AKTIVA TIDAK BERWUJUD

Hasil gambar untuk aktiva tidak berwujud

Apa yang Dimaksud dengan  Harta Tidak Berwujud?
Ada banyak jenis barang tidak berwujud, yang umumnya adalah dalam kategori berikut:
Kekayaan intelektual
Lisensi
Pengetahuan pasar
Proses atau penerapan sistem
Pengetahuan ilmiah atau teknis
Merek dagang


Semua contoh berikut ini adalah tidak berwujud:

Franchises
Hak Melayani Hipotek
Daftar Pelanggan Kuota impor
Gambar Gerak
Loyalitas pelanggan
Pangsa pasar
Paten
Hubungan pelanggan
Hak pemasaran
Hak Cipta
Perangkat lunak
Lisensi memancing


Jika harta tidak berwujud memenuhi kriteria untuk menganalisis, mengendalikan atas sumber daya, dan adanya manfaat ekonomi masa depan (lihat pertanyaan berikut), maka Anda dapat rnencatatnya sebagai aktiva. Jika tidak memenuhi semua kriteria tersebut, kemudian mengakui setiap biaya yang dikeluarkan untuk memperoleh atau menghasilkan barang tak berwujud apabila terjadi. Namun, jika Anda mendapatkan item itu dalam penggabungan usaha, maka Anda mungkin memasukkannya sebagai goodwill.

Kriteria Apa Saja yang Harus Memenuhi untuk Menjadi Aktiva Tidak Berwujud?
Barang yang tidak berwujud harus memenuhi semua kriteria berikut untuk dicatat sebagai aktiva:
Kontrol. Entitas merniliki kekuasaan untuk mendapatkan manfaat ekonomi masa depan yang dihasilkan oleh aktiva, dan dapat membatasi akses entitas lain untuk manfaat itu. Hal ini biasanya ditunjukkan dengan memiliki hak hukum untuk barang itu, seperti hak cipta, paten, atau hambatan perjanjian dagang.

Manfaat ekonomi masa depan. Aktiva menghasilkan pendapatan, penghematan biaya atau manfaat lainnya. Sebagai contoh, sebuah kekayaan intelektual entitas yang memungkinkan untuk mengganda-
kan efisiensi jalur produksi, dengan demikian menghasilkan penghematan biaya.
Identifikasi. Aktiva tersebut harus mampu menjadi terpisah dari entitas dan dipertukarkan, berlisensi, disewakan, dijual atau dialihkan. Atau, aktiva tersebut harus timbul dari perjanjian atau hak hukum lainnya, Walaupun hak-hak tersebut tidak dapat dialihkan.

Bagaimana Saya Mengakui Aktva Tak Berwuiud?
Jika sebuah item memenuhi definisi aktiva tidak berwujud dan memenuhi kriteria aktiva tidak berwujud, maka anda dapat mencatat pengeluaran terkait sebagai aktiva. Pengeluaran ini dapat mencakup biaya yang dikeluarkan untuk memperoleh atau menghasilkan item itu. Pengeluaran yang dikeluarkan selanjutnya untuk rnenambah, mengganti bagian dari, atau rnemelihara aktiva tidak berwujud hampir selalu dibebankan pada periode terjadinya, dengan alasan bahwa mereka tidak dapat dibedakan dari pengeluaran untuk mengernbangkan seluruh bisnis.

Pengeluaran yang tidak dapat dimasukkan dalam biaya dari aktiva tidak berwujud adalah biaya memperkenalkan produk atau jasa baru, atau rnenambahkan lokasi atau kelas baru dari pelanggan, dan biaya overhead umum.

Anda dapat mengakui aktiva tidak berwujud hanya ketika Anda bisa mengukur biaya dari aktiva secara andal, dan kemungkinan bahwa harapan manfaat ekonomi masa depan timbul dari aktiva tersebut akan mengalir ke entitas. Anda harus menilai probabilitas dari harapan manfaat ekonorni rnasa depan, dengan menggunakan asumsi yang wajar dan mendukung.

Bagaimana Saya Mengakui Akuisisi Aktiva Tidak Berwujud?
Jika entitas memperoleh aktiva tidak berwujud, maka seluruh kriteria pengakuan yang tercatat telah terpenuhi. Biaya berikut ini termasuk dalam biaya total aktiva tidak berwujud yang diperoleh adalah:
Harga pembelian
Bea masuk
Pajak pembelian yang tidak dikembalikan, biaya persiapan aktiva secara langsung untuk dapat digunakan, seperti biaya profesional, tenaga kerja, dan pengujian (ini tidak termasuk biaya operasi insidental tidak perlu untuk mempersiapkan aktiva untuk digunakan)
Dikurangi: diskon dan rabat.
Anda harus berhenti menjumlahkan biaya yang dicatat sebagai bagian dari aktiva tidak berwujud setelah dia mampu beroperasi sesuai dengan yang dikehendaki oleh manajemen, atau Anda tidak dapat  memasukkan biaya kerugian pada awal operasional. Juga, tidak termasuk biaya pemindahan sebuah aktiva tidak berwujud.

Search Term :

Tidak ada komentar :