PSAK 66 dan PSAK 12

Hasil gambar untuk pbo pba pbe

Ada pertanyaan menarik seorang mahasiswa tentang PSAK 66 dan PSAK 12. Mungkin atas pertanyaan tersebut jawaban singkat berikut ini dapat membantunya.

PSAK 66 menggantikan PSAK 12 sehingga bentuk Pengendalian Bersama Operasi (PBO), Pengendalian Bersama Asset (PBA)  dan Pengendalian Bersama Entitas (PBE) digantikan dengan operasi bersama dan ventura bersama.


Operasi bersama: 

Jika hak dan kewajiban masing-masing pihak ada pada aset atau liabilitas. Masing-masing pihak dapat mengidentifikasi aset dan liabilitas masing-masing. Pencatatannya sama seperti PBO dan PBA. Masing-masing pihak akan mencatat aset dan liabilitas, beban dan pendapatan yang menjadi hak masing-masing

Ventura bersama :

Jika hak masing-masing pihak atas aset netto (ekuitas), sehingga bentuknya seperti kepemilikan perusahaan. Metode yang digunakan metode ekuitas - PSAK 15. Ini sama seperti PBE namun metodenya hanya boleh ekuitas. Dalam PBE boleh konsolidasi proporsional. Metode ini menurut PSAK 66 tidak boleh. Tidak secara otomatis PBE akan menjadi ventura bersama harus dilihat kembali apakah hak terkait dengan aset netto.




Search Term :

Tidak ada komentar :