Teknik Analisis Data untuk Fraud Detection

Definisi

Teknik analisis data untuk mendeteksi penipuan mengacu pada teknik yang menggunakan  statistik dan kecerdasan buatan untuk mendeteksi penipuan dalam perusahaan. Penipuan didefinisikan sebagai tindakan yang disengaja oleh seorang individu atau lebih mengambil keuntungan untuk dirinya sendiri, dan merugikan orang lain dan organisasi. Setiap tahun, jumlah kasus penipuan meningkat dan ini mungkin disebabkan perkembangan teknologi.

Ikhtisar

Untuk mendeteksi kecurangan, tehnik analisis data tradisional  telah digunakan untuk waktu yang lama. Teknik ini membutuhkan waktu dan investigasi kompleks dan berurusan dengan berbagai bidang pengetahuan seperti ekonomi, hukum, keuangan dan bisnis.

Teknik analisis data yang digunakan untuk mendeteksi penipuan pertama kali digunakan oleh bank, perusahaan telepon dan perusahaan asuransi. Sistem penilaian penipuan falcon dalam industri perbankan adalah salah satu contoh awal dari keberhasilan implementasi teknik analisis data. Dalam industri ritel, CCTV dan POS Data digital dimanfaatkan karena sebagian besar transaksi rentan terhadap penipuan. 


Deteksi dan pencegahan penipuan bukanlah tugas yang mudah, sehingga teknik khusus seperti teknik analisis data diaplikasikan untuk mendeteksi dan mencegah penipuan. Beberapa tipe teknik berupa data mining, Discovery di Database, artifisial intelliegent dan statistik. Teknik ini memberikan solusi yang tepat dalam berbagai jenis kejahatan penipuan.

Jenis teknik analisis data untuk deteksi penipuan

Teknik analisis data untuk deteksi penipuan terutama dibagi dalam dua kelas utama - kecerdasan buatan dan teknik statistik. Beberapa contoh teknik analisis data statistik asebagai berikut:
  • Teknik data preprocessing untuk mendeteksi, validasi, koreksi kesalahan dan mengisi data yang tidak benar dan hilang.
  • Perhitungan profil pengguna
  • Pencocokan algoritma untuk mendeteksi keganjilan dalam perilaku pengguna atau transaksi bila dibandingkan dengan profil sebelumnya atau model yang dikenal. 

Teknik analisis data untuk deteksi penipuan di bidang akuntansi

Ada beberapa akuntan forensik yang mengkhususkan diri dalam analisis forensik yang melibatkan pengadaan dan menganalisis data elektronik untuk merekonstruksi, mendeteksi atau mendukung klaim penipuan keuangan. Langkah-langkah utama diikuti dalam teknik analisis data - pengumpulan data, penyusunan data, analisis data dan pelaporan
Search Term :

Tidak ada komentar :