Laba Per Saham (EPS)

Definisi

Laba per saham ( EPS ) merupakan bagian dari laba didistribusikan perusahaan yang dialokasikan untuk setiap saham saham yang beredar (saham biasa). Laba per saham adalah indikator yang sangat baik dalam menilai profitabilitas organisasi, dan salah satu ukuran yang paling banyak digunakan dalam menilai profitabilitas.



Earning per share merupakan ukuran yang berguna dalam menilai profitabilitas, dan bila dibandingkan dengan EPS perusahaan sejenis lainnya, memberikan pandangan komparatif kekuatan perusahaan. EPS bila dihitung selama beberapa tahun dapat menunjukkan apakah kekuatan produktif perusahaan membaik atau memburuk. Investor biasanya mencari perusahaan yang laba per sahamnya terus meningkat.

Pertumbuhan EPS merupakan ukuran penting dari kinerja manajemen karena menunjukkan berapa banyak uang yang dibuat perusahaan untukpemegang sahamnya, tidak hanya karena perubahan laba, tetapi juga semua efek setelah penerbitan saham baru (ini sangat penting ketika pertumbuhan datang akibat dari akuisisi).

Perhitungan ( rumus )
EPS dihitung dengan membagi laba bersih setelah pajak dan dividen preferensi dengan jumlah saham ekuitas yang beredar . Hal ini dapat dinyatakan dalam rumus berikut :

Laba bersih per saham = ( Laba Bersih setelah Pajak - Dividen preferensi)/Jumlah Ekuitas Saham

Jika perubahan struktur modal (yaitu jumlah perubahan saham) selama periode pelaporan, jumlah rata-rata tertimbang saham ekuitas digunakan untuk untuk perhitungan EPS.

Earning per saham dilusian (EPS dilusian) memperluas EPS dasar dan termasuk saham semua efek konversi jika mereka dieksekusi. Obligasi konversi adalah saham konversi yang lebih disukai, opsi saham (biasanya berbasis karyawan ), obligasi konversi dan waran .

Norma dan Batas
Perlu dicatat bahwa dua perusahaan yang berbeda bisa menghasilkan EPS yang sama tapi yang satu dapat melakukannya dengan ekuitas yang lebih rendah. Semua hal lain dianggap sama, perusahaan ini lebih baik daripada yang lain karena lebih efisien dalam menggunakan modal untuk menghasilkan laba.

Penting bahwa investor untuk tidak bergantung pada satu ukuran laba per saham untuk membuat keputusan investasi. Sebaliknya mereka harus menghubungkan dengan langkah-langkah lain dalam melakukan analisis laporan keuangan 
Search Term :

Tidak ada komentar :