Konsep Verifiability


Definisi
Verifiability berarti bahwa informasi akuntansi yang disajikan dalam laporan keuangan harus diverifikasi oleh akuntan independen.


Penjelasan
Informasi akuntansi yang disajikan dalam laporan keuangan dianggap dapat diverifikasi jika dua akuntan independen (misalnya auditor) dapat cukup menyimpulkan berdasarkan verifikasi mereka bahwa transaksi dan keadaan yang terjadi terefleksi secara adil

Verifikasi informasi akuntansi bisa langsung atau tidak langsung.




Penting
Verifiability membantu untuk meyakinkan pengguna bahwa laporan keuangan yang mendasari transaksi benar dan adil. Jika informasi yang terkandung dalam laporan keuangan tidak dapat diverifikasi, pengguna tak akan memiliki dasar untuk menempatkan kepercayaan dalam informasi.

Dalam beberapa kasus, perlu untuk mengungkapkan informasi berwawasan ke depan dalam laporan keuangan yang saat ini belum dapat diverifikasi tetapi relevan bagi pengguna.

Contoh informasi tersebut adalah akuntansi dan pengungkapan sengketa hukum yang tertunda. Hal ini penting dalam kasus seperti ini, untuk mengungkapkan semua asumsi-asumsi yang diperlukan, metode dan konteks yang berkaitan dengan informasi tersebut untuk memudahkan pengguna dalam membantu mereka menilai kehandalan informasi akuntansi.


Search Term :