Welcome to MAGISTER AKUNTANSI - The Perfect Partner For Your Business
Contact : Phone 0821-2566-2195 Wa 0821-2566-2195 Wisuda Magister Akuntansi Universitas Pancasila | Magister Akuntansi

Labels

Wisuda Magister Akuntansi Universitas Pancasila

Wisuda Magister Akuntansi Universitas Pancasila - Hallo sahabat Magister Akuntansi , Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Wisuda Magister Akuntansi Universitas Pancasila , kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Umum , yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Wisuda Magister Akuntansi Universitas Pancasila
link : Wisuda Magister Akuntansi Universitas Pancasila

Baca juga


Wisuda Magister Akuntansi Universitas Pancasila

Kamis, 6 Oktober 2016, Universitas Pancasila (UP) menyelenggarakan kegiatan Dies Natalis ke-50 dan Wisuda Semester Genap TA. 2015/2016, bertempat di Sentul International Convention Centre. Tahun ini, bersamaan dengan bertambahnya usia ke-50 tahun, sebanyak 1.711 mahasiswa siap menjalani wisuda. Jumlah tersebut menjadi rekor wisudawan terbanyak sejak UP berdiri, dan di usianya yang ke 50 tahun, Universitas Pancasila telah menghasilkan 52.000 alumnus, sementara itu sebanyak 13.000 mahasiswa aktif tengah mengenyam pendidikan diberbagai jenjang program studi. 

Alhamdulillah, penulis adalah salah satu yang diwisuda pada hari tersebut. Setelah berjuang menyelesaikan tesis yang berjudul " Investigasi Other Comprehensive Income Pada Sektor Industri Pertanian Psaka Implementasi IFRS 2012”. Pada Program Studi Magister Akuntansi Universitas Pancasila Angkatan X. Program studi yang sayangnya harus diselesaikan selama 8.5 semester dari target 4 semester.

WISUDA
WISUDA adalah suatu proses pelantikan kelulusan mahasiswa yang telah menempuh masa belajar pada suatu universitas. Biasanya prosesi wisuda diawali dengan prosesi masuknya rektor dan para pembantu rektor dengan dekan-dekannya guna mewisuda para calon wisudawan. Biasanya setelah acara selesai dilakukan acara foto-foto bersama dengan orang tua, teman-teman serta suami/istri dari wisudawan/wisudawati atau dengan pasangan wisudawan/wisudawati. Dilakukan biasanya setiap akhir semester dalam kalender akademik baik semester genap maupun semester gasal (ganjil). Pada wisuda biasanya memakai pakaian yang ditentukan, pakaian pria menggunakan hem putih dan celana hitam bersepatu hitam, pakaian wanita menggunakan kebaya tradisional tipis dengan kain jarik, tapi secara umum menggunakan baju toga.
Setelah kita berbicara tentang Wisuda panjang lebar, Taukah kita bagaimana sejarah dari Wisuda?
Ternyata sejarah wisuda mempunyai filsafat yang cukup panjang, dimulai dari sejarah toga.

