SWOT

Arti dan definisi dari analisis SWOT

Analisis SWOT mengacu pada alat yang mengukur Kekuatan, Kelemahan, Peluang, dan Ancaman pada sebuah organisasi. Umumnya, SWOT adalah dasar, model sederhana yang mengevaluasi kemampuan organisasi serta peluang dan ancaman potensial. Metode analisis SWOT adalah untuk mendapatkan info dari analisis lingkungan dan memisahkannya ke dalam masalah internal dan eksternal. Setelah ini selesai, analisis SWOT menentukan apa yang dapat membantu perusahaan dalam pemenuhan tujuan dan sasaran, dan juga dalam mengatasi atau mengurangi hambatan untuk mencapai hasil yang diinginkan.




Seperti yang dijelaskan oleh Investopedia, adalah penting untuk bersikap realistis tentang kekuatan dan kelemahan organisasi saat menggunakan analisis SWOT. Menarik garis antara dimana organisasi berdiri hari ini dan di mana yang bisa dicapai di masa depan. Selain itu, juga penting harus tepat dalam menghindari daerah suram dan melakukan analisis terkait dengan kompetisi. Akhirnya, analisis SWOT harus dibuat singkat dan sederhana, selain untuk menghindari kompleksitas dan over-analisis karena banyak info  subyektif. Oleh karena itu, harus digunakan sebagai panduan bukan sebagai resep.

Penggunaan analisis SWOT
Penggunaan analisis SWOT tidak terbatas pada organisasi laba. Analisis SWOT dapat digunakan dalam setiap situasi pengambilan keputusan ketika tujuan yang diinginkan telah digambarkan. Analisis SWOT pada dasarnya adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi Kekuatan, Kelemahan / Keterbatasan, Peluang, dan Ancaman yang terlibat dalam usaha bisnis atau proyek. Hal ini juga melibatkan menetapkan tujuan dari proyek atau usaha bisnis selain mengidentifikasi faktor internal maupun  eksternal yang menguntungkan dan tidak menguntungkan untuk pemenuhan tujuan tersebut.

Tujuan ditetapkan setelah analisis SWOT telah dilakukan sehingga memungkinkan tujuan dan sasaran dapat dicapai harus ditetapkan bagi organisasi.


  • Kekuatan - kekhasan bisnis, atau tim proyek yang memiliki kelebihan dibanding  yang lain.
  • Kelemahan - termasuk karakteristik yang menempatkan tim di posisi yang kurang menguntungkan dibandingkan dengan orang lain.
  • Peluang - termasuk peluang eksternal untuk meningkatkan kinerja, seperti membuat keuntungan, di lingkungan.
  • Ancaman - mencakup unsur-unsur eksternal dari lingkungan yang dapat menyebabkan masalah untuk proyek bisnis.
Search Term :

Tidak ada komentar :