Bank Indonesia Meluncurkan Uang NKRI Desain Baru


.

Asisten Direktur Direktorat Pengedaran Uang BI, Sugeng, menjelaskan total uang yang disediakan untuk di tempat penukaran tersebut sebesar Rp 1,5 miliar. Disediakan 2 mobil van sebagai loket penukaran.


Adapun uang desain baru yang diluncurkan hari ini mencakup tujuh pecahan uang rupiah kertas dan empat pecahan uang rupiah logam. Uang desain baru dengan berbagai pecahan tersebut menampilkan 12 pahlawan nasional yang ditetapkan sesuai dengan keputusan presiden.
Dari informasi resmi yang dirilis oleh Bank Indonesia, masyarakat bisa mulai mendapatkan uang dengan desain baru tersebut setelah diluncurkan.
Selain di Bank Indonesia, masyarakat bisa menukarkan uangnya dengan uang desain baru di Blok M Square, Jakarta Selatan.
Tempat penukaran uang desain baru di Blok M Square dijadwalkan dibuka pada pukul 11.00 atau setelah acara peluncuran. Gubernur BI Agus Martowardojo juga akan hadir di tempat ini.
Dua belas pahlawan nasional yang ditampilkan pada uang emisi 2016 tersebut adalah:
1. Dr Ir Soekarno (proklamator kemerdekaan RI, Presiden pertama RI)
2. drs Mohammad Hatta (proklamator kemerdekaan RI, Wakil Presiden pertama RI)
3. Ir H Djuanda Kartawidjaja (pengukuh kedaulatan Indonesia)
4. Letjen TNI TB Simatupang (pelindung kemerdekaan Indonesia)
5. dr Tjipto Mangunkusumo (pendiri Tiga Serangkai)
6. Prof Dr Ir Herman Johannes (pelindung paripurna Indonesia)
7. Mohammad Hoesni Thamrin (perintis revolusi kemerdekaan Indonesia)
8. Tjut Meutia (pejuang kemerdekaan Indonesia dari era kolonial Belanda)
9. Mr I Gusti Ketut Pudja (tokoh penentu NKRI)
10. Dr GSSJ Ratulangi (Gubernur pertama Sulawesi)
11. Frans Kaisiepo (pahlawan kemerdekaan Indonesia)
12. Dr KH Idham Chalid (guru besar Nahdlatul Ulama)\

Bank Indonesia (BI) langsung mengedarkan uang pecahan baru NKRI. Hari pertama, tempat penukaran uang baru dibuka di satu tempat yakni di pintu masuk utama Blok M Square, Jakarta Selatan.

Menurut dia, di tempat penukaran Blok M Square, pihaknya menyediakan satu paket penukaran Rp 3,8 juta yang terdiri dari pecahan Rp 20.000 sebanyak Rp 2 juta, pecahan Rp 10.000 sebanyak Rp 1 juta, pecahan Rp 2.000 sebanyak Rp 200.000, pacahan Rp 1.000 sebanyak 100.000, dan sisanya berupa uang pecahan uang receh logam.

"Satu paketnya Rp 3,8 juta. Itu sekali penukaran ya. Kalau mau tukar yang pecahan Rp 100.000 dan Rp 50.000 silakan saja, tidak dibatasi paket," ujar Sugeng.

Menurut Sugeng, sesuai pengumuman dari BI, belum diinformasikan lebih lanjut apakah penukaran uang nominal baru ini akan dilanjutkan besok atau diperluas di tempat lain.
Search Term :

Tidak ada komentar :