Jenis Jenis Akuntansi

Hasil gambar untuk jenis jenis akuntansi
Akuntansi adalah profesi yang besar dan dinamis dan terus menyesuaikan diri sendiri untuk kebutuhan spesifik dan berbeda-beda bagi penggunanya. Selama beberapa dekade, akuntansi telah bercabang ke berbagai jenis akuntansi untuk memenuhi keragaman kebutuhan pengguna.



Jenis utama dari akuntansi adalah sebagai berikut:

Keuangan
Manajemen
Pemerintah
Pajak
Forensik
Proyek
Sosial

Akuntansi keuangan, atau pelaporan keuangan, adalah proses untuk menghasilkan informasi untuk pemakaian luar biasanya dalam bentuk laporan keuangan. Laporan Keuangan mencerminkan kinerja masa lalu entitas dan posisi saat ini didasarkan pada seperangkat standar dan pedoman yang dikenal sebagai GAAP (prinsip prinsip akuntansi yang berlaku umum). GAAP mengacu pada kerangka kerja standar pedoman untuk akuntansi keuangan yang digunakan dalam yurisdiksi tertentu. Ini umumnya termasuk akuntansi standar (misalnya International Financial Reporting Standards), akuntansi conventions, dan aturan dan peraturan dimana akuntan harus ikuti dalam penyusunan laporan keuangan.

Akuntansi Manajemen menghasilkan informasi terutama untuk penggunaan internal yaiut  manajemen perusahaan. Informasi yang dihasilkan umumnya lebih rinci daripada yang dihasilkan untuk penggunaan eksternal untuk mengaktifkan kontrol organisasi yang efektif dan pemenuhan tujuan strategis dan tujuan entitas. Informasi mungkin dalam bentuk anggaran dan prakiraan, memungkinkan perusahaan untuk secara efektif merencanakan masa depan atau mungkin termasuk penilaian didasarkan pada masa lalu kinerja dan hasil. Bentuk dan isi dari setiap laporan yang dihasilkan dalam proses adalah murni berdasarkan kebijaksanaan manajemen.

Akuntansi Biaya adalah cabang dari Akuntansi Manajemen dan melibatkan penerapan berbagai teknik untuk memantau dan mengendalikan biaya. Penerapannya lebih cocok untuk manufaktur.

Akuntansi Pemerintah, juga dikenal sebagai akuntansi sektor publik atau federal akuntansi, mengacu pada jenis  sistem informasi akuntansi  yang digunakan dalam sector publik. Ada sedikit penyimpangan dari sistem akuntansi keuangan yang digunakan di sektor swasta. Kebutuhan untuk memiliki sistem akuntansi terpisah untuk sektor publik muncul karena tujuan berbeda antaratujuan negara  dan organisasi yang dikelola lembaga privat. Akuntansi pemerintah menjamin posisi keuangan dan kinerja sektor publik lembaga diatur dalam konteks anggaran  karena kendala keuangan sering menjadi perhatian utama dari banyak pemerintah. Aturan berbeda diikuti di banyak yurisdiksi untuk memperhitungkan transaksi dan peristiwa entitas publik.

Akuntansi Pajak mengacu pada akuntansi untuk perpajakan dan  hal-hal yang terkait. Hal itu diatur oleh peraturan pajak yang ditentukan oleh undang-undang yurisdiksi  pajak. Sering kali aturannya berbeda dari peraturan yang mengatur penyusunan laporan keuangan untuk keperluan umum (yaitu GAAP). Akuntan pajak karena itu menyesuaikan laporan keuangan yang disiapkan di bawah prinsip akuntansi keuangan untuk memperhitungkan perbedaan dengan aturan-aturan yang ditentukan oleh undang-undang pajak. Informasi kemudian digunakan oleh para profesional pajak untuk memperkirakan kewajiban pajak perusahaan dan untuk keperluan perencanaan pajak.

Akuntansi   Forensik  adalah penggunaan teknik akuntansi, audit dan investigasi dalam kasus sengketa atau litigasi. Akuntan forensik bertindak sebagai saksi ahli dalam pengadilan hukum dalam sengketa perdata dan pidana yang memerlukan penilaian dampak kerugian   keuangan  atau deteksi penipuan keuangan. Peristiwa litigasi dimana mana akuntan forensik dipekerjakan termasuk klaim asuransi, klaim cedera, indikasi penipuan dan klaim kelalaian profesional dalam hal keuangan (misalnya penilaian bisnis).

Akuntansi Proyek  mengacu pada penggunaan sistem akuntansi untuk melacak kemajuan proyek melalui laporan keuangan rutin. Proyek akuntansi adalah komponen penting manajemen proyek. Ini adalah cabang khusus Akuntansi Manajemen dengan fokus utama pada memastikan keberhasilan keuangan proyek-proyek perusahaan seperti peluncuran produk baru. Proyek akuntansi dapat menjadi sumber keunggulan kompetitif untuk bisnis   berorientasi proyek  seperti perusahaan-perusahaan konstruksi.

Akuntansi  Sosial, juga dikenal sebagai laporan tanggung jawab sosial perusahaan dan  akuntansi keberlanjutan, mengacu pada proses pelaporan implikasi dari kegiatan organisasi terhadap lingkungan ekologi dan sosial. Akuntansi sosial terutama dilaporkan dalam bentuk Laporan lingkungan yang menyertai laporan tahunan perusahaan. Akuntansi sosial masih dalam tahap awal pembangunan dan dianggap sebagai respon terhadap tumbuhnya kesadaran lingkungan di antara masyarakat luas.

Search Term :

1 komentar :

dian prawesti mengatakan...

selamat siang pak, kuliah saya lebih fokus pada akuntansi sektor publik atau pemerintahan, hal inilah yang membuat saya berpikir bahwa topik kebijakan remunerasi dapat saya angkat menjadi penelitian saya. masalahnya ada beberapa dosen yang masih menanyakan letak akuntansinya dimana....?? menurut saya saat ini akuntansi ruang lingkupnya sudah semakin luas tidak hanya berpatok pada laporan keuangan saja, bagaimana menurut bapak dan jawaban apa yang dapat membuat dosen yakin bahwa remunerasi masih masuk dalam bahasan akuntansi

teria kasih pak...