PENGERTIAN MANAJEMEN STRATEGIK DAN RUANG LINGKUPNYA


Hasil gambar untuk manajemen strategis

PENGERTIAN MANAJEMEN STRATEGIS

Strategi berasal dari bahasa Yunani stratogos yang artinya ilmu para jenderal untuk memenangkan suatu pertempuran dengan menggunakan sumber daya yang terbatas (Sihombing,2000). Pengertian atau defenisi Manajemen strategi dalam khasanah literatur ilmu manajemen memiliki cakupan yang luas, dan tidak ada suatu pengertian yang dianggap baku. Itulah sebabnya defenisi manajemen strategi berkembang luas tergantung pemahaman ataupun penafsiran seseorang.


Manajemen strategis adalah seni dan ilmu penyusunan, penerapan, dan pengevaluasian keputusan-keputusan lintas fungsional yang dapat memungkinkan suatu perusah`aan mencapat sasarannya. Manajemen strategis adalah proses penetapan tujuan organisasi, pengembangan kebijakan dan perencanaan untuk mencapai sasaran tersebut, serta mengalokasikan sumber daya untuk menerapkan kebijakan dan merencanakan pencapaian tujuan organisasi. Manajemen strategis mengkombinasikan aktivitas-aktivitas dari berbagai bagian fungsional suatu bisnis untuk mencapai tujuan organisasi.
Manajemen strategis merupakan aktivitas manajemen tertinggi yang biasanya disusun oleh dewan direktur dan dilaksanakan oleh CEO serta tim eksekutif organisasi tersebut. Manajemen strategis memberikan arahan menyeluruh untuk perusahaan dan terkait erat dengan bidang perilaku organisasi.

2. DEFINISI MANAJEMEN STRATEGIS MENURUT PARA AHLI: 

Menurut Fred R.David (2004 : 5) :Manajemen strategis adalah ilmu mengenai perumusan, pelaksanaan dan evaluasi keputusan- keputusan lintas fungsi yang memungkinkan organisasi mencapai tujuannya. Menurut Husein Umar (1999 : 86): Manajemen strategis sebagai suatu seni dan ilmu dalam hal pembuatan (formulating), penerapan (implementing) dan evaluasi (evaluating) keputusan-keputusan startegis antara fungsi yang memungkinkan sebuah organisasi mencapai tujuannya di masa datang. Menurut Lawrence R. Jauch dan Wiliam F. Gluech (Manajemen Strategis dan Kebijakan Perusahaan, 1998) : Manajemen Strategis adalah sejumlah keputusan dan tindakan yang mengarah pada penyusunan suatu strategi atau sejumlah strategi yang efektif untuk membantu mencapai sasaran perusahaan Wheelan dan Hunger (Strategic Manajemen and Business Policy Massachuset, 1995) : Manajemen strategis adalah suatu kesatuan rangkaian keputusan dan

tindakan yang menentukan kinerja perusahaan dalam jangka panjang. Tercakup di dalamnya mengenali dan menganalisa lingkungan, memformulasi strategi, mengimplementasikan strategi dan melakukan evaluasi berikut pengendalian.

Meskipun demikian dari berbagai pengertian atau defenisi yang diberikan oleh para pakar manajemen dapat ditemukan suatu kesamaan pola pikir, bahwa manajemen strategi merupakan ilmu yang menggabungkan fungsi-fungsi manajemen dalam rangka pembuatan keputusan-keputusan organisasi secara strategis, guna mencapai tujuan organisasi secara efektif dan efisien.

