Sidang Tesis

Akhirnya!!!

Alhamdulillah, setelah 8.5 semester, sidang tesis di lalui juga. Setelah sebulan sebelumnya sidang proposal. Judul yang diuji oleh kampus adalah "Investigasi Other Comprehensive Income Pada Industri Pertanian Paska Impelementasi IFRS 2012". Sidang kali ini merupakan pengujian hasil riset kolaborasi yang diadakan program Magister Akuntansi Universitas Pancasila.

kenapa 8.5 semester? Kebetulan penulis orang yang cinta kampus. he he alesan









Buat tesis itu mudah mudah sulit. Selain pemahaman atas tema yang diambil. Diperlukan juga ketelatenan mengikuti aturan baku pembuatan karya ilmiah. Mulai kata pengantar daftar isi penulisan gelar ukuran font dan seterusnya.

Kemudian ketelatenan juga mengejar dosen pembimbing yang juga sama sama sibuk. Tanpa niat dan ketelatenan ekstra, besar kemungkinan tesis gagal atau paling tidak bertele tele lamanya. Belum lagi mesti ganti judul karena dosen pembimbing yang minta.

Tantangan berikutnya adalah pengumpulan data, bila data didapat dari primer tentu akan menghabiskan waktu dengan membuat kuisioner dan mengolah hasilnya. Buat yang bersumber dari data sekunder  akan lebih ringan karena sumber data sudah tersedia tinggal mengolah dan menguji.

Persoalan persoalan diatas harus dianggap sebagai tantangan. Dengan ketekunan bab per bab tesis bisa dilahap dengan baik. Buat mereka yang bisa telaten dan disiplin tentu ini menjadi hal yang mudah. Buat tipe yang santai perlu sedikit memaksakan diri untuk disiplin. Gak lama kok. Luangkan waktu setiap akhir pekan untuk menulis kalimat demi kalimat, paragraf demi paragraf dan halaman demi halaman.

Terakhir jangan sungkan dan malu meminta tolong atau bantuan, kepada mereka mereka yang siap membantu. Dosen dosen kita, teman teman kuliah dan mereka yang terkait.

Sipp


Search Term :

Tidak ada komentar :