Aspek Dual Konsep | Prinsip Dualitas Akuntansi


Definisi
Aspek Dual  Konsep, juga dikenal sebagai prinsip dualitas, adalah sebuah konvensi dasar akuntansi yang memerlukan pengakuan dari semua aspek dari transaksi akuntansi. Aspek dual konsep adalah dasar yang mendasari sistem akuntansi double entry.


Penjelasan
Dalam sistem satu entri, hanya satu aspek dari transaksi yang diakui. Misalnya, jika penjualan yang dibuat untuk pelanggan, hanya pendapatan penjualan akan dicatat. Namun, sisi lain dari transaksi yang berkaitan dengan penerimaan uang tunai atau pemberian kredit kepada nasabah tidak diakui.

Sistem akuntansi single entry telah digantikan oleh akuntansi double entri.  Mungkin saja masih ada dikalangan terbatas penggunaan sistem akuntansi single entri oleh individu dan organisasi-organisasi kecil yang menyimpan catatan informal penerimaan dan pembayaran.

Sistem akuntansi double entri didasarkan pada prinsip dualitas dan disusun untuk memperhitungkan semua aspek transaksi. Di bawah system ini, aspek transaksi diklasifikasikan di bawah dua jenis utama:


  • Debit
  • Kredit


Debit merupakan akun  transaksi  untuk peningkatan aset dan biaya, dan mengurangi kewajiban, ekuitas dan pendapatan.

Kredit adalah akun transaksi untuk peningkatan pendapatan, kewajiban dan ekuitas, dan mengurangi aset serta biaya.

Klasifikasi efek debit dan kredit terstruktur sedemikian rupa bahwa untuk setiap debet ada kredit dan sebaliknya. Oleh karena itu, setiap transaksi akan memiliki efek 'ganda' (yaitu efek debit dan kredit efek).

Penerapan prinsip dualitas sehingga memastikan bahwa semua aspek transaksi  terkait dengan dalam laporan keuangan.






Search Term :

Tidak ada komentar :