Jenis Jenis Investasi Jangka Panjang

Hasil gambar untuk investasi jangka panjang
Pentingnya memiliki rencana dan keputusan investasi menjadi hal yang penting untuk dipertimbangkan untuk kebutuhan sekarang ini. Dilema antara kebutuhan untuk memiliki investasi yang dianggap cukup penting dan risiko yang mungkin terjadi menjadi penyebab orang masih enggan untuk melakukan investasi, apalagi investasi jangka panjang.

Bagi Anda yang tidak menjadikan investasi sebagai sebuah pekerjaan, maka investasi jangka panjang merupakan alternatif penambah penghasilan utama Anda yang baik dan dapat membangun kekayaan di masa depan.
Investasi jangka panjang juga diklasifikasikan menjadi beberapa jenis investasi yang kita kenal sebagai berikut.
1. Saham
Saham merupakan surat berharga yang bisa menjadi alternatif media investasi dengan potensi keuntungan dan kerugian yang lebih besar dibandingkan dengan media investasi lainnya (High Risk High Return). Saham juga dikenal sebagai tanda kepemilikan seseorang maupun badan usaha terhadap suatu perusahaan. Saham sebagai bukti pernyataan bahwa pemilik saham tersebut merupakan bagian dari pemilik perusahaan yang mengeluarkan saham. Wujud saham adalah selembar kertas yang memaparkan informasi mengenai data pemilik saham dan kepemilikannya terhadap perusahaan yang menerbitkan kertas tersebut. Saham dibagi menjadi 2 jenis, yaitu saham biasa dan saham preferen.
2. Reksa Dana (Mutual Funds)
Reksa dana dikenal sebagai alternatif investasi bagi masyarakat yang memiliki kelebihan dana yang tidak memiliki banyak waktu dan keahlian dalam menghitung resiko investasi mereka. Beberapa manfaat memiliki investasi dalam reksa dana antara lain pemodal yang memiliki dana sedikit tetap dapat melakukan diversifikasi investasi sehingga memperkecil resiko investasi, reksa dana akan mempermudah pemodal dalam melakukan investasi di pasar modal dengan 'menjual' pengetahuan dan keahlian yang tidak dimiliki oleh pemodal, dengan melakukan investasi dalam reksa dana pemodal telah berinvestasi dengan efisiensi waktu.
3. Investasi Emas
Sebagai logam mulai 99.99% persen yang kehadirannya paling bisa diterima di kalangan umum, emas merupakan salah satu wujud investasi yang sangat baik bagi Anda yang tidak ingin terlibat dalam High Risk High Return pada alternatif investasi saham, baik itu saham biasa maupun saham preferen. Emas dikenal memiliki nilai jual yang cukup tinggi dan stabil bahkan dianggap sebagai pengganti mata uang tanpa batasan aset. Keuntungan berlipat ganda juga dapat Anda terima apabila harga jual beli emas sedang melonjak naik.
4. Obligasi
Obligasi merupakan surat bukti memberikan pinjaman kepada pihak penerbit surat berharga obligasi yang harus dilunasi ketika tanggal jatuh tempo. Dilansir dari website IDX, terdapat beberapa jenis obligasi yang dibagi dari sudut pandang penerbit, sistem pembayaran bunga, hak penukaran atau opsi, segi jaminan, segi nilai nominal, serta segi perhitungan imbal hasil.(vaa)
Search Term :

Tidak ada komentar :