Dari berbagai pengertian atau defenisi yang ada dapat disimpulkan bahwa manajemen strategi adalah suatu seni dan ilmu dari suatu pembuatan (formulating), penerapan (implementing) dan evaluasi (evaluating) keputusan-keputusan strategis antar fungsi-fungsi yang memungkinkan sebuah organisasi mencapai tujuan-tujuan masa datang (Dwiningsih,2001). Manajemen stratejik bertugas membuat keputusan stratejik yang menggolkan ketetapan tujuan dan sasaran. Kemudian manajemen stratejik pun menetapkan apa yang sebaiknya dilakukan untuk masa mendatang. Dan lantas menentukan siapa-siapa yang melakukannya serta bagaimana tindakannya. Setelah itu manajemen stratejik meninjau, menggerakkan aktifitas operasional total pihak-pihak yang bertanggung jawab, yang terlibat dalam pencapaian tujuan dan sasaran. Singkatnya, manajemen stratejik berfungsi membuat keputusan stratejik, menyusun planning stratejik, serta berfungsi juga untuk peninjauan atau evaluasi stratejik

Manajemen strategis adalah proses untuk membantu organisasi dalam mengidentifikasi apa yang ingin mereka capai, dan bagaimana seharusnya mereka mencapai hasil yang bernilai. Besarnya peranan manajemen strategis semakin banyak diakui pada masa-masa ini dibanding masa-masa sebelumnya. Dalam perekonomian global yang memungkinkan pergerakan barang dan jasa secara bebas diantara berbagai negara, perusahaan-perusahaan terus ditantang untuk semakin kompetitif. Banyak dari perusahaan yang telah meningkatkan tingkat kompetisinya ini menawarkan produk kepada konsumen dengan nilai yang lebih tinggi, dan hal ini sering menghasilkan laba diatas rata-rata (Michael A. Hitt & R. Duane Ireland & Robert E. Hoslisson (1997,XV)

Dengan menggunakan manajemen strategis, perusahaan akhirnya dapat memahami kekuatan bersaing dan mengembangkan keunggulan kompetitif berkelanjutan secara sistematis dan konsisten.

1. Manajemen strategi diwujudkan dalam bentuk perencanaan berskala besar mencakup seluruh komponen dilingkungan sebuah organisasi yang dituangkan dalam bentuk rencana strategis (Renstra) yang dijabarkan menjadi perencanaan operasional, yang kemudian dijabarkan pula dalam bentuk program kerja dan proyek tahunan.

2. Renstra berorientasi pada jangkauan masa depan.

3. Visi, misi, pemilihan strategi yang menghasilkan strategi induk,dan tujuan strategi organisasi untuk jangka panjang merupakan acuan dalam merumuskan rencana strategi, namun dalam teknik penempatannya sebagai keputusan manajemen puncak secara tertulis semua acuan tersebut terdapat didalamnya.

4. Renstra dijabarkan menjadi rencana operasional yang antara lain berisi program-program operasional termasuk proyek-proyek, dengan sasaran jangka sedang masing-masing juga sebagai keputusan manajemen puncak.

5. Penetapan renstra dan rencana operasi harus melibatkan manajemen puncak karena sifatnya sangat mendasar/prinsipil dalam pelaksanaan seluruh misi organisasi, untuk mewujudkan, mempertahankan dan mengembangkan eksistensi jangka sedang termasuk panjangnya.

6. Pengimplementasian strategi dalam program-program termasuk proyek-proyek untuk mencapai sasarannya masing-masing dilakukan melalui fungsi-fungsi manajemen lainnya yang mencakup pengorganisasian, pelaksanaan, penganggaran dan kontrol.

Dimensi Manajemen Strategi
1. Dimensi waktu dan orientasi masa depan
2. Dimensi Internal dan Eksternal
3. Dimensi Pendayagunaan Sumber-Sumber
4. Dimensi Keikutsertaan Manajemen Puncak
5. Dimensi Multi Bidang

