Sistem Persediaan Just In Time

Arti dan definisi dari Just-in -Time 
Strategi persediaan just- in-time dapat disebut sebagai strategi produksi yang digunakan untuk meningkatkan efisiensi dan mengurangi limbah dengan hanya menerima bahan baku tepat pada saat dibutuhkan dalam proses produksi, sehingga mengurangi biaya persediaan. Metode ini menuntut para produsen untuk mampu meramalkan permintaan secara akurat .


Seperti yang dijelaskan oleh Investopedia, sistem persediaan JIT menunjukkan pergeseran dari  strategi sistem berjaga-jaga " konvensional " yang mengumpulkan persediaan besar untuk berjaga jaga bila ada permintaan besar.

Investopedia menggambarkan strategi persediaan just-in - time melalui contoh berikut. Jika produsen mobil beroperasi dengan tingkat persediaan yang sangat rendah, tergantung pada rantai pasokan menyediakan sparepart yang diperlukan untuk manufaktur mobil . Spare part yang diperlukan untuk pembuatan mobil tidak tiba sebelum atau setelah mereka dibutuhkan, tapi hanya pada saat mereka diperlukan .

Manfaat dari sistem persediaan Just- in-time
Manfaat utama yang terkait dengan tepat pada strategi inventory waktu meliputi:
  • Mengurangi waktu set up

Mengurangi waktu setup memungkinkan perusahaan untuk mengurangi atau menghilangkan persediaan untuk waktu" changeover " . Alat yang terlibat di sini adalah SMED (single-minute exchange of dies) .
  • Peningkatan arus barang dari gudang ke rak

Ukuran produk individu atau kecil mengurangi banyak delay persediaan, sehingga mempermudah aliran persediaan dan manajemen .
  • Efisien penggunaan karyawan dengan beberapa keterampilan

Memperkerjakan karyawan terampil untuk bekerja pada bagian yang proses berbeda beda memungkinkan perusahaan untuk memindahkan pekerja ditempat mereka diperlukan.
  • Sinkronisasi permintaan dengan penjadwalan produksi dan konsistensi jam kerja 

Jika tidak ada permintaan untuk produk atau jasa pada suatu waktu, maka  tidak ada produksi. Ini menghemat uang perusahaan, baik dengan tidak harus membayar lembur untuk pekerja atau dengan meminta mereka berkonsentrasi pada pekerjaan mereka atau berpartisipasi dalam pelatihan .
  • Penekanan pada hubungan dengan pemasok

Sebuah perusahaan tanpa persediaan tidak ingin memiliki masalah sistem pasokan yang menciptakan kekurangan persediaan. Hal ini membuat hubungan dengan pemasok menjadi sangat penting .
  • Datang dari pemasok secara berkala sepanjang hari produksi

Pasokan dikoordinasikan dengan permintaan dan jumlah optimal dari persediaan yang ada setiap saat. Ketika sparepart bergerak langsung dari truk ke titik perakitan, kebutuhan untuk fasilitas penyimpanan berkurang
Search Term :

Tidak ada komentar :