IAS 7

Pernyataan Arus Kas – Pengungkapan Total Bunga Dibayar

IAS 7.31 mensyaratkan bahwa arus kas yang berasal dari bunga dan dividen yang diterima dan dibayarkan diklasifikasikan secara terpisah di bawah aktivitas yang sesuai dengan asal atau nature mereka. Selain itu, IAS 7,32 mengharuskan jumlah total bunga yang dibayar selama suatu periode diungkapkan dalam Laporan Arus Kas.


Jumlah yang disajikan secara total ini mencakup semua bunga yang dibayarkan pada periode tersebut, terlepas dari apakah itu telah diakui sebagai beban dalam laporan laba rugi atau dikapitalisasi sesuai dengan IAS 23.

Jika semua bunga yang dibayar harus diklasifikasikan ke dalam aktivitas tunggal, Jumlah yang disajikan secara total ini mencakup semua bunga yang dibayarkan pada periode tersebut, terlepas dari apakah itu telah diakui sebagai beban dalam laporan laba rugi atau dikapitalisasi sesuai dengan IAS 23. Pandangan kami adalah menampakkan total pos yang sesuai pada judul pernyataan arus kas, akan tetapi meletakkannya dalam catatan atas laporan keuangan juga bisa  diterima. Beberapa entitas mengungkapkan informasi ini segera setelah Laporan Arus Kas.

Contoh - Kapitalisasi bunga
Entitas A mengkonstruksi mesin (yang merupakan aset dibawah IAS 23) dan membayar biaya konstruksi 1,000, yang meliputi 50 bunga yang dikapitalisasi . Entitas membayar bunga 120 tahun, termasuk jumlah dikapitalisasi.

Analisa
Entitas A memiliki pilihan kebijakan akuntansi yang berkaitan dengan klasifikasi bunga yang dikapitalisasi :

Mengenali 950 sebagai arus kas investasi dan 120 sebagai pembiayaan. Dalam hal ini , masuknya baris terpisah untuk bunga dibayar sebesar 120 dalam aktivitas pendanaan cukup memenuhi kebutuhan pengungkapan IAS 7.32


Mengenali 1,000 sebagai arus kas investasi dan 70 sebagai pembiayaan. Jika opsi ini dipilih, entitas A juga perlu mengungkapkan jumlah total bunga 120 dibayar, baik di catatan kaki Pernyataan Arus Kas atau dalam catatan atas laporan keuangan
Search Term :

Tidak ada komentar :