Tiga Keuntungan Menggunakan Akuntansi IFRS Sebagai Standar Laporan Keuangan

Hasil gambar untuk Three Advantages to an End User of Using IFRS Accounting With Financial Statements

Akuntan profesional terbiasa dalam pekerjaannya mematuhi standar akuntansi. GAAP adalah pedoman untuk pelaporan transaksi keuangan di Amerika Serikat. Pedoman ini hanya berlaku untuk perusahaan public di Amerika, walaupun banyak perusahaan nonpublik mengikuti praktik yang sama. Perusahaan perusahaan ini sering bersaing untuk mendapatkan investor pada tingkat global.


Padahal tenaga akuntan di beberapa negara menggunakan akuntansi IFRS  bila membuat laporan keuangan. Negara-negara lain juga sedang dalam proses melaksanakan standar-standar ini. Maka dipastikan akan ada proses tambahan bagi investor untuk memahami laporan keuangan perusahaan yang berbasis di Amerika, karena sampai saat ini Amerika masih menggunakan GAAP (Generally Accepted Accounting Standard)

Perlu diketahui dengan mengikut standar IFRS maka akuntansi IFRS akan menyediakan tiga keuntungan kepada pengguna akhir laporan keuangan.

Akuntansi IFRS
IFRS, atau International Financial Reporting Standards, mengacu pada satu set standar akuntansi yang digunakan di beberapa negara. IASB, atau Dewan standar internasional akuntansi, bekerja untuk mengembangkan standar-standar ini, menciptakan pendekatan yang konsisten untuk pelaporan keuangan global. IASB bekerjasama dengan investor, auditor dan regulator di negara yang berbeda untuk menentukan kebutuhan setiap pengguna dan menggabungkan mereka kebutuhan standar. Keuntungan dari menerapkan standar-standar ini mencakup laporan keuangan dengan format konsisten , understandability dan keterbandingan secara global.

Format Laporan Keuangan
Perusahaan yang mengikuti standar IFRS menggunakan format yang serupa untuk laporan keuangan mereka. Investor yang membandingkan laporan keuangan dari perusahaan-perusahaan yang beroperasi di negara yang berbeda dapat mendapatkan laporan keuangan yang mirip. Marjin kotor, pendapatan operasi  dan laba bersih ada pada tempat yang sama pada laporan. Neraca, laporan arus kas dan laporan laba juga mengikuti format yang sama. Pengguna akhir menikmati keuntungan dalam mengevaluasi laporan keuangan yang mengikuti format yang serupa.

Understandability
Pengguna akhir juga menikmati keuntungan dari pemahaman keuangan data yang dikomunikasikan. Meskipun berasal dari sebuah negara  yang berbeda. Pedoman akuntansi IFRS memastikan bahwa semua perusahaan mengikuti pedoman yang sama. Ketika pengguna akhir memahami pedoman untuk sebuah perusahaan di suatu negara, dia bisa berasumsi bahwa semua perusahaan yang memakai standar IFRS mengikuti pedoman yang sama.

Keterbandingan Global
Pengguna akhir menuai keuntungan dari membandingkan laporan keuangan dari sebuah perusahaan di suatu negara untuk sebuah perusahaan di negara lain. Ia bisa mengakses laporan keuangan dalam bentuk hard copy atau secara elektronik melalui Internet. Pengguna akhir bisa membandingkan penghasilan bersih dan menghitung rasio keuangan untuk perusahaan yang berbeda

Search Term :

Tidak ada komentar :