Welcome to MAGISTER AKUNTANSI - The Perfect Partner For Your Business
Contact : Phone 0821-2566-2195 Wa 0821-2566-2195 Laporan Keuangan Konsolidasi | Part 1 | Magister Akuntansi

Labels

Laporan Keuangan Konsolidasi | Part 1

Laporan Keuangan Konsolidasi | Part 1 - Hallo sahabat Magister Akuntansi , Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Laporan Keuangan Konsolidasi | Part 1 , kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel penggabungan usaha , yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Laporan Keuangan Konsolidasi | Part 1
link : Laporan Keuangan Konsolidasi | Part 1

Baca juga


Laporan Keuangan Konsolidasi | Part 1

Laporan Keuangan Konsolidasi

Pernah dengar? mungkin bagi mahasiswa akuntansi yang kuliah masih semester awal hingga pertengahan belum begitu familiar dengan Laporan Keuangan Konsolidasi. materi ini diberikan biasanya pada akuntansi lanjutan akhir, saat sudah memasuki semester semester akhir. materi laporan keuangan konsolidasi ini buat saya cukup membuat kepala pening.
Apa yang dimaksud Laporan Keuangan Konsolidasi itu? apa saja pendekatan atau metode yang dipakai? prosedurnya bagaimana? 

Ok, tapi kali ini saya hanya ingin menuliskan tentang gambaran umumnya saja tentang laporan konsolidasi.

Apa itu Laporan Konsolidasi perusahaan? pengertian laporan keuangan konsolidasi adalah laporan keuangan yang memberikan informasi posisi keuangan serta hasil operasi suatu perusahaan induk (perushaaan pengendali) dan satu atau beberapa anak perusahaan (perusahaan yang dikendalikan) dan seolah kedua entitas terpisah tersebut merupakan satu perusahaan.

Jadi bisa kita lihat, bahwa Laporan Keuangan Konsolidasi dibutuhkan jika salah satu dari perusahaan yang bergabung mempunyai kendali atas perusahaan yang lain. jika tidak memiliki kontrol, saya pikir tidak diperlukan Laporan Keuangan Konsolidasi. jika tidak memiliki kontrol atau kendali yang lebih, maka merEka adalah sebuah entitas yang mandiri dan masing masing dari mereka akan menbuat laporan keuangan sendiri2 dan tidak akan mungkin/tidak bisa digabungkan, ditambahkan atau pun sejenisnya. dan oh ya sedikit catatan, bentuk konkrit dari hak kendali atau hak kontrol yang lebih adlah adanya kepemilikn saham secara mayoritas dibanding perushaan yang lainya.

Selanjutnya, tujuannya untuk apa Laporan Keuangan Konsolidasi?
Laporan konsolidasi bertujuan agar bisa memberikan suatu gambaran yang objektif dan kesesuaian dengan posisi keseluruhan serta aktivitas suatu perusahaan yang terdiri dari sejumlah entitas yang saling berhubungan (hubungan istimewa). Laporan keuangan konsolidasi diharapkan tidak menyesatkan pihak yang memliki kepentingan. laporan konsolidasi wajib apabila satu entitas memiliki saham mayoritas yang beredar dari entitas lain.

Dan berikut beberapa manfaat dari Laporan Konsolidasi Keuangan
  • Memberikan informasi kekinian bagi manajemen perusahaan induk mengenai aktivitas gabungan dari perusahaan konsolidasi.
  • Mendapatkan gambaran mengenai total sumber daya entitas hasil gabungan dibawah kontrol perusahaan induk kepada investor (pemegang saham) dan kreditor atau penyedia sumber dana yang lain
Namun, selain manfaat diatas, ada dampak yang tidak baik dalam laporan keuangan konsolidasi, berikut diataranya:
  • Laporan konsolidasi bisa menyembunyikan/mengaburkan entitas individu yang kinerjanya tidak bagus dengan entitas lain yang berkinerja bagus
  • Saldo laba di tahan konslidasi tidak semuanya tersedia untuk deviden perusahaan induk, begitupu dengan aset/aktiva
  • Rasio keuangan yang berdasar pada laporan konsolidasi tidak merefleksikan/mencerminkan kondisi perusahaan yang membentuk konsolidsi ataupun induk perusahaan.
  • Tidak semua akun dapat dibandingkan seluruhnya, contohnya akun piutang
  • Terlalu banyak tambahan informasi yang di butuhkan untuk menghasilkan penyajian laporan yang wajar

Seccara umum, proses serta prosedur pembuatan laporan konsolidasi perusahaan seperti ini:

Laporan keuangan yang terpisah (dari dua atau lebih perusahaan) digabungkan bersama sama, setelah dilakukan penyesuaian serta eliminasi untuk menghasilkan laporan konsolidasi perusahaan. proses penyesuaian dan proses eliminasi tsb. terkait dengan aktivitas transaksi dan kepemilikan antar persahaan. Dan yang nantinya menjadi masalah adalah jika kepemilikan induk perusahaan terhadap anak perusahaan tidak mencapai 100% kepemilikan atau kurang dari 100%

Materi Laporan Keuangan konsolidasi ini memang agak susah jika dijelaskan, untuk mempermudah pemahaman yang komplit dan utuh tentang prosedur serta cara menyusun laporan keuangan konsolidasi perusahaan. saya akan posting pada postingan berikutnya. ow, iya saya sudah memposting tentang Merger dan akuisisi pada artikel terdahulu, silahkan dibaca untuk mempermudah memahami atau yang terlewat. semoga artikel ini sedikit memudahkan untuk memahami dasar dasar laporan keuangan konsolidasi, terima kasih




Demikianlah Artikel Laporan Keuangan Konsolidasi | Part 1

Sekianlah artikel Laporan Keuangan Konsolidasi | Part 1 kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Laporan Keuangan Konsolidasi | Part 1 dengan alamat link https://magisterakutansi.blogspot.com/2015/01/laporan-keuangan-konsolidasi-part-1.html

0 Response to " Laporan Keuangan Konsolidasi | Part 1 "