Big Four (4)



Pengantar Big Four

Big Four mencakup empat jaringan layanan profesional terbesar internasional dalam bidang akuntansi dan jasa audit profesional. Jaringan  layanan profesional ini  mayoritas menangani audit untuk perusahaan publik dan berbagai perusahaan swasta sehingga menciptakan oligopoli dalam audit perusahaan besar. Kelompok ' Big Four ' ini pernah dikenal sebagai ' Big Eight ', dan kemudian berkurang menjadi ' Big Five ' melalui serangkaian merger. The ' Big Five ' berubah lagi menjadi ' Big Four ' melalui merger lebih lanjut.


Struktur hukum
Tak satu pun dari perusahaan akuntansi Big Four adalah sebuah perusahaan individu. Mereka semua jaringan akuntansi, masing-masing menjadi jaringan perusahaan , dimiliki dan dikelola secara mandiri. Mereka telah mengadakan perjanjian dengan perusahaan-perusahaan lain yang ada dalam jaringan untuk berbagi nama, merek, dan standar kualitas. Setiap jaringan telah mendirikan sebuah badan yang bertujuan untuk koordinasi kegiatan jaringan. Dalam satu kasus ( KPMG ), Swiss adalah entitas koordinasinya , sedangkan di sisa tiga lainnya ( Deloitte Touche Tohmatsu , PwC dan Ernst & Young ), Inggris adalah entitas koordinasinya. Entitas ini sendiri tidak terlibat dalam praktek akuntansi. Selain itu, mereka juga tidak memiliki atau mengontrol perusahaan-perusahaan anggota. Mereka ini seperti jaringan firma hukum yang dilembagakan dalam profesi hukum.

Merger dan Auditor Besar
Pada awal abad ke-20, perusahaan-perusahaan ini disebut sebagai Big 8, mereplikasi dominasi internasional dari delapan perusahaan akuntansi terbesar :

  • Arthur Andersen
  • Arthur Young & Co
  • Coopers & Lybrand (sampai tahun 1973 Cooper Saudara di Inggris dan Lybrand , Ross Bros , & Montgomery di AS )
  • Ernst & Whinney (sampai 1979 Ernst & Ernst di AS dan Whinney Murray di Inggris )
  • Deloitte Haskins & Sells ( sampai 1978 Haskins & Sells di AS dan Deloitte & Co di Inggris )
  • Peat Marwick Mitchell (kemudian Peat Marwick , kemudian KPMG )
  • Price Waterhouse
  • Touche Ross

Melalui merger yang terus berjalan, perusahaan akuntansi ini bergabung menjadi Big Six, kemudian maka Big Five, dan akhirnya Big Four. Big Four juga kadang-kadang disebut sebagai " Final Four " karena ada persepsi luas bahwa regulator tidak akan mengijinkan konsentrasi lebih lanjut dalam industri akuntansi dan bahwa perusahaan lain tidak akan mampu bersaing dengan Big- 4.

Saat ini , Big Four meliputi :



Search Term :

Tidak ada komentar :