Prinsip dan Pentingnya Akuntansi Dalam Bisnis



Hasil gambar untuk prinsip dan pentingya akuntansi dalam bisnis

Organisasi membutuhkan cara untuk menjaga kinerja ketika melakukan operasi bisnis. Akuntansi adalah jawaban untuk kebutuhan ini karena memungkinkan perusahaan untuk membuat laporan keuangan yang dapat dibandingkan dengan perusahaan lain atau standar industri. Pemilik bisnis dan manajer juga menggunakan akuntansi untuk meninjau efisiensi operasi. Informasi ini dapat membantu pemilik dan manajer membuat keputusan bisnis dan meningkatkan profitabilitas perusahaan.

Jenis
Ada dua jenis metode akuntansi dalam lingkungan bisnis: basis kas dan akrual. Metode basis kas mengakui dan catatan transaksi keuangan ketika tunai berpindah tangan antara pihak. Akuntansi akrual mengakui dan mencatat transaksi keuangan ketika mereka terjadi, terlepas dari kapan uang tunai berpindah tangan saat transaksi. Bisnis kecil sering menggunakan akuntansi  basis kas  karena metode akuntansiyang lebih mudah. Perusahaan-perusahaan besar biasanya menggunakan akuntansi akrual karena diperlukan di banyak industri dan oleh instansi pemerintah.

Fitur
Hal  penting tunai cash basis akuntansi adalah bahwa ia membuat catatan yang akurat dari arus kas perusahaan. Catatan ini memastikan perusahaan memiliki modal yang cukup untuk menutup biaya operasional bisnis sehari hari. Namun, cah basis akuntansi tidak menyimpan catatan akurat untuk tren penjualan. Sebaliknya meskipun akuntansi akrual menciptakan info yang lebih baik untuk meninjau dan menganalisis tren penjualan atau kinerja keuangan lain, perusahaan mungkin kehilangan jejak saldo kas mereka. Untuk memperbaiki situasi ini, perusahaan juga biasanya mempersiapkan laporan arus kas.

Fungsi
Perusahaan bisa menggunakan manajemen dan akuntansi keuangan campuran  dalam operasi bisnis mereka. Akuntansi Manajemen bertanggung jawab untuk melacak biaya bisnis internal dan mengalokasikan biaya-biaya tersebut untuk barang atau jasa yang diproduksi oleh perusahaan. Akuntansi Manajemen juga bertanggung jawab untuk ramalan penjualan masa depan dan membuat anggaran untuk mengelola pengeluaran. Akuntansi keuangan adalah proses pembuatan laporan keuangan berdasarkan informasi keuangan perusahaan. Laporan keuangan dapat digunakanoleh pemangku kepentingan internal atau eksternal bisnis untuk menghasilkan keputusan bisnis atau investasi.

Pertimbangan
Menggunakan sistem manajemen akuntansi otomatis akan membantu perusahaan-perusahaan memantau  informasi keuangan. Beberapa program dapat disesuaikan untuk usaha kecil atau perusahaan besar. Program ini memungkinkan perusahaan untuk menghasilkan laporan akuntansi elektronik yang dapat dimanipulasi lebih mudah daripada tradisional manual laporan akuntansi. Perusahaan juga dapat mentransfer informasi ini secara elektronik kepada akuntan profesional untuk di tinjauan.

Para Ahli
Perusahaan Jasa Audit atau individu certified public accountant (BPA) adalah konsultan menyediakan layanan akuntansi profesional di lingkungan bisnis. Orang-orang ini membantu perusahaan menciptakan sistem akuntansi dan menyiapkan konsultasi perpajakan juga. Mereka juga dapat memberikan jasa  audit untuk meninjau sistem akuntansi perusahaan dan memberikan bimbingan bisnis dan mengambil tindakan korektif. Bisnis kecil mungkin lebih perlu  konsultasi akuntansi untuk memastikan mereka ketika memulai bisnis telah mencatat dan menyajikan informasi keuangan dengan tepat

Search Term :

Tidak ada komentar :