Tujuan Manajemen Keuangan Dalam Perusahaan

Tujuan Manajemen Keuangan - Masalah Keuangan ( Financial Management ) tentu tidak akan pernah terlepas dari kehidupan sehari hari kita sebagai mahluk ekononmi. Bukan hanya sebagai seorang individu, namun juga dengan hal yang berskala besar juga pasti berkaitan erat dengan masalah keuangan. Supaya bisa berjalan secara efisien dan efektif, maka keuangan harus bisa diatur dengan sedemikian rupa, Nah, Ilmu pengaturan keuangan ini umumnya biasa kita sebut sebagai Manajemen Keuangan.

Tujuan Manajemen Keuangan

Dalam pembahasan kali ini, yang akan kita ulas adalah tujuan manajemen keuangan pada perusahaan. Supaya manajemen keuangan bekerja secara efisien, perusahaan paling tidak harus memiliki sasaran atau tujuan utama yang jelas. Bila kita melihat perkembangan, tujuan dalam perusahaan memiliki beberapa macam tujuan, antara lain :

manajemen keuangan
Manajemen Keuangan

Tujuan Tradisional


Tujuan perusahaan tidak lain tidak bukan adalah memaksimalkan keuntungan atau laba pemilik perusahaan. Tujuan seperti sebenarnya sudah tidak bisa memadai lagi, karena menurut Hampton, (1995) :
  1. Memaksimalkan keuntungan atau laba (earning per share)  tidak memeprtimbangkan asas nilai waktu dari uang dan jangka rentang waktu pengembalian (return) modal dimasa mendatang
  2. Risiko atas pengembalian modan (return) dimasa mendatang tidak dengan tepat dipertimbangkan
  3. Kebijakan mengenai dividen yang tidak menjadi pertimbangan
Tujuan Memaksimalkan kesejahteraan para pemegang saham yaitu dijalankan dengan cara memaksimalkan harga pasar dari saham perusahaan. Tujuan tersebut bisa dikata merupakan sebuah tujuan yang tepat, ini dikarenakan :
  1. Harga pasar saham merefleksikan evaluasi oleh pasar terhadap prestasi dari perusahaan tersebut pada saat itu dan masa mendatang.
  2. Tujuan memaksimalkan harga pasar turut memperhitungkan kapan pengembalian modal (return) akan diterima oleh para investor atau pemilik, rentang jangka waktu terjadinya, resiko atas return tersebut, serta kebijakan mengenai dividen.
Memaksimalkan kesejahteraan para pemegang saham tidak bisa membebaskan perusahaan tersebut dari pertanggung-jawaban sosial, mengapa? karena :
  1. Kesejahteraan para pemegang saham serta kehidupan perusahaan tersebut sangat bergantung pada pertanggung-jawaban sosial dari perusahaan.
  2. Perusahaan bisa dipandang memproduksi baik barang atau jasa pribadi ataupun barang atau jasa sosial yang nantinya akan sangat menguntungkan bagi para pemegang saham.

Ok, itu tadi sekilas mengenai tujuan manajemen keuangan dalam perusahaan, walaupun sekilas semoga bisa memberikan manfaat atau paling tidak membantu dalam tugas anda. dan jangan lupa baca juga artikel terkait tentang Pengertian Manajemen


Search Term :

Tidak ada komentar :