Manfaat Etika Dalam Akuntansi

Hasil gambar untuk manfaat etika profesi akuntansi
Perusahaan bergantung pada laporan keuangan yang disiapkan  dengan benar dan akurat oleh akuntan untuk membuat keputusan bisnis. Pelaporan keuangan yang tidak akurat disebabkan oleh praktek-praktek yang tidak etis atau menipu dapat menyebabkan hilangnya pendapatan melalui skandal yang mencuat ke publik, atau lebih buruk lagi, runtuhnya perusahaan.



Tujuan
Tujuan etik akuntansi keuangan adalah untuk memastikan bahwa Akuntan Publik (CPA) melakukan tugas-tugas mereka secara objektif dan berintegritas. Etika akuntansi keuangan didasari  hukum dan peraturan  lain yang terkait untuk mempertahankan kepercayaan publik. Organisasi-organisasi profesional seperti American Institute Akuntan Certified Public Accountan (AICPA) atau IAI di Indonesia dan Institut Akuntan Manajemen (IMA) memiliki kode etik dimana  mereka yang terdaftar sebagai anggotanya harus mematuhi.

Menjaga Kepercayaan Publik
Dengan terjadinya  banyak   skandal  akuntansi  di awal 2000-an, transparansi mengenai metode dan praktek-praktek  akuntansi  di perusahaan telah menjadi semakin penting untuk masyarakat umum. Sebuah perusahaan yang menyediakan penjelasan tentang metode akuntansi yang digunakan untuk mempersiapkan laporan keuangan tampak lebih etis dan bisa dipercaya daripada perusahaan-perusahaan yang tidak memberikan informasi tersebut. Seringkali,  semakin terlihat lebih etis dan dapat dipercaya  sebuah perusahaan, maka semakin besar kemungkinan  untuk menarik investor baru.

Menghindari Penyelidikan Peraturan dan Sanksi
Jika laporan keuangan perusahaan berisi metode akuntansi yang mencurigakan, dapat menyebabkan penyelidikan dan  pemeriksaan oleh Securities and Exchange Commission (SEC) atau Bapepam di Indonesia atau audit perpajkan oleh dirjen Pajak. Jika badan tersebut menemukan  penyalahgunaan jabatan  dari perusahaan dan/atau bagian dari akuntan, mereka dapat mengenakan denda  yang mahal atau sanksi terhadap perusahaan dan akuntan yang bersangkutan bisa kehilangan izin. Contoh penyalahgunaan jabatan perusahaan adalah jika perusahaan gagal untuk melaporkan semua pendapatan yang diterima. Penyalahgunaan jabatan akuntansi dapat mencakup tindakan seperti akuntan sengaja menggunakan informasi palsu yang disediakan oleh perusahaan atau menerima uang tunai atau lainnya insentif di luar  biasa nya untuk mempersiapkan laporan keuangan Perseroan;

Misal lainnya, jika akuntan tahu perusahaan tidak melaporkan semua pendapatan tapi tetap mempersiapkan laporan keuangan  dan menerima uang tunai atau  insentif lainnya.

Menghindari Volatilitas Harga Saham
Ketika perusahaan dituduh, atau dalam pemeriksaan akibat praktek-praktek tidak etis, investor segera mulai menjual saham mereka dalam upaya untuk menghindari kerugian investasi. Ini menyebabkan penurunan harga per saham. Namun, ketika beberapa investor menjual saham mereka, pasar spekulan dan investor berisiko tinggi mungkin akan membeli saham pada harga yang lebih rendah, menyebabkan peningkatan sementara harga saham. Volatilitas harga saham dapat menyebabkan investor panik dan menginduksi penjualan besar besaran saham perusahaan, menyebabkan harga saham terus turun. Jika harga per saham cukup rendah untuk waktu yang cukup lama, perusahaan dihapuskan dari Bursa saham, rating kredit turun dan akan sulit mendapatkan uang yang dibutuhkan untuk melanjutkan operasi. Bank dan kreditor lain dimana perusahaan berutang  dapat menarik  pinjaman mereka. Jika perusahaan tidak  memperoleh dana untuk membayar kreditur, kebangkrutan dan runtuhnya perusahaan segera mengikuti

Search Term :

Tidak ada komentar :