Ingin Sukses Berinvestasi? Coba Ikuti Nasehat Warren Buffett

Hasil gambar untuk warren buffet

Banyak nasihat untuk mencapai kesuksesan, terutama bagi anak-anak muda. Tapi sayangnya, tak semua nasihat dilaksanakan dengan sungguh-sungguh. Ada juga anak muda yang sudah emnjalankan tapi harus menempuh waktu yang sangat lama hingga mencapai kesuksesan.
Nah, kali ini, dilansir dari situs Inc, Warren Buffett, salah satu seorang investor  paling ulung di dunia memberikan beberapa nasihat dan tips agar kamu bisa menjadi sukses, baik secara finansial dan karier. Berikut ini, menurut Buffett, beberapa hal yang perlu kamu lakukan untuk menjadi orang yang sukses.
1. Jangan korbankan seluruh uangmu

Dalam berinvestasi, kamu mungkin melihat sebuah peluang yang menggiurkan dengan mengalokasikan uang yang jumlahnya sangat banyak, untuk mendapatkan keuntungan yang banyak. Memang, pada umumnya, kalau kamu ingin uang pengembalian yang banyak, kamu harus menginvestasikan sejumlah uang yang cukup besar. Masuk  akal, kan? Tapi, menurut Buffett, jangan sampai kamu mengorbankan sebagian besar uangmu hanya untuk hal yang kamu inginkan.
Karena, yang namanya investasi itu tidak akan pernah sesederhana 1+1=2. Kamu perlu penasihat dan juga menguasai berbagai ilmu dan strateginya. Karena itu, jangan tergoda untuk mengalokasikan uang dalam jumlah besar, apa lagi menginvestasikan seluruh uangmu.
2. Beli saat harga saham turun
Buffett pernah menulis kepada pemegang saham Berkshire Hathaway, "harga adalah apa yang harus kamu bayarkan dan nilai adalah apa yang akan kamu dapatkan." Jadi, kamu bisa saja melanggar aturan di atas, untuk mengorbankan sejumlah uangmu untuk mendapatkan sesuatu yang lebih berharga atau menguntung. Tapi, hanya jika harganya sedang turun.
Secara logika, ini sama saja dengan membeli lima barang di mal dengan harga yang lebih tinggi, dibandingkan dengan satu barang yang sama. Meskipun kamu harus membeli lima barang, tapi 'jatuhnya' harga tersebut akan lebih murah. Jadi, kamu boleh beli saham ketika harganya turun.
3. Menabunglah dengan konsisten
Tak ada akan ada kesuksesan finansial tanpa menabung yang konsisten. Bahkan, sebelum kamu bisa berinvestasi, sebaiknya kamu memiliki tabungan yang cukup untuk hidup selama enam bulan. Jadi, selain berinvestasi, kamu juga harus punya tabungan yang bisa kamu ambil suatu saat untuk biaya hidup jika sesuatu yang buruk terjadi padamu.
4. Kamu harus tetap punya uang tunai
Mungkin kamu berpikir untuk meminimalkan uang tunai supaya tak tergoda untuk membelanjakannya. Kamu kemudian mengalikasikan uangmu untuk berinvestasi di berbagai tempat. Tapi, kamu lupa kalau sejumlah uang tunai harus tetap kamu 'pegang.' Karena, investasi adalah tabungan jangka panjang. jangan mengambil risiko dengan mengosongkan dompet dan menyimpan seluruh hartamu di suatu tempat yang hanya bisa dicairkan 35 tahun kemudian.
5. Jangan lupa berinvestasi pada dirimu sendiri
Berinvestasi dalam bentuk uang memang suatu keharusan untuk menyelematkanmu dari krisis keuangan di masa depan. Tapi, investasi pada diri sendiri juga sama penting. Belilah banyak buku dan bacalah. Perkaya dirimu sendiri dengan segudang ilmu. Tak masalah untuk 'membuang' uang untuk buku bermutu, seminar, dan pendidikan yang tidak formal. Oh, iya, jangan lupa untuk belajar bahasa asing selain bahasa Inggris. Karena bahasa asing seperti kendaraanmu menuju pulau kesuksesan.(bintang/vaa)
Search Term :

Tidak ada komentar :