Tahapan dalam Manajemen Strategis (Fred R. David, 2004 : 6-7) Perumusan strategi : Meliputi kegiatan untuk mengembangkan visi dan misi organisasi, mengidentifikasi peluang dan ancaman eksternal organisasi, menentukan kekuatan dan kelemahan internal organisasi, menetapkan tujuan jangka panjang organisasi, membuat sejumlah strategi alternatif untuk organisasi, serta memilih strategi tertentu untuk digunakan. Pelaksanaan strategi : Mengharuskan perusahaan untuk menetapkan sasaran tahunan, membuat kebijakan, memotivasi karyawan, dan mengalokasikan sumber daya sehingga perumusan strategis dapat dilaksanakan. Pelaksanaan strategis mencakup pengembangan budaya yang mendukung strategi, penciptaan struktur
organisasi yang efektif, pengarahan kembali usaha–usaha pemasaran, penyiapan anggaran, pengembangan dan pemanfaatan sistem informasi, serta menghubungkan kompensasi untuk karyawan dengan kinerja organisasi.

3. TANTANGAN MANAJEMEN STRATEGIS
Memiliki daya saing strategis dan laba diatas rata-rata adalah tantangan untuk perusahaan sebesar AT&T dan kecil seperti halnya sebuah toko. Menurut fakta hanya 2 dari 25 perusahaan industri besar di Amerika Serikat di tahun 1900 yang masih bertahan didalam persaingan bisnis (23 sisanya telah gagal, bergabung/merger dengan perusahaan lainnya atau tidak lagi memiliki skala yang relatif besar dibandingkan dengan pesaingnya). Baru baru ini, Andrew Grove, pimpinan Intel, mengamati bahwa hanya perusahaan paranoid yang dapat bertahan dan berhasil. Perusahaan-perusahaan ini menyadari bahwa keberhasilan saat ini tidak menjamin tingkat daya saing strategis dan laba diatas rata-rata dimasa mendatang. Karenanya perusahaan-perusahaan ini berusaha terus menerus untuk berkembang, sehingga tetap bersaing. Supaya dapat bersaing secara strategis dan memperoleh laba diatas rata-rata, perusahaan harus bisa bersaing dengan cara yang berbeda dengan kondisi sebelumnya.

4. MODEL BERBASIS SUMBER DAYA

Michael A. Hitt & R. Duane Ireland & Robert E. Hoslisson (1997,18) mengatakan, terdapat beberapa model penting yang ditunjukkan untuk menggambarkan input strategis bagi langkah suatu perusahaan, dan salah satu diantaranya adalah model berbasis sumber daya untuk profitabilitas tinggi. Model ini mengasumsikan bahwa tiap organisasi merupakan kumpulan sumber daya dan kemampuan unik yang merupakan dasar untuk strategi dan sumber utama profitabilitasnya. Juga diasumsikan bahwa perusahaan memperoleh sumber daya yang berbeda serta mengembangkan kemampuannya yang unik. Karenanya seluruh perusahaan bersaing dalam industri tertentu mungkin tidak memiliki sumber daya atau kemampuan strategis yang sama. Model ini juga mengasumsikan bahwa sumber daya tidak terlalu mudah berpindah antar perusahaan. Perbedaan dalam sumber daya, yang tidak mungkin didapatkan atau ditiru perusahaan lain, serta cara penggunaannya merupakan dasar keunggulan bersaing.

Sumber daya adalah input bagi proses produksi perusahaan, seperti barang, modal, kemampuan para pekerjanya, paten, keuangan dan manajer yang berbakat. Umumnya sumber daya perusahaan dapat diklasifikasikan menjadi tiga katagori, yaitu modal fisik, sumber daya manusia dan organisasi. Satu jenis sumber daya saja mungkin tidak dapat menghasilkan keunggulan bersaing yang berkesinambungan. Misalnya sepotong mesin canggih hanya dapat menjadi sumber daya yang relevan secara strategis jika digunakan bersama aspek operasi lainnya (seperti pemasaran dan pekerjaan pegawai).

