Tujuan Akuntansi Bank Syariah

Hasil gambar untuk tujuan akuntansi bank syariah

Akuntansi keuangan terutama berkaitan dengan penyediaan informasi untuk membantu para pemakai di dalam pengambilan keputusan. Mereka yang berurusan dengan bank bank Islam mempunyai kepedulian untuk mematuhi dan mencari ridho Allah di dalam urusan keuangan dan urusan lain mereka.


Allah berfirman : “ Hai sekalian manusia, makanlah yang halal dan lagi baik dari apa yang terdapat di buni, dan janganlah kamu mengikuti lanhkah-langkah syaitan, karena sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu” (Surah 2:ayat 168). Sasaran-sasaran dari akuntansi keuangan bagi bank bank lain kebanyakan ditetapkan di negara bukan Islam. Oleh karena itu, adalah wajar terdapat perbedaan antara sasaran sasaran yang ditetapkan bagi bank-bank yang akan ditetapkan untuk bank-bank Islam.

Perbedaan ini terutama berasal dari perbedaan di dalam sasaran-sasaran dari mereka yang memerlukan informasi akuntansi dan demikian juga informasi yang mereka butuhkan. Tetapi, ini tidak berarti kita menolak semua hasil hasil dari pemikiran akuntansi modern di negara negara non Islam. Ini karena ada sasaran sasaran  yang sama antara pemakai informasi akuntansi Muslim dan non Muslim. Sebagai contoh, investor Muslim dan non-Muslim sama sama ingin meningkatkan kekayaan mereka dan mendapatkan hasil yang bisa diterima dari investasi mereka.

Ini adalah keinginan yang sah yang telah diakui di dalam syariah yang sesuai firman Allah : “Dan dialah yang menjadikan bumi itu mudah bagi kamu, maka berjalanlah di segala penjurunya dan makanlah sebahagian dari rezki-Nya”  (kutipan dari Surah 67:15)

                Tujuan akuntansi keuangan bank syariah adalah :
  1. Menentukan hak dan kewajiban pihak terkait, termasuk hak dan kewajibann yang berasal dari transaksi yang belum selesai dan atau kegiatan ekonomi lain, sesuai dengan prinsip syariah yang berlandaskan apda konsep kejujuran, keadilan, kebijakan, dan kepatuhan terhadap nilai-nilai bisnis Islami
  2. Menyediakan informasi keuangan yang bermanfaat bagi pemakai laporan dalam pengambilan keputusan; dan
  3. Meningkatkan kepatuhan terhadap prinsip syariah dalam semua transaksi dan kegiatan usaha 

Search Term :

Tidak ada komentar :