Sejarah Toga

Kata toga berasal dari tego, yg dalam bahasa latin bermakna penutup. biarpun umumnya dikaitkan dengan bangsa romawi, toga sesungguhnya berasal dari sejenis jubah yang dikenakan oleh pribumi italia, yaitu bangsa etruskan yang hidup di italia sejak 1200 sm. kala itu, bentuk toga belum berbentuk jubah, namun sebatas kain sepanjang 6 meter yg cara menggunakannya sebatas dililitkan ke tubuh. walau tak praktis, toga adalah satu-satunya pakaian yg dianggap pantas waktu seseorang berada diluar ruangan untuk menutupi tubuh mereka.
Sejarah toga sesudah itu berkembang di romawi waktu toga dijadikan busana orang-orang romawi. waktu itu toga adalah pakaian berupa sehelai mantel wol tebal yang dikenakan sesudah mengenakan cawat atau celemek. toga diyakini telah ada sejak era numapompilius, raja roma yang kedua. toga ditanggalkan bila pemakainya berada di dalam ruangan, atau bila melakukan pekerjaan berat di ladang, tetapi toga dianggap satu-satunya busana yang pantas bila berada di luar ruangan.
Perihal ini terbukti dalam sesuatu cerita cincinnatu yang adalah seorang petani, waktu ia masih membajak ladangnya, ia kedatangan para utusan senat dengan tujuan untuk mengabari dirinya telah dijadikan diktator atau penguasa. diceritakan dalam riwayat itu, begitu cincinnatu lihat mereka, dia serta merta menyuruh isterinya mengambilkan pakaian toganya dari tempat tinggal untuk dikenakannya hingga utusan-utusan itu bisa disambut dengan layak. cerita tentang cincinnatu ini sebenarnya belum dapat diuji validitasnya, namun hadirnya cerita itu justru semakin menunjukkan sentimen penghormatan bangsa romawi terhadap toga.
tetapi, seiring berjalannya waktu, pemakaian toga untuk busana sehari-hari perlahan mulai ditinggalkan. namun tidak bermakna toga hilang begitu saja. sebab sesudah itu bentuknya dimodifikasi menjadi sejenis jubah. akhirnya modifikasi itu mengangkat derajat toga dari pakaian sehari-hari menjadi pakaian resmi seremonial yang mana diantaranya yakni seremonial wisuda.

Filosofi Pakaian dan Topi Toga saat wisuda

Setali tiga uang dengan sejarahnya yang panjang, toga pula memempunyai arti filosofis yang kental, salah satunya yakni arti warna hitam pada toga. mengapa toga justru memakai warna hitam yang sering diidentikkan dgn perihal yg misterius serta gelap. mengapa tidak warna putih yang menggambarkan kecerahan serta keindahan yang dipakai?
Ternyata pemilihan warna hitam gelap pada toga adalah simbolisasi yaitu misteri serta kegelapan telah berhasil dikalahkan sarjana waktu mereka menempuh pendidikan di bangku kuliahan, tak hanya itu sarjana pula diharapkan mampu menyibak kegelapan dgn ilmu pengetahuan yg selama ini didapat olehnya. warna hitam pula melambangkan keagungan, sebab itu, tak hanya sarjana, ada hakim serta separuh pemuka agama pula memakai warna hitam pada jubahnya.
Tak hanya warna pada jubah toga yang memuat filosofi mendalam, ternyata ada pula arti filosofis dari bentuk persegi pada topi toga. sudut-sudut persegi pada topi toga menyimbolkan yaitu seorang sarjana dituntut untuk berpikir rasional serta memandang segala sesuatu hal dari beraneka sudut pandang.
Dan juga apa arti dari seremoni kuncir tali di topi toga dipindah dari kiri ke kanan ? seremoni memindahkan kuncir tali toga yg semula berada dikiri menjadi kekanan ternyata berberarti yaitu waktu masa kuliah lebih banyak otak kiri yg digunakan semasa kuliah, diharapkan sesudah lulus, sarjana tak sebatas memakai otak kiri (hardskills) semata, tetapi pula dapat menggunakan otak kanan yang berhubungan dgn aspek kreativitas, imajinasi, serta inovasi, dan aspek softskills lainnya. |Sumber: id.wikipedia.org, viva.co.id
Penulis berharap setelah proses pendidikan s2 ini selesai ditempuh. Cita cita untuk melanjutkan s3 dapat terwujud dan menjadi dosen teladan dan terbaik bisa dicapai.



Demikianlah Artikel Wisuda Magister Akuntansi Universitas Pancasila

Sekianlah artikel Wisuda Magister Akuntansi Universitas Pancasila kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Wisuda Magister Akuntansi Universitas Pancasila dengan alamat link https://magisterakutansi.blogspot.com/2016/10/wisuda-magister-akuntansi-universitas.html

0 Response to " Wisuda Magister Akuntansi Universitas Pancasila "