Agunan

Arti dan Penjelasan Agunan
Agunan mengacu pada aset atau properti yang disajikan untuk mengamankan pinjaman atau kredit lainnya. Jaminan, kan diambiali bila terjadi default. Investopedia menjelaskan jaminan sebagai bentuk keamanan yang diberikan kepada pemberi pinjaman jika peminjam gagal membayar kembali pinjamannya. Misalnya, jika Anda mendapatkan hutang hipotek, rumah akan menjadi jaminan Anda. Dalam margin trading, bila terjadi panggilan marginal, sekuritas dalam account anda menjalankan fungsi jaminan.



Keuntungan Agunan
Keuntungan utama dari jaminan yang tercantum di bawah ini:

  • Mengurangi risiko kredit

Penjaminan sangat membantu dalam mengurangi potensi kerugian akibat  gagal dalam pembayaran oleh rekanan.

  • Penghematan modal

Agunan menurunkan jumlah modal ekonomi yang digunakan untuk menutupi risiko kredit dan melindungi neraca. Hal ini juga membantu dalam meningkatkan leverage dan potensi keuntungan  aset bank.
  • Peningkatan daya saing

Agunan membuat kemampuan berdagang yang lebih luas dari pasar yang ada termasuk  tingkat keuntungan yang lebih tinggi dan lebih dapat diprediksi.
  • Peningkatan likuiditas pasar

Agunan memberikan peningkatan kesempatan untuk melakukan transaksi lebih banyak di pasar dengan modal yang lebih sedikit, dan mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk meninjau dan menyelesaikan kredit
  • Akses ke perdagangan berisiko tinggi

Penggunaan agunan mengurangi risiko jenis perdagangan tidak likuid atau model baru yang melibatkan risiko yang lebih tinggi tetapi margin keuntungan yang lebih tinggi.
  • Tingkat perdagangan yang lebih efisien antarpihak yang terlibat

Penggunaan agunan meresmikan hubungan jangka panjang sehingga membuat transaksi dan pembayaran lancar dengan adanya peluang untuk memeriksa, evaluasi dan menyeimbangkan keuntungan dan kerugian dengan cara yang standar dan berulang.

  • Manfaat dari sisi peminjam

Penjaminan bermanfaat bagi manajer aset dan treasury perusahaan dalam meminimalkan jumlah agunan melalui cross-penjaminan, eksposur agunan oleh klien, selain itu mengurangi pergerakan agunan dan give/take agunan secara bersih.

  • Manfaat dari sisi pemberi pinjaman

Penjaminan sangat membantu bagi bank, dealer broker, dan sejenisnya dalam mengurangi biaya modal untuk menangani keluar untuk pengelolaan asset liability, dll

Namun, ada luas jaminan yang dapat digunakan untuk dijaminkan eksposur kredit dengan tingkat risiko yang berbeda.
Search Term :

Tidak ada komentar :