Tips Membaca Neraca

Hasil gambar untuk neraca

Neraca mengungkapkan  aset dan kewajiban perusahaan , bersama dengan kekayaan bersih pemilik. Jika Anda tahu cara membacanya, neraca memberikan informasi berharga tentang investasi yang potensial. Berikut adalah lima tips untuk memahami angka angka neraca.



Pertama, tahu persamaan neraca. Formula utama Neraca  adalah:

Aset = Kewajiban + Modal Pemegang Saham.

Itu berarti sumber daya  yang digunakan perusahaan  untuk beroperasi setiap hari adalah saldo kewajiban keuangan ditambah Modal  pemegang saham plus laba ditahan.

Berikutnya adalah aset lancar. Aset lancar adalah aset yang masa manfaatnya setahun atau kurang. Biasanya item seperti kas dan setara kas, piutang dan persediaan. Piutang akun termasuk kewajiban jangka pendek pihak lain yang berhutang  pada perusahaan.

Aset tidak lancar, tidak dapat dengan cepat dikonversi menjadi uang tunai, dan memiliki umur lebih dari setahun. Mereka berupa  item berwujud seperti mesin dan bangunan, atau asset tidak berwujud, seperti paten atau hak cipta.

Keempat adalah kewajiban, yang merupakan kewajiban keuangan perusahaan. Mereka dapat menjadi hutang lancar , seperti tagihan listrik. Atau mereka bisa menjadi hutang jangka panjang bila melampaui satu tahun, seperti bunga pinjaman 10 tahun.

Dan kelima,   modal pemegang saham adalah merupakan uang awal yang diinvestasikan ke dalam bisnis. Jika, setelah tahun fiskal, perusahaan menginvestasikan pendapatan nya ke dalam dirinya sendiri, maka saldo laba  ditransfer dari laporan laba rugi akun modal pemegang saham di neraca. Total aset di sisi debit harus  sama dengan total kewajiban dan modal  pemegang saham pada sisi kredit.

Pemegang saham juga harus menggunakan formula seperti rasio utang-untuk- ekuitas untuk mengukur kondisi keuangan perusahaan dan efisiensi operasional.

Search Term :

Tidak ada komentar :