Gambar: Model Berbasis Sumber Daya Untuk Profitabilitas Tinggi
Melalui kombinasi dan integrasi sekelompok sumber daya dapat mencapai keunggulan bersaing. Kemampuan adalah kapasitas sekumpulan sumber daya untuk secara integratif melakukan suatu tugas atau aktivitas. Kemampuan adalah hasil dari suatu kelompok sumber daya terintegrasi. Tidak seluruh sumber daya dan kemampuan perusahaan memiliki potensi seagai dasar keunggulan bersaing yang berkesinambungan. Potensi ini direalisasikan apabila sumber daya dan kemampuan tersebut berharga, langka, tidak dapat ditiru dan tidak dapat digantikan. Sumber daya (istilah sumber daya juga mencakup kemampuan) adalah berharga hanya jika memungkinkan perusahaan menggunakan kesempatan dan menetralisir ancaman dalam lingkungan eksternalnya, sumber daya disebut langka apabila, hanya dimiliki oleh sedikit pesaing yang ada maupun tidak ada, sumber daya tersebut tak dapat ditiru apabila perusahaan lain tidak dapat memperolehnya, serta tidak dapat digantikan jika tidak memiliki equivalen yang strategis. Apabila kriteria-kriteria tersebut dipenuhi, maka sumber daya dan kemampuan menjadi kompetensi inti dan dapat berlaku sebagi dasar keunggulan bersaing perusahaan, daya saing strategis, dan kemampuannya untuk mendapat laba diatas rata-rata.

5. TUGAS AHLI STRATEGI YANG EFEKTIF

Kerja keras, analisis yang teliti dan akal sehat merupakan persyaratan keberhasilan seorang ahli strategi. Mantan CEO Apple Computer, John Scully, berusaha tidur satu jam disini dan disana. Dalam menggambarkan kenyataan kerja dalam tahun 1990an, Scully , menyarankan bahwa tidur sepanjang malam adalah ciri jaman agraria dan industrial kuno. “Orang tidak demikian lagi sekarang” katanya “Satu hari adalah 24 jam, bukan hanya jam 8 hingga jam 5” Selain kerja keras, analisis yang menyeluruh dan akal sehat, ahli strategi yang efektif harus dapat berpikir dengan jernih dan melontarkan banyak pertanyaan. Efektifitas strategi mereka akan meningkat apabila mereka dapat menemukan cara bagi yang lain untuk berpikir dan bertanya mengenai apa yang dilakukan perusahaan dan mengapa. Tetapi khususnya, manajer puncak ditantang untuk “berpikir serius dan mendalam-mengenai tujuan organisasi yang mereka pimpin atau fungsi yang mereka lakukan, mengenai strategi, taktik, teknologi, system dan orang-orang yang diperlukan dalam mencapai tujuan tersebut. Juga pertanyaan penting yang harus selalu ditanyakan. Melalui cara berpikir ini, ahli strategi bersama dengan yang lain, meningkatkan kemungkinan untuk mengidentifikasi ide yang inovatif. Apabila ide ini mengarah pada perkembangan kompetensi inti yang berharga, langka, tidak dapat ditiru dan tidak dapat digantikan, maka ide tersebut akan menjadi dasar untuk menggunakan peluang dalam lingkungan usaha mengejar daya saing strategis diperekonomian global.

Pekerjaan ahli stratgei tidak sederhana, melainkan terdiri dari situasi keputusan yang tidak terlalu jelas-situasi dimana solusi yang paling efektif tidak dengan mudah dapat ditentukan. Bagaimanapun peluang yang ada dari jenis pekerjaan ini menarik. Pekerjaan ini menawarkan peluang yang menarik untuk berkhayal dan bereaksi. Kata-kata berikut diberikan sebagai saran oleh ayahnya kepada Steven J. Ross, mantan Chairman dan co-CEO Time-Warmer, menjelaskan menariknya ahli strategi: “Ada tiga katagori orang-orang yang pergi kekantor, menaruh kakinya diatas meja dan berkayal selama 12 jam, orang yang tiba pada jam 5 pagi dan bekerja 16 jam, tanpa berhenti sekalipun untuk berkhayal; dan orang yang mengangkat kakinya, berkhayal selama satu jam dan kemudian mengerjakan sesuatu mengenai khayalan tersebut” Ahli strategi memiliki peluang untuk berkhayal dan bertindak, dan yang paling efektif dalam memberikan pandangan (khayalan) untuk secara efektif membantu lainnya dalam menciptakan keunggulan bersaing perusahaan yang berkesinambungan.

