Keterbandingan

Hasil gambar untuk comparability

Laporan Keuangan satu periode akuntansi harus bisa dibandingkan dengan periode yang lain agar pengguna bisa memperoleh  kesimpulan yang berarti tentang trend kinerja posisi keuangan entitas dari waktu ke waktu.



Keterbandingan laporan keuangan selama periode akuntansi yang berbeda dapat dijamin dengan menerapkan kebijakan akuntansi yang serupa selama periode waktu yang berbeda.

Perubahan dalam kebijakan akuntansi entitas mungkin diperlukan untuk meningkatkan kehandalan dan relevansi laporan keuangan. Perubahan dalam kebijakan akuntansi juga dapat terjadi karena perubahan-perubahan dalam standar akuntansi. Dalam keadaan ini, sifat dan keadaan yang mengarah ke perubahan yang harus diungkapkan dalam laporan keuangan.

Laporan Keuangan satu entitas juga harus konsisten dengan entitas lain dalam bisnis yang sama. Agar membantu pengguna dalam menganalisis kinerja dan posisi satu perusahaan dibanding dengan standar industri. Oleh entitas perlu untuk mengadopsi kebijakan akuntansi yang mencerminkan praktik industri terbaik yang ada.

Contoh:
Jika sebuah perusahaan retail jaket kulit menilai persediaan berdasarkan metode FIFO di masa lalu, maka mesti terus melakukannya di masa depan untuk menjaga konsistensi  pelaporan saldo persediaan. Beralih dari FIFO ke LIFO sebagai dasar penilaian inventaris dapat menyebabkan pergeseran  nilai persediaan antara periode akuntansi terutama disebabkan oleh fluktuasi harga musiman.

Search Term :

Tidak ada komentar :