8 Situs Untuk Mencari Referensi Esai Tesis dan Skripsi

Duduk di bangku kuliah punya arti lain bahwa kamu harus siap perang dengan banyak hal. Bikin esai, makalah, laporan, sampai skripsi hingga tesis akan jadi santapan tiap hari. Mencari sumber literatur ilmiah dengan data yang dibutuhkan harus tahu tempatnya. 
Mengeluh hanya membuat makin males untuk ngerjain. Hasil dari Wikipedia dan sekadar googling tidak boleh kjadi referensi. Asal comot pun malah bikin garapan ilmiahmu jadi nggak valid. Nah, supaya esai, skripsi, sampai tesismu bisa cepat kelar dan dapetin data ilmiah yang diharapkan, Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah (LIPI) sudah mengumpulkan daftar situs terpercaya nih dan dapat diakses.  Biar nggak ada alasan buat nunda lagi!

Untukmu yang cari referensi dan literatur ilmiah dari dalam negeri, ini list-nya…

1. Indonesian Scientific Journal Database (ISJD)


Jika ojek punya pangkalannya sendiri untuk menanti penumpang, jurnal-jurnal ilmiah pun punya pangkalannya sendiri. Kurang lebih 220.000 artikel dan jurnal ilmiah yang diserahkan dan diunggah oleh Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah (LIPI). Biar bisa lebih menghemat waktu, katalog yang disediakan oleh ISJD ini bisa kamu manfaatkan.
Masukkan keyword, jurnal yang kamu cari akan muncul di katalognya! Jika tersedia, kamu bisa langsung email ke sini penelusuran@mail.lipi.go.id yang ada untuk bisa dapetin full text-nya. Buang jauh-jauh alasan kalau jurnal ilmiah itu sulit dicari, guys. kamu bisa cari di website-nya ISJD! Gratis untuk diakses semua mahasiswa, 

2. Katalog Koleksi Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia atau yang lebih akrab disebut dengan Perpusnas nggak boleh luput dari kunjungan berburu buku umum dan beragam bahan lainnya. Jika ke-hectic-anmu menuntut untuk serba online, cek saja stok koleksi Perpusnas di sini. lebih efisien tenaga dan waktu bukan? Hal menyenangkan lainnya adalah, Perpusnas juga berlangganan koleksi literatur online dari luar negeri, lho! Yuk cek aja langsung ke e-resources-nya!

3. Katalog Koleksi PDII LIPI


Cari referensi makalah, jurnal, dan karya ilmiah luar negeri pun bisa kamu dapetin di sini.
Katalog Koleksi PDII LIPI ini adalah katalog online yang mencakup banyak koleksi literatur ilmiah. Kalau kamu cari literatur ilmiah mengenai ragam bahasan, ini adalah pilihan yang tepat. Referensi buku, laporan penelitian, tesis, sampai disertasi, semua ada di sini! Nah, setelah dapetin yang kamu cari, langsung saja datang ke perpustakaan PDII LIPI yang ada di Jalan Jendral Gatot Subroto kav. 10 Jakarta! Cari ketersediaan data digital-nya juga bisa, lho! Kamu bisa langsung tanya ke tim penelusurnya di penelusuran@mail.lipi.go.id! Membantu banget, bukan?


4. Springer Link

Jurnal internasional memang banyak dan mudah buat didapat. Tapi nggak selamanya bisa kamu dapat secara gratis. Buat mengakses Springer Link, kamu perlu berlangganan lebih dulu. Tenang, sekarang untuk mencari koleksi buku buku sampai artikel ilmiah, dari yang sains sampai yang membahas tentang masalah sosial di Springer Link, PDII LIPI siap bantu kamu! Jangan siakan akses yang dipunya PDII LIPI. Tanyakan segera kepada tim penelusurnya buat cari referensi yang kamu butuhkan. Tanpa butuh waktu lama!

5. ScienceDirect



Website ini pasti udah nggak asing oleh para peneliti, guru, dan pekerja profesional lainnya. Di ScienceDirect ada banyak artikel ilmiah yang tersedia, tapi kamu menyiapkan modal untuk bisa akses berbayar. For your information, PDII LIPI pun jadi salah satu yang bisa mengakses 3.800 jurnal dan 35.000 buku di sana! Sekali baca di sini, kamu akan enggan buat beralih. Yuk merapat, demi tugas biar cepet selesai!



6. JSTOR

Buku-buku dan jurnal internasional yang kamu cari sejak lama tersedia di JSTOR, kini bisa kamu akses tanpa ngeluarin modal seperak pun. Karena Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) punya aksesnya. Kamu bisa tanya-tanya ke tim penelusurnya buat cariin jurnal ilmiah yang kamu cari-cari secara online. Selain itu, kamu juga bisa datangi kantornya di Jalan Jendral Gatot Subroto kavling 10, Jakarta, untuk menelusuri referensi yang kamu butuhin! Masih mau nunda buat cari data valid?

7. ProQuest



Untukmu yang nggak menyiapkan modal buat berlangganan buku di website literatur ilmiah online, kini nggak perlu bersedih hati lagi. ProQuest, yang menyediakan banyak sumber artikel dan jurnal ilmiah, bisa kamu manfaatkan! LIPI bisa jadi perantara antara kamu dan ProQuest untuk mencari list referensi kuliahmu. Yang gratis-gratis, harus dimanfaatkan nih!

8. Ebsco

Nggak hanya untuk keperluan tugas, di Ebsco kamu bisa dapetin banyak referensi ilmiah yang menarik. Mulai dari kesehatan, kepemerintahan, hingga kemiliteran, semuanya ada. FYI aja nih, kamu nggak perlu merogoh kocek buat langganan. Karena Perpusnas punya akses gratis dan bisa dicoba segera! Menghubungi tim Perpusnas ngak usah ditunda lagi.


Search Term :

Tidak ada komentar :