Bagaimana Cara Mencegah Kecurangan Laporan Keuangan


Mimpi terburuk seorang pemilik bisnis adalah bila orang kepercayaan yang memegang uang melakukan kecurangan. Sayangnya, pemilik bisnis, waktunya sering disibukkan dengan mengelola karyawan, layanan pelanggan dan penjualan sedangkan transaksi harian yang sebagian besar tanggung jawab keuangan dipercayakan kepada orang lain. Namun, sekali seorang pengusaha telah menjadi korban penipuan ia mencari cara untuk mencegah situasi yang sama terjadi di masa depan. Sistem kontrol internal yang kuat membantu perusahaan-perusahaan yang mencegah karyawan  melakukan penipuan.


Langkah 1
Mendidik manajemen untuk mengetahui tiga indikator penipuan. Menurut para pakar, penipuan laporan keuangan melibatkan penerbitan informasi palsu yang disengaja dari laporan keuangan. Untuk membantu mencegah kegiatan penipuan, manajemen harus menerapkan
kontrol internal,  dan mengetahui pada situasi apa kecurangan bisa terjadi. Orang melakukan penipuan ketika ada situasi yang menekan umumnya tekanan keuangan keuangan, serta ketika ada  kesempatan untuk melakukan penipuan dan pada kondisi pelaku mudah merasionalisasi aktivitas penipuan.

Langkah 2
Memisahkan fungsi akuntansi. Salah satu faktor utama dari sistem pengendalian internal yang efektif adalah pemisahan tugas. Manajemen membantu  mencegah terjadi kecurangan dengan mengurangi insentif terjadinya penipuan. Satu insentif, yaitu kesempatan untuk melakukan penipuan, berkurang ketika fungsi akuntansi dipisahkan. Buat aturan pemisahan tugas, memisahkan fungsi pencatatan, otorisasi dan review  proses akuntansi. Untuk memisahkan tugas, mesti ada lebih dari satu orang dalam proses penyusunan laporan keuangan. Oleh karena itu, setiap penipuan terjadi dua karyawan harus berkolusi untuk melakukannya.

Langkah 3
Membangun lingkungan pengendalian yang kokoh. Lingkungan pengendalian yang kokoh, harus disuarakan dari jajaran atas ,  manajemen atas mesti menjadi contoh untuk menunjukkan perilaku beretika. Hal ini akan berdampak pada jajaran bawah.  Managemen harus menetapkan dan yang pertamakali mematuhi seperangkat kebijakan tertulis. Kebijakan harus ringkas dan termasuk mesti ada konsekuensi ketika prosedur  tidak ditaati. Selain itu, salah satu cara termudah untuk membangun kondisi yang kondusif sebuah organisasi adalah  mempekerjakan karyawan yang jujur sejak awal.

Langkah 4
Memulai pemeriksaan tahunan laporan keuangan oleh pihak luar. Dalam banyak kasus, manajemen adalah pihak yang melakukan penipuan. Manajemen mungkin merasa tertekan untuk memenuhi tujuan keuangan perusahaan atau mungkin menerima insentif jika tujuan-tujuan tertentu terpenuhi. Untuk membantu mencegah manajemen terlibat dalam  penyesuaian untuk laporan keuangan yang terlalu agresif, gunakan pihak independen untuk memeriksa laporan keuangan secara tahunan. Melibatkan auditor untuk melakukan review laporan keuangan akan menakuti karyawan dari menyajikan laporan keuangan yang salah secara sadar.

Search Term :

Tidak ada komentar :