Pentingnya Prosedur Operasi Standar Dalam Organisasi


Buat kegiatan bisnis perusahaan lebih terstruktur dengan menggunakan standar prosedur operasi. Tidak setiap organisasi akan memperoleh manfaat dari standardisasi semacam ini. Tergantung pada, pemilik bisnis atau manajer, untuk menentukan apakah ada proses kerja yang dapat duplikasi setiap hari dalam perusahaan dan jika perlu ajarkan proses-proses tersebut kepada karyawan melalui SOP.

Rutinitas
Sop yang ditulis dengan baik dijelaskan secara visual melalui flowchart atau ilustrasi, jika diperlukan, membuatnya lebih mudah bagi karyawan untuk melakukan pekerjaan. Mereka tidak perlu menebak bagaimana perusahaan ingin tugas  dilakukan karena mereka dapat mengikuti prosedur yang dibuat mudah sebagai referensi pada komputer atau printout. Melalui rutinitas standar, karyawan menikmati prediktabilitas dalam pekerjaan mereka dan dapat mengasah keterampilan mereka pada setiap tugas untuk meningkatkan kinerja mereka secara keseluruhan.

Kontrol Kualitas
Pelanggan tergantung pada produk atau jasa untuk kualitas minimum tertentu. SOP membantu Anda mengurangi kesalahan, atau variasi, yang terjadi di mass production  atau duplikasi jasa. Misalnya, jika Anda memiliki sebuah pabrik yang membangun mobil mainan, Anda ingin SOP untuk kontrol kualitas. Anda ingin setiap model mobil untuk menjadi setara dengan mobil sebelumnya di jalur produksi. Dengan penerapan SOP , Anda dapat menggunakan karyawan dan manajer untuk membuang produk yang gagal lulus kontrol kualitas.

Manajemen Kinerja
Dengan membuat SOP di seluruh organisasi membuat lebih mudah untuk melakukan penilaian kinerja karyawan. Menulis deskripsi pekerjaan setiap karyawan sebagai kumpulan kunci SOP. Memberikan karyawan level target output untuk setiap SOP dalam deskripsi pekerjaan Nya. Menentukan nya produktivitas pada setiap SOP berdasarkan tingkat output yang sesuai. Meskipun penilaian kinerja karyawan tidak harus mencakup semua prosedur yang ia lakukan, perusahaan dapat memilih prosedur yang paling penting untuk pekerjaannya atau intisari dari perusahaan. Menjadi lebih mudah untuk membandingkan kinerja karyawan yang melakukan SOP yang sama sebagai komponen  pekerjaan mereka.

Replikasi dan Pertumbuhan
Sebagaimana organisasi tumbuh, perusahaan dapat  mendirikan kantor cabang di lokasi lain di mana karyawan akan mengulangi proses kerja seperti kantor pusat. Adanya SOP membuat mudah untuk meniru proses di seluruh organisasi. Karyawan di setiap lokasi dapat menggunakan manual operasi sama untuk mengidentifikasi bagaimana melakukan prosedur standar. Perusahaan juga dapat melacak produktivitas setiap kantor berdasarkan tingkat kinerja untuk masing-masing prosedur operasi standar, yang merupakan informasi bernilai tinggi jika  harus menutup kantor cabang yang merugi.









Search Term :

Tidak ada komentar :