KASUS MANAJEMEN STRATEGI PADA PERUSAHAAN ACER
 PROFIL PERUSAHAAN ACER

Acer merupakan sebuah merek lima besar komputer pribadi dunia. Produk Acer antara lain adalah desktop, notebook, server, penyimpanan data, layar, peripheral, dan solusi e-bisnis untuk bisnis, pemerintah, pendidikan dan pengguna pribadi.

Pendiri Acer bernama Stan Sith yang merupakan pendiri acer dan juga CEO acer inc pertama. Pertama kali didirikan dengan nama Multitech yang didirikan pada 1976, yang kemudian dinamakan Acer pada 1987. Grup pan Acer mempekerjakan 39.000 orang di lebih dari 100 negara. Pendapatannya pada 2002 adalah US$12,9 miliar. Kantor pusatnya terletak di Kota Sijhih, Taipei County, Taiwan.

Pasaran Acer di Amerika Utara telah merosot dalam beberapa tahun terakhir sementara pasar Eropanya terus meningkat. Kesuksesannya di Eropa sebagian karena pensponsoran dari Tim Formula 1 Ferrari dan bekas tim F1, Prost Grand Prix.

a. Notebook Seri Tablet PC
Tablet PC adalah laptop - atau komputer portable berbentuk buku. Memiliki layar sentuh atau teknologi tablet digital yang memungkinkan pengguna komputer mempergunakan stylus atau pulpen digital selain keyboard ataupun mouse komputer. Pengguna bisa memasukkan teks mempergunakan program yang mengenali tulisan tangan, keyboard dalam monitor, pengenal percakapan, atau keyboard biasa (apabila ada).Banyak Tablet PC mempergunakan digitaliser, yang menghantarkan masukan posisi pulpen ke komputer dengan cepat.Tablet PC menggunakan layar LCD sentuh, dapat digunakan untuk menulis dengan tangan menggunakan sejenis pulpen khusus yang disebut stylus. Layarnya pun dapat diputar ke atas dan ke bawah sehingga posisi keyboard menghadap tanah/pangkuan/meja dan posisi layar tidur menghadap keatas. Layar Tablet PC juga dimungkinkan untuk bergerak memutar mirip gerakan orang menoleh, hingga 360 derajat. Seri Acer Aspire
Acer Aspire adalah sebuah seri komputer oleh Acer yang ditujukan untuk pengguna rumahan atau keperluan bisnis kecil. Seri Aspire terdiri dari komputer desktop dan komputer jinjing.


 STRATEGIK ACER
a. AMD dan ACER kerjasama untuk menggeser INTEL
AMD dan ACER kerjasama untuk menggeser INTEL - Intel merupakan penguasa server paling besar saat ini namun kebesaran Intel bukan tanpa pesaing dan diantara para pesaing perusahaan intel baik dalam penydia chipset prosesor tau yang lainny yaitu AMD
.
AMD mengajak kerjasama Acer untuk mencuri pangsa pasar server yang dikuasai Intel. Dengan kerjasama tersebut, untuk pertamakalinya Acer mulai menggunakan chip buatan AMD pada server-servernya. Produsen komputer asal Taiwan itu sendiri baru memasuki pasar server di Desember lalu dengan produk yang menggunakan chip Intel. Acer yang merupakan produsen pembuat komputer terbesar kedua di dunia akan membuat server berbasis Opteron 6000 series yang baru saja diperkenalkan AMD.

