Tanggungjawab Akuntan Keuangan

Hasil gambar untuk tanggungjawab akuntan

Seorang akuntan keuangan memiliki fungsi  berbeda dari akuntan pada Kantor Akuntan publik. Kebanyakan akuntan  keuangan  bekerja secara langsung untuk perusahaan dan melakukan tugas tugas internal keuangan. Sedangkan Akuntan Publik bekerja untuk diri sendiri atau disewa oleh perusahaan melakukan proyek-proyek audit atau jasa terkait lainnya. Seorang akuntan keuangan biasanya karyawan reguler, dengan jam kerja biasa hanya untuk satu perusahaan. Mereka biasanya mempersiapkan laporan keuangan internal, melaksanakan tugas-tugas manajemen dan secara aktif memberikan kontribusi pada operasi keuangan, pemilik usaha atau pemegang tempat mereka bekerja dan rencana strategis.


Meninjau catatan Keuangan dan Transaksi
Akuntan keuangan  di perusahaan kecil secara fisik  membuat transaksi untuk pembukuan dan pencatatan. Namun, dalam banyak situasi, karyawan lain mencatat transaksi, sementara akuntan keuangan mereviu jurnal entri untuk memastikan akurasi dan posting pada rekening yang tepat. Setelah memeriksa dan memastikan transaksi benar, yang dilakukan kemudian oleh akuntan adalah meninjau pembukuan dan catatan secara keseluruhan untuk memastikan mereka secara akurat mencerminkan hasil operasi organisasi. Akuntan ini juga mengatur persiapan untuk pelaksanaan audit tahunan dari eksternal auditor.

Melapor Pada Manajemen Senior
Laporan kepada tim manajemen senior adalah tanggung jawab penting untuk semua akuntan keuangan. Pada praktinya laporan lebih dari keuangan, para profesional ini membuat laporan untuk semua hal yang berhubungan dengan keuangan organisasi. Sebagian besar laporan juga akan mengandung evaluasi akuntan tentang makna dan tren yang ditunjukkan oleh dokumen. Menggunakan grafik dan teks narasi untuk melengkapi angka-angka yang dilaporkan,  Akuntan akan menafsirkan dampak dari hasil akuntansi pada semua aspek operasi perusahaan, termasuk HRD, pemasaran, pinjaman, investasi dan strategi.

Memberi Saran Pada Manajemen
Setelah meninjau dan menganalisis pembukuan dan catatan perusahaan, akuntan menawarkan umpan balik dan saran untuk manajemen senior, terutama yang berkaitan dengan kualitas aset, posisi tanggung jawab, arus kas, kecukupan, dan isu-isu pendapatan/biaya.  Akuntan berpengalaman  juga memberikan nasihat pada status dan penggunaan sumber daya perusahaan, pembaruan pada anggaran dan hasil proyeksi di rencana bisnis dan berita keuangan terakhir yang dapat mempengaruhi operasi organisasi. Tergantung pada tingkat pengalaman akuntan, profesional ini juga mungkin menyarankan manajemen senior di HR, perencanaan strategis, kontrol yang lebih baik, belanja, dan/atau investasi perusahaan.

Isu Perpajakan 
Akuntan keuangan  ahli  pajak yang berlaku untuk bisnis, besar dan kecil. Mereka memberi nasihat perpajakan pada manajemen termasuk merekomendasikan rencana aksi  mengurangi kewajiban pajak, pajak yang ditangguhkan atau investasi yang bebas pajak serta pajak aset swap. Juga mengatur arus kas agar tetap liquid ketika waktu membayar pajak tiba. Akuntan keuangan juga menyiapkan semua formulir laporan pajak atau meninjau pekerjaan orang lain untuk memastikan bahwa semua pengajuan pajak benar dan tepat waktu

Search Term :

Tidak ada komentar :