Ketepatan Waktu Informasi Akuntansi

Hasil gambar untuk timeliness

Definisi

Prinsip  Ketepatan waktu  akuntansi mengacu pada kebutuhan informasi akuntansi agar dipresentasikan kepada pengguna dengan tepat waktu untuk memenuhi kebutuhan pengambilan keputusan mereka.


Penting
Ketepatan waktu informasi akuntansi sangat diinginkan karena informasi yang disajikan tepat waktu umumnya lebih relevan bagi pengguna sementara sebaliknya, keterlambatan dalam penyediaan informasi cenderung membuatnya kurang relevan dalam pengambilan keputusan.  Prinsip ketepatan waktu karena terkait erat dengan prinsip relevansi.

Ketepatan waktu penting untuk melindungi pengguna informasi akuntansi dari mendasarkan keputusan berdasarkan informasi yang sudah ketinggalan zaman. Bayangkan masalah yang bisa timbul jika perusahaan yang menerbitkan laporan keuangan kepada publik setelah 12 bulan periode akuntansi. Pengguna laporan keuangan, seperti calon investor mungkin akan sulit untuk menilai apakah situasi keuangan perusahaan telah berubah drastis dari  yang tercermin dalam laporan keuangan.

Contoh
Pengguna informasi akuntansi harus disediakan laporan keuangan secara tepat waktu untuk memastikan bahwa keputusan keuangan mereka didasarkan pada  informasi up to date. Hal ini dapat dicapai dengan melaporkan kinerja keuangan perusahaan dengan secara teratur (misalnya triwulanan, setengah tahunan atau tahunan) tergantung pada ukuran dan kompleksitas operasi bisnis. Keterlambatan dalam pelaporan akuntansi informasi kepada pengguna juga dapat dihindari.

Dalam beberapa yurisdiksi, berwenang (misalnya Badan Pengawas Bursa Pasar Modal) cenderung untuk menerapkan pembatasan  jumlah maksimum hari dimana perusahaan harus mengeluarkan laporan keuangan kepada publik.

Ketepatan waktu informasi akuntansi juga ditekankan dalam IAS 10 peristiwa setelah  pelaporan periode,  dimana entitas harus melaporkan semua posting yang signifikan  yang terjadi sampai dengan tanggal  laporan keuangan disahkan. Hal ini memastikan bahwa pengguna dibuat sadar pada setiap transaksi material dan peristiwa yang terjadi setelah periode laporan ketika laporan keuangan yang dikeluarkan. Bila tidak  pengguna harus menunggu serangkaian informasi laporan keuangan tersebut di periode berikutnya. 

Ketepatan waktu Vs Keandalan - Konflik
Ketepatan waktu presentasi informasi akuntansi sangat penting,  akan tetapi bisa terjadi  bertentangan dengan tujuan menyajikan informasi yang dapat diandalkan. Hal ini karena menghasilkan informasi yang dapat diandalkan dan akurat memakan waktu lebih namun keterlambatan dalam penyediaan informasi akuntansi membuatnya kurang relevan bagi pengguna. Oleh karena itu, sangatlah penting menjaga  keseimbangan antara ketepatan waktu dan keandalan informasi akuntansi.

Search Term :

Tidak ada komentar :