“AMD telah kembali ke roadmap produk mereka,” kata Gianluca Degliesposti, Vice President Server Business Acer, seperti VIVAnews kutip dari Hexus, 31 Maret 2010. “Ini merupakan waktu yang baik bagi kami untuk terjun ke pasar,” ucap Degliesposti yang sebelum bergabung di Acer merupakan salah satu eksekutif di AMD.

Dari sisi bisnis, Magny Cours, chip prosesor untuk server AMD merupakan produk yang disiapkan untuk menghadapi kompetitornya, Intel. Sementara Acer sedang berusaha untuk menduplikasikan sukses bisnis notebook dan desktop PC mereka ke pasar server, mesin yang digunakan oleh korporasi untuk mengurusi website, email, dan database.

Tahun lalu, Acer mengambil alih penjualan PC keseluruhan dari Dell Inc untuk menjadi produsen terbesar kedua di dunia di bawah HP. Pangsa pasar mereka, menurut IDC tercatat sebesar 13,4 persen. Di peringkat pertama, HP menguasai 21 persen.

Sebelum ini, Intel, produsen chip terbesar dunia sudah mulai menghadirkan chip server terbaru mereka yang memiliki enam buah core dalam satu silicon. Adapun chip buatan AMD hadir dalam pilihan 8 dan 12 core.

Seperti diketahui menambahkan core pada prosesor bisa meningkatkan kemampuan prosesor untuk melakukan berbagai tugas secara simultan. Saat ini, umumnya prosesor yang beredar memilik dua buah core dan empat buah core untuk prosesor yang lebih mahal.

b. Acer, AMD dan Microsoft Luncurkan Notebook Khusus Pelajar
Acer, AMD, dan Microsoft pada Rabu (12/1/2011) meluncurkan notebook yang didesain khusus untuk menjawab kebutuhan pelajar dalam belajar dan bermain. Dalam siaran pers Acer disebutkan, program ini merupakan wujud komitmen bersama Acer, AMD, dan Microsoft mendukung kemajuan sektor pendidikan di Indonesia, khususnya dalam memperluas akses teknologi bagi pelajar. Acer Aspire 4253 merupakan notebook berkualitas, berbasis teknologi terkini, lengkap dengan piranti lunak asli Microsoft dan media pembelajaran asli dengan harga terjangkau. "Acer selalu berupaya untuk menjadi yang terdepan dalam mengadopsi teknologi terbaru dengan merancang produk yang mengutamakan kenyamanan dan kemudahan bagi pengguna setianya," kata Helmy Anam, Head of Marketing Communication Dept Acer Indonesia. Acer Aspire 4253 merupakan notebook pertama bagi pelajar yang dilengkapi dengan piranti lunak asli Windows 7 Starter, Office Starter 2010 & Learning Suite (Media Pembelajaran) yang berlaku seumur hidup. Menawarkan kenyamanan karena terdapat fitur lengkap dalam satu produk. Dengan prosesor AMD Fusion™ E-Series memungkinkan notebook yang beresolusi tinggi ini memiliki kemampuan hiburan yang tak terlupakan bagi penggunanya. Sementara Hendra Sasmita, Global OEM Account Manager AMD mengatakan, dengan desain prosesor generasi terbaru AMD E-Series Accelerated Processing Unit (APU), yang menggabungkan teknologi multi-core CPU (x86) dengan DirectX® 11 capable-discrete-level graphic, memungkinkan pengguna untuk menikmati hiburan High-Definition tanpa gangguan. Aspire 4253 yang berbasis teknologi prosesor AMD terbaru tersebut memungkinkan para pelajar dan anggota keluarga mendapatkan solusi notebook yang mendukung kebutuhan mereka untuk bermain dan belajar dengan harga terjangkau. Piranti lunak asli Microsoft yang terdapat dalam Aspire 4253 yakni sistem operasi Windows 7 Starter, Office Starter 2010 & Learning Suite (Media Pembelajaran) akan melengkapi kenyamanan belajar bagi para siswa. Dengan Office Starter 2010, para siswa dapat membuat dan mengedit dokumen dengan fitur dasar, membuat tabel, mengetik surat, dan membuat newsletter sekolah yang berisi foto-foto serta kemudahan untuk mengirimkan ke teman mereka. Bahkan anggota keluarga pun dapat menggunakannya untuk membuat dokumen dan anggaran rumah tangga dengan aplikasi Excel. Acer Aspire 4253 juga dilindungi dengan Microsoft Security Essential, piranti lunak yang melindungi pengguna dari serangan virus, spam dan malware saat menjelajahi dunia maya yang berlaku seumur hidup. Dan, Windows Live Essentials yang memberikan kemudahan berkomunikasi dan selalu terhubung dengan rekan-rekannya. Notebook ini memiliki memori DDR3 dengan kapasitas hingga 8 GB atau lebih, memungkinkan waktu respon yang lebih cepat dan kecepatan data transfer dua kali lebih cepat dari DDR2. Aspire 4253 tersedia dalam ukuran layar 35.5 cm (14”), dengan high-definition Acer CineCrystal™ LED backlit displays yang menghasilkan gambar lebih detil dan jernih karena didukung HDTV-ready output via HDMI®, versi terbaru dari standard HDMI. Teknologi itu tidak hanya membawa pengguna merasakan pengalaman High-Definition berlayar lebar, tetapi juga video berresolusi tinggi jauh di atas sistem 1080p yang saat ini tersedia. Tersedianya data channel secara khusus, yang mungkinkan pengguna
untuk mengatur video, audio dan data stream dalam satu kabel. Acer InviLink™ 802.11a/b/g/n Wi-Fi CERTIFIED® yang didukung teknologi nirkabel Acer SignalUp™ memastikan koneksi nirkabel yang terpercaya, sedangkan Gigabit Ethernet-nya menyediakan komunikasi kabel yang stabil dan sangat cepat. Di samping itu pengguna dapat menikmati live chating dengan teman-teman di dunia maya atau melakukan business video-conference, dengan tersedia built-in Acer Crystal Eye high-definition webcam dan microphone. Aspire 4253 dirancang dengan menggunakan teknologi, bahan, dan proses yang ramah lingkungan sehingga sesuai dengan standard Internasional. Menggunakan lampu LED yang hemat daya listrik, prosesor yang hemat energi, menawarkan kinerja lebih baik, dan umur baterai yang lebih panjang untuk mobilitas lebih maksimal. Notebook Acer Aspire 4253 ditawarkan dalam 2 pilihan warna: Mesh Coklat dan Hitam. Produk ini dijual dengan harga promo Rp. 4,099,000,- termasuk tas punggung dan CD berisi media pembelajaran, Windows Live Essentials dan Microsoft Security Essentials yang berlaku seumur hidup. Acer bersama AMD dan Microsoft akan menggelar media launch roadshow di berbagai kota: Yogyakarta (13 Januari 2010), Bandung (14 Januari 2010) dan Makassar (18 Januari 2010).(Aef/At/Fth)

Komentar:
Dunia teknologi sekarang sudah begitu canggih berbeda dengan massa sebelumnya, setiap hari dunia tekhnologi selalu berubah atau pun selalu update, di dunia bisnis pun teknologi tidak kalah hebatnya banyak perusahaan-perusahaan yang bergerak di teknologi yang berlomba-lomba memproduksi computer, laptop, handphone, dan lain sebagainya yang tentunya lebih canggih. Mereka saling menggunakan strategi yang mereka anggap itu bisa menarik konsumen dan produknya itu laku dipasaran.

Pada kasus diatas bahwasanya perusahaan acer bekerjasama dengan perusahaan lain untuk meningkatkan kualitas terhadap produk yang mereka produksi, perusahaan yang diajak kerjasama yaitu perusahaan Intel, Amd, Microsoft dan lain sebagainya. Diadakanya kerjasama ini memudahkan perusahaan acer untuk melakukan ekspansi pemasaran diluar, dikarenakan ini memudahkan dan memberikan kenyamanan kepada konsumen yang memakai laptop acer tersebut. Strategi perusahaan acer mengeluarkan laptop acer aspire 4253 yang khusus pelajar ini menunjukan bahwa acer bias bersaing dengan merk-merk laptop yang lainya di tambah lagi dengan menggunakan perangkat lunak OS windows 7 yang original, Microsoft office 2010, dan juga tersedia antivirus ini memudahkan konsumen menggunakan laptop ini dengan nyaman karena windows OS nya bias dipakai seumur hidup asalkan windows itu tidak diganti oleh windows yang lain, juga disertai Microsoft office 2010 yang memudahkan untuk mengerjakan tugas-tugas pengetikan dokumen,surat-surat dan lain sebagainya, didukung dengan harga yang terjangkau, adapun spesifikasi dan fitur Notebook Acer Aspire 4253 adalah:

- 14-inch HD Acer Cine Crystal LED backlit display
- Powered by AMD dual Core Fusion processor
- Supports Bluetooth v 3.0 & 802.11a/b/g/n Wi-Fi
- Support DirectX 11 graphics Card
- Pre-installed Windows 7 OS
- 320GB SATA HDD
- 4GB RAM, & DVD Writer
- Web camera with microphone
- Gigabit Ethernet
- Multiformat memory card reader
- Dolby surround sound system
- Includes 6 Cell Li-Ion Battery
- Stereo speakers, & multitouch trackpad
- HDMI, RJ-45, & VGA port

Laptop Acer Aspire 4253 ini menggunakan processor AMD dual Core Fusion, dimana kelebihan Amd dibandingkan dengan processor intel ialah terlihat dari tampilan grafik, Amd lebih unggul, ditambah dengan memori yang menggunakan DDR3 yang memudahkan dalam meneransfer data dibandingkan dengan DDR2 sebelumnya, juga dilengkapi dengan Hardisk yang berkapasitas 320GB SATA yang bisa menyimpan data-data penting ataupun lagu-lagu, game, film, dan lain sebagainya, laptop Acer Aspire 4253 ini juga dilengkapi dengan Wi-Fi dimana bisa menangkap signal Wireless yang bisa tehubungkan langsung dengan internet. Web camera with microphone juga tersedia ini memudahkan konsumenya untuk merekam video dengan kualitas gambar yang bagus, dan bisa juga digunakan untuk video chattingan bila terhubung dengan internet. Konsumen juga di manjakan dengan Dolby surround sound system dimana Laptop Acer Aspire 4253 ini bisa mengeluarkan suara yang jernih bila kita mendengarkan musik ataupun melihat film, karena sudah menggunakan Stereo speakers didukung dengan 6 Cell Li-Ion Battery yang tahan lama, dan yang gak kalah pentingnya laptop Acer Aspire 4253 ini dijual dengan harga promo Rp. 4,099,000,- termasuk tas punggung dan CD berisi media pembelajaran, Windows Live Essentials dan Microsoft Security Essentials yang berlaku seumur hidup.

REFERENSI
http://id.shvoong.com/business-management/management/1754361-fungsi-manajemen-stratejik/
http://raitetsu.wordpress.com/2010/01/05/pengertian-fungsi-manajemen-strategi/
http://kuliah.dinus.ac.id/edi-nur/mbbi/bab2.html
Reff:http://id.wikipedia.org/wiki/Manajemen_strategis
http://mukhyi.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/18077/PENGERTIAN+DAN+RUANG+LINGKUP+MANAJEMEN+STRATEGIK.pdf
http://aolih.blogspot.com/2011/01/amd-dan-acer-kerjasama-untuk-menggeser.html
Search Term :

Tidak ada komentar :