Welcome to MAGISTER AKUNTANSI - The Perfect Partner For Your Business
Contact : Phone 0821-2566-2195 Wa 0821-2566-2195 Akuntan Publik, Apa Itu? | Magister Akuntansi

Labels

Akuntan Publik, Apa Itu?

Akuntan Publik, Apa Itu? - Hallo sahabat Magister Akuntansi , Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Akuntan Publik, Apa Itu? , kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel audit , Artikel profesi akuntansi , yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Akuntan Publik, Apa Itu?
link : Akuntan Publik, Apa Itu?

Baca juga


Akuntan Publik, Apa Itu?

Pernah dengar Akuntan Publik ? apa pengertian Akuntan publik ?

Akuntannya masyarakat yak? haha .. secara sederhana, akuntan publik adalah tukang periksa

Apa yang diperiksa? yang diperiksa adalah Laporan Keuangan Perusahaan

Lha terus mengapa laporan keuangan perusahaan harus diperiksa?


profesi akuntan publik
akuntan publik
Singkat cerita, perusahaan kan ada yang punya tuh, yang punya itu (pemilik/investor) menyuruh orang untuk menjalankan bisnis di perusahaannya, yang disuruh ini disebut manajemen,

Pemilik perusahaan tentunya perlu mengawasi dan butuh informasi semua tentang aktivitas yang dilakukan olah manajemen. manajemen lalu menyusun laporan keuangan yang berisi semua aktivitas aktivitas yang dia lakukan pada perusahaan tersebut sebagai pertanggung jawaban terhadap majikannya (pemilik perusahaan). 

Dalam laporan manajemen ini bisa saja pihak manajemennya nakal, jadi bisa ditipu tipu tuh yang punya duit, informasi yang diberikan tidak valid, atau tingkat kevaliditasnya diragukan. 

Untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan, biar tidak ditipu dengan laporan yang tidak sesuai, si pemilik perusahaan ini menyuruh orang buat memeriksa laporannya itu, untuk memastikan bahwa laporan yang dibuat oleh manajemen ini wajar atau tidak wajar, merugikan dia apa tidak, dan orang atau lembaga yang disuruh meriksa laporan keuangan ini adalah Akuntan Publik 

Akuntan publik ini merupakan bagian dari jenis profesi akuntansi, orangnya disebut auditor, nah tempat kerja auditor jenis ini ada di Kantor Akuntan Publik ( KAP )

Seorang profesi akuntan publik harusnya independen, harus netral, agar pemeriksaannya benar benar sesuai dengan kaidah yang ada, kalau auditor nyerong ke pihak manajemen bisa bahaya tuh. bisa main main nantinya, jadi biasanya harus independen, biar bisa dipercaya itu laporan

Wah lumayan panjang juga ya ceritanya...  mohon maklum saya tidak pandai mengarang
Tentang akuntan publik sebenarnya sudah ada yang mengatur

Berikut saya tulisakan mengenai pengertian akuntan publik

Pengertian Akuntan Publik


Akuntan Publik adalah seorang akuntan yang mendapatkan ijin dari Menteri Keuangan guna memberikan layanan jasa akuntan publik di Indonesia. Ketentuan ini telah diatur didalam UU No 5 th 2011 tentang Akuntan Publik dan juga Permenkeu No 17/PMK01/2008 mengenai Jasa Akuntan Publik. Seorang Akuntan harus menjadi anggota Institut Akuntan Publik Indonesia sebagai asosiasi profesi profesi akuntan publik yang telah diakui oleh pemerintah agar bisa mengaudit laporan keuangan.

Standar Pelaporan Akuntan Publik
  • Laporan wajib menyatakan, apakah suatu laporan keuangan yang diperiksa sesuai dengan prinsip akuntansi keuangan yang berlaku umum.
  • Pengunkapan informasi pada laporan keuangan harus dipandang memadai, kecuali jika dinyatakan lain didalam lporan auditor.
  • Laporan harus menyatakan dan menunjukkan apabila ada ketidak-konsistenan dalam menerapkan prinsip akuntansi didalam penyusunan sebuah laporan keuangan pada periode yang sedang berjalan yang dibandingkan periode terdahulu
  • Laporan audit harus terdapat suatu pernyataan pendapat tentang laporan yang diperiksa secara menyeluruh. apabila tidak memberikan pendapat atas laporan keuangan, maka alasan tidak memberikan pendapat itu harus disertakan. Laporan auditor juga harus terdapat petunjuk jelas mengenai sifat pekerjaan audit yang dijalankan/dilaksanakan apabila ada dan tingkatan tanggung jawab yang dimiliki/dipikul oleh auditor.

Peranan Akuntan Publik


Berikut beberapa peranan seorang akuntan publik
  • Mengendalikan serta mengarahkan dengan efektif sumber daya yang dimiliki perusahaan.
  • Memberikan keputusan yang terkait dengan penggunaan sumber daya termasuk didalamnya mengidentifikasi bidang keputsuan rumit serta penetapan tujuuan dan sasaran entitas.
  • Memberikan laporan atas kepemilikan sumber daya yang dimiliki/dikuasai oleh entitas/organisasi.

Nah sekian dulu ya sekilas tentang Akuntan Publik, semoga bisa memberikan gambaran dan bermanfaat




Demikianlah Artikel Akuntan Publik, Apa Itu?

Sekianlah artikel Akuntan Publik, Apa Itu? kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Akuntan Publik, Apa Itu? dengan alamat link https://magisterakutansi.blogspot.com/2014/09/akuntan-publik-apa-itu.html

0 Response to " Akuntan Publik, Apa Itu? "