Welcome to MAGISTER AKUNTANSI - The Perfect Partner For Your Business
Contact : Phone 0821-2566-2195 Wa 0821-2566-2195 PIHAK YANG BERHUBUNGAN ISTIMEWA | Magister Akuntansi

Labels

PIHAK YANG BERHUBUNGAN ISTIMEWA

PIHAK YANG BERHUBUNGAN ISTIMEWA - Hallo sahabat Magister Akuntansi , Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul PIHAK YANG BERHUBUNGAN ISTIMEWA , kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel IFRS , yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : PIHAK YANG BERHUBUNGAN ISTIMEWA
link : PIHAK YANG BERHUBUNGAN ISTIMEWA

Baca juga


PIHAK YANG BERHUBUNGAN ISTIMEWA

  Hasil gambar untuk PIHAK YANG BERHUBUNGAN ISTIMEWA
PENGUNGKAPAN PIHAK YANG BERHUBUNGAN ISTIMEWA

Apa yang Dimaksud dengan Pihak yang Berhubungan lstimewa?

Suatu pihak memiliki hubungan istimewa dengan entitas, jika salah satu  sltuasi berikut berlaku untuk itu:

  • Asosiasi. Pihak ini adalah asosiasi dari entitas tersebut
  • Pengendalian bersama. Pihak ini, secara langsung atau tidak langsung, baik di bawah pengendalian bersama dengan entitas atau memiliki pengaruh signifikan atau pengendalian bersama terhadap entitas itu.
  • Anggota keluarga. Pihak ini adalah anggota keluarga dekat dari seseorang yang rnerupakan anggota manajemen kunci, atau seseorang yang rnengendalikan perusahaan. Seorang anggota keluarga dekat  adalah mitra lokal individu dan anak-anak, anak-anak dari mitra dalam negeri, dan tanggungan individu atau mitra lokal individu.
  • Pengendalian individu. Kelompok ini dikendalikan atau secara  signifikan dipengaruhi oleh anggota manajemen kunci, atau oleh orang yang mengendalikan perusahaan.
  • Perusahaan patungan. Pihak ini merupakan perusahaan patungan dimana perusahaan adalah mitra usaha
  • Manajemen kunci. Pihak ini adalah anggota suatu entitas atau personil manajemen kunci perusahaan induk.
  • Program pasca kerja. Pihak ini adalah program imbalan pasca-kerja untuk karyawan perusahaan.

Penentuan status pihak yang memiliki hubungan istimewa tergantung pada substansi hubungan, bukan hanya bentuk hukumnya.
Berikut ini adalah tidak selalu merupakan pihak yang berhubungan istimewa:
  • Seorang rekan bisnis dengan siapa perusahaan melakukan transaksi dengan volume usaha yang signifikan.
  • Penyedia pendanaan
  • Pemerintah
  • Prasarana umum
  • Serikat pekerja
  • Dua entitas yang merniliki karyawan kunci
  • Dua usaha yang memiliki pengendalian bersama dari sebuah perusahaan patungan.

Posisi Apakah yang Dianggap sebagai Personel Manaiemen Kunci?
Istilah personel manajemen kunci termasuk orang-orang yang mempunyai wewenang dan canggung jawab untuk merencanakan, memimpin, dan mengendalikan kegiatan suatu pcrusahaan, baik secara langsung maupun tidak langsung. Ini termasuk direksi perusahaan.

Apa yang Dimaksud dengan Transaksi Pihak Afiliasi?
Transaksi pihak afiliasi merupakan sebuah transfer kewajiban, sumber daya, atau jasa antara pihak yang memiliki hubungan istimewa. Ada kemungkinan bahwa harga tidak akan dibebankan dalam pertukaran transfer tersebut.

Apakah Pengaruh yang Signifikan?
Pengaruh signifikan terjadi, ketika seorang individu atau entitas memiliki Wewenang untuk berpartisipasi dalam pengambilan keputusan kebijakan keuangan dan operasi dari suatu entitas, tetapi tidak memiliki pengendalian langsung atas kebijakan tersebut.

lnformasi Mengenai Pihak Afiliasi Apakah yang Harus Saya ungkapkan?
Anda harus mengungkapkan inforrnasi berikut tentang pihak yang mempunyai hubungan istimewa:
Kompensasi. jumlah kompensasi untuk karyawan kunci, dan secara terpisah keuntungan jangka pendek untuk personil ini, imbalan pasca kerja, irnbalan jangka panjang lainnya, pesangon, dan pembayaran berbasis saham.

Hubungan. Hubungan antara perusahaan induk dan anak perusahaan, walaupun belum ada transaksi antara para pihaktersebut. Perusahaan harus mengungkapkan nama induknya, serta nama pihak pengendali utama (jika berbeda dari perusahaan induk). Jika laporan keuangan baik induk maupun pihak pengendali utama yang tersedia untuk kepentingan umum, kemudian juga rnengungkapkan nama  perusahaan induk berikutnya yang paling senior di atas segera induk yang menghasilkan laporan keuangan konsolidasi yang tersedia untuk penggunaan umum.

Transaksi. Jika sudah ada transaksi dengan pihak afiliasi, sifat dasar dari hubungan, penjelasan transaksi, setiap saldo (serta perjanjian yang terkait, syarat, dan jaminan), jumlah transaksi, penyisihan piutang tidak tertagih, dan terkait piutang tak tertagih yang diakui selama periode berjalan. Secara terpisah mengungkapkan semua perkiraan untuk transaksi antara pihak afiliasi dengan entitas induk, entitas dengan pengendalian bersama atau pengendalian signifikan terhadap perusahaan itu, anak perusahaan, asosiasi, usaha patungan, karyawan kunci, dan pihak terkait lainnya.

Contoh transaksi dengan pihak yang mempunyai hubungan istimewa yang mungkin, tergantung pada substansi hubungan, adalah:
  • Pengaturan Pembiayaan
  • Sewa guna usaha
  • Pemberian jaminan atau agunan
  • Pembelian atau penjualan barang, aktiva, atau properti, atau jasa
  • Pembagian risiko dalam program nnbalan pasti
  • Penyelesaian kewajiban atas nama pihak lain
  • Transfer penelitian dan pengembangan, atau berdasarkan perjanjian lisensi.







Demikianlah Artikel PIHAK YANG BERHUBUNGAN ISTIMEWA

Sekianlah artikel PIHAK YANG BERHUBUNGAN ISTIMEWA kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel PIHAK YANG BERHUBUNGAN ISTIMEWA dengan alamat link https://magisterakutansi.blogspot.com/2016/11/pihak-yang-berhubungan-istimewa.html

0 Response to " PIHAK YANG BERHUBUNGAN ISTIMEWA "