut manufaktur overhead terdiri dari dua jenis  :

  • Overhead Variabel
  • Overhead Tetap

Overhead variabel
Overhead variabel adalah biaya yang konstan bila dihitung per unit, tetapi menjadi variabel ketika di totalkan pada volume output. Semua biaya seperti perbaikan dan pemeliharaan , tenaga kerja tidak langsung , dll, adalah biaya overhead variabel .

Overhead tetap
Biaya overhead konstan ketika ditotalkan tetapi aslinya variabel bila dihitung per unit dikenal sebagai overhead tetap. Biaya tetap cenderung menurun per unit dengan peningkatan output produksi. Kategori ini mencakup biaya seperti sewa, penyusutan dan gaji manajer, dll

Overhead non - manufaktur
Seperti namanya, overhead non-manufaktur adalah biaya yang tidak terlibat dalam proses pembuatan produk tersebut maka biaya ini tidak termasuk proses ini. Biaya ini biaya terjadi di lain selain manufaktur biasanya diklasifikasikan di bawah Judul Penjualan, Admin dan Biaya Umum. Beban bunga juga masuk dalam kategori yang sama dan karena ini adalah biaya overhead non-manufaktur, maka biaya biaya ini dilaporkan sebagai beban dalam mempersiapkan laporan laba rugi perusahaan.
Search Term :

Tidak ada komentar :