Biaya Variabel

Definisi
Biaya variabel dapat didefinisikan sebagai biaya-biaya yang terus berubah secara proporsional seiring kegiatan bisnis. Biaya variabel dapat dihitung sebagai jumlah dari biaya marjinal atas semua unit yang diproduksi .

Biaya variabel merupakan salah satu komponen dan alat manajemen yang penting dalam perhitungan biaya total. Selain itu, semua biaya variabel adalah biaya langsung (biaya yang dapat dengan mudah dikaitkan dengan biaya objek tertentu). Biaya variabel , kadang-kadang, juga disebut sebagai biaya ditingkat unit  yang bervariasi dengan jumlah unit yang diproduksi. Biasanya, biaya-biaya variabel terus meningkat pada tingkat yang konstan secara proporsional terhadap tenaga kerja dan modal .



Penjelasan biaya variabel

Sebagai contoh, sebuah perusahaan membayar bahan baku untuk produksi. Ketika aktivitas meningkat, penggunaan bahan baku juga meningkat sehingga meningkatkan pengeluaran . Hal ini, bagaimanapun, perlu dicatat bahwa perubahan pengeluaran terjadi dengan hampir tidak ada atau sedikit intervensi oleh manajemen .

Menjelaskan konsep lebih lanjut, sebuah perusahaan akan membayar biaya pemeliharaan dan sewa dalam setiap periode terlepas dari jumlah daya yang digunakan. Selain itu, peralatan listrik tertentu, seperti pencahayaan atau AC, mungkin terus berjalan bahkan selama periode aktivitas rendah. Biaya ini mungkin termasuk dalam biaya tetap tetapi jika ditinjau lebih jauh, listrik akan digunakan seperti sesuai daya yang diperlukan untuk menjalankan pabrik dan mesin .

Contoh
Beberapa contoh biaya variabel meliputi, biaya operasi, makanan yang mudah basi, makanan, utilitas, upah , bahan baku, kemasan, dan sejenisnya  Bahan bakar untuk sebuah maskapai penerbangan adalah contoh yang baik dari biaya variabel. Biaya bervariasi dengan jumlah penerbangan dan durasi perjalanan .

Rumus
Biaya variabel dapat dihitung sebagai :

Total Biaya Variabel = Total Jumlah Output * Biaya Variabel per Unit Output

Kesimpulan
Dalam mengelola bisnis, sangat penting untuk memahami konsep biaya variabel sebagai konsep penting. Selain itu, juga penting untuk mengetahui aplikasi praktis dari konsep ini. Singkatnya, biaya variabel dianggap sebagai fungsi langsung dari volume produksi, meningkat seiring ekspansi produksi dan turun seiring dengan kontraksi dalam produksi
Search Term :

Tidak ada komentar :