Investasi online melalui ECN atau No-ECN

Online investasi dapat dilakukan melalui pasar global perdagangan dan ECN (Elektronik Komunikasi Network).

Perdagangan melalui Broker ECN

Investor harus memahami apa yang merupakan Elektronik Komunikasi Jaringan. ECN adalah hubungan yang terjadi antara perserta trading dalam sebuat market perdagangan (misalnya: investor individu, bank atau pasar makers). Broker ECN yang menampilkan semua penawaran yang masuk dari penawaran perserta trading untuk semua peserta serta trading yang lainnya. Dari situ akan terlihat volume dari market perdagangan saat itu . Karena pasar ini ditentukan oleh peserta trading maka tidak ada spread yang tetap.


Broker ECN memiliki biaya komisi untuk setiap perdagangan yang ditetapkan melalui platform perdagangan mereka dan itu tergantung pada masing-masing ECN.
Perdagangan melalui Broker ECN semua transaksi kita diteruskan ke market perdagangan tanpa melalui dealing desk.

Di ECN biasanya harga yang ada dalam market perdagangan dipengaruhi oleh para peserta pasar sendiri. Menyebabkan harga yang lebih mudah bergerak sesuai dengan volume permintaan dari peserta trading. Harga dari pasar perdagangan yang lebih lincah, menyebabkan lebih sulit untuk menentukan stop-lost.


Di sisi lain, jaringan elektronik berkomunikasi biasanya tidak memiliki user-friendly platform trading karena membutuhkan biaya yang besar untuk menyediakan platform trading yang user-friendly.

Perdagangan melalui sebuah Broker Non ECN


Market perdagangan sudah memiliki harga pasar yang terbentuk melalui ECN. Tetapi Broker Non-ECN menetapkan harga pasar mereka sendiri, yang sebagian besar mengikuti harga dari market perdagangan yang sudah ada. Broker Non-ECN membuat mereka harus berurusan dengan peserta trading pada penetuan harga. Maka Broker Non-ECN ini tetap berada di antara kedua sisi pasar, sehingga apabila investor adalah membeli pada market perdagangan, Broker Non-ECN harus menjualnya dan sebaliknya ketika investor adalah menjual suatu pada market perdagangan, Broker Non-ECN harus membelinya. Mereka menawarkan lebih untuk spread dan investor mengambil keuntungan dari spread yang ditawarkan

Broker Non-ECN biasanya memiliki platform trading yang sangat user-friendly. Harga yang diambil dari market perdagangan mereka kurang volatile. Sebuah Broker Non-ECN lebih sering digunakan untuk investasi jangka waktu lama dan tidak aktif untuk trading harian.

Sebagian Broker Non-ECN tidak semua order diteruskan kepasar karena order-order yang ada "dikumpulkan" dulu di dealing desk untuk kemudian diteruskan ke market berupa netto transaksinya. Broker Non ECN sering diisukan bertransaksi melawan nasabahnya karena adanya "dealing desk" sebelum diteruskan ke market karena saat kita loss mereka mendapat keuntungan yang besar dari loss yg kita alami dan profit yg mereka dapat dari posisi yg berlawanan dengan kita dimarket perdagangan.

Sedangkan untuk ciri-ciri yang lain adalah:

  1. Sering requote order
  2. Kadang tidak bisa menutup order padahal koneksi internet bagus adakalanya tertera koneksi tidak terdeteksi
  3. Kadang juga tidak bisa ambil posisi padahal internetnya bagus sering ada pesan uji parameter
  4. Pada saat berita dirilis yang menyebabkan pasar volatile kita tidak bisa trading

Salam Investasi...
Search Term :

Tidak ada komentar :