Welcome to MAGISTER AKUNTANSI - The Perfect Partner For Your Business
Contact : Phone 0821-2566-2195 Wa 0821-2566-2195 Langkah-langkah Penyusunan Instrumen: Panduan Lengkap | Magister Akuntansi

Labels

Langkah-langkah Penyusunan Instrumen: Panduan Lengkap

Langkah-langkah Penyusunan Instrumen: Panduan Lengkap - Hallo sahabat Magister Akuntansi , Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Langkah-langkah Penyusunan Instrumen: Panduan Lengkap , kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Metodologi Penelitian , yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Langkah-langkah Penyusunan Instrumen: Panduan Lengkap
link : Langkah-langkah Penyusunan Instrumen: Panduan Lengkap

Baca juga


Langkah-langkah Penyusunan Instrumen: Panduan Lengkap

 

Instrumen pengumpul data adalah salah satu komponen penting dalam melakukan penelitian. Instrumen yang berkualitas dapat memastikan keakuratan dan kevalidan hasil penelitian. Oleh karena itu, penyusunan instrumen harus dilakukan secara sistematis dan terencana. Berikut adalah langkah-langkah penyusunan instrumen yang harus dipahami.


Langkah 1: Menentukan Topik dan Tujuan Pengumpulan Data serta Subjek

Langkah pertama dalam menyusun instrumen untuk kegiatan penelitian adalah menentukan topik beserta tujuan pengumpulan data. Topik yang dimaksudkan di sini adalah variabel yang akan diteliti. Penentuan topik atau variabel maupun tujuan pengumpulan data tersebut tentu untuk mendukung tujuan penelitian. Pada umumnya tujuan pengumpulan data adalah untuk mendiskripsikan subjek sesuai variabel yang diteliti.
 

Langkah 2: Menentukan Subjek atau Responden

Seiring dengan penetapan variabel dan tujuan pengumpulan data tersebut, peneliti juga menentukan subjek atau respondennya, yakni siapa, dimana, dan berapa jumlahnya. Misalnya pada penelitian bidang pendidikan, peneliti menentukan siswa kelas berapa saja dan berapa jumlah yang akan menjadi responden. Selain itu, peneliti perlu menentukan pada saat kapan dan dimana instrumen akan digunakan.
 

Langkah 3: Mengkaji Teori yang Relevan, dan Menentukan Aspek-Aspeknya

Berdasar topik yang telah ditentukan, maka peneliti mengkaji teori yang relevan dengan topik. Melalui teori tersebut, peneliti menekankan aspek-aspek yang akan digunakan dalam mengukur variabel (topik) penelitiannya. Tanpa adanya teori yang jelas dan relevan dengan topik, maka sangat dimungkinkan instrumen yang disusun belum sesuai dengan apa yang akan diukur (dikumpulkan). Oleh karena itu, peneliti perlu menelaah dan menggali teori yang relevan melalui buku-buku yang relevan.
 

Langkah 4: Menyusun Aspek-Aspek Menjadi Berbagai Indikator

Setelah menemukan aspek-aspek yang akan diukur dari variabel yang akan diukur, maka selanjutnya peneliti merumuskan indikator-indikator pada setiap aspeknya. Setiap aspek tersebut dikembangkan (dirumuskan) menjadi beberapa indikator. Setiap indikator tersebut sebagai item yang akan dikembangkan menjadi pertanyaan atau pernyataan instrumen. Output pada langkah ke empat inilah sebagai langkah penyusunan kisi-kisi.


Langkah 5: Mengembangkan Susunan Indikator Menjadi Draf Pernyataan/Pertanyaan

Berdasar kisi-kisi yang dibuat maka selanjutnya peneliti mengembangkan setiap indikator menjadi item-item pertanyaan atau pernyataan atau pengamatan. Setiap indikator bisa dikembangkan menjadi 2 atau lebih item pertanyaan atau pernyataan karena 1 indikator bisa dijabarkan berdasar favorable dan unfavorable



Demikianlah Artikel Langkah-langkah Penyusunan Instrumen: Panduan Lengkap

Sekianlah artikel Langkah-langkah Penyusunan Instrumen: Panduan Lengkap kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Langkah-langkah Penyusunan Instrumen: Panduan Lengkap dengan alamat link https://magisterakutansi.blogspot.com/2023/03/langkah-langkah-penyusunan-instrumen.html

0 Response to " Langkah-langkah Penyusunan Instrumen: Panduan Lengkap "