Welcome to MAGISTER AKUNTANSI - The Perfect Partner For Your Business
Contact : Phone 0821-2566-2195 Wa 0821-2566-2195 Akuntan, Akankah Tergantikan Kecerdasan Buatan dan Mahadata | Magister Akuntansi

Labels

Akuntan, Akankah Tergantikan Kecerdasan Buatan dan Mahadata

Akuntan, Akankah Tergantikan Kecerdasan Buatan dan Mahadata - Hallo sahabat Magister Akuntansi , Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Akuntan, Akankah Tergantikan Kecerdasan Buatan dan Mahadata , kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel AI , yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Akuntan, Akankah Tergantikan Kecerdasan Buatan dan Mahadata
link : Akuntan, Akankah Tergantikan Kecerdasan Buatan dan Mahadata

Baca juga


Akuntan, Akankah Tergantikan Kecerdasan Buatan dan Mahadata






Sahabat sudah pada tