Alternatif Investasi di Perak

Hasil gambar untuk perak

Masyarakat banyak berinvestasi berupa tanah, properti, emas, sementara sekarang mulai berpaling kepada perak sebagai investasi alternatif karena harga yang tidak terlalu mahal dan bisa dipakai sepanjang zaman.
"Antam logam mulia mengeluarkan beberapa jenis perak, di antaranya perak palladium, perak granul, silver plate & wire, perak nitrat, platinum labware," kata Pimpinan Butik Emas Logam Mulia Denpasar, Nur Syahrini Dewi, di Denpasar, Selasa.


Ia mengatakan, perak palladium biasannya digunakan untuk perhiasan. Aplikasi palladium di bidang industri biasanya digunakan untuk pembuatan jam dan kontak elektrik, di samping bidang kedokteran.
Standar produknya antara lain EPdL 10Kadar 40 persen (Emas + Palladium) Berat : 25 gram; Tebal : 2,0 mm EPdL 14, Kadar 58,3 persen (Emas + Palladium) berat 25 gram, tebal 2,0 mm EPdL 18,Kadar 75 persen (Emas + Palladium) berat 25 gram tebal 2,0 mm.
"Perak granul 99.95 persen dihasilkan melalui proses granulasi lelehan perak dari proses elektrolisis perak. Kami menghasilkan produk perak dalam bentuk kemasan sepuluh kg, lima kilogram, dan satu kg," kata Nur Syahrini Dewi lagi.
Produk perak granul dijual ke beberapa industri yang menggunakan perak sebagai material utamanya yaitu industri kaca, industri yang memproduksi paduan logam, dan juga perhiasan sebagai campuran emas karat.
Gold /silver plate & wire merupakan salah satu produk yang dikeluarkan UBPP Logam Mulia dalam bentuk pelat dan kawat emas/ perak. Produk ini ditujukan untuk memenuhi kebutuhan manufaktur dan industri perhiasan di pasar domestik dan internasional.
Disebutkan pula bahwa, perak nitrat adalah senyawa kimia yang memiliki banyak kegunaan. Para ahli kimia kuno menamakan perak sebagai `"una", sehingga menyebut perak nitrat sebagai lunar caustic. Kegunaan perak nitrat pada dasarnya dapat diklasifikasikan ke dalam dua kategori utama yaitu, dalam bidang industri dan medis/kedokteran.
Rumus molekul dari AgNO3 membuatnya menjadi senyawa yang banyak digunakan diberbagai bidang aplikasi, antara lain bidang kedokteran (obat tetes mata), kedokteran gigi untuk menyembuhkan luka yang terlihat di dalam mulut, bidang industri, cermin, plating, pewarna dan tinta, bahan peledak, fotografi, dan keramik.
Produk platinum labware yang dihasilkan cukup bervariasi, mengacu pada standar produk yang banyak digunakan di laboratorium industri sehingga sesuai dengan kebutuhan para penggunanya.
Kadar produk platina yang diproduksi antara lain Platina Murni kadar 99,5 persen dan Paduan Emas-Platina (Au-Pt) dengan kadar Au=5 persen dan Platina=94,95 persen. Beberapa produk Platinum Labware, diantaranya: Crucib,Cawan (Dish), Mould dish, Katoda dan Anoda (Chatode & Anode), Pelapis Tang (Tong) dan pelapis thermometer. (ant/fb)
Search Term :

Tidak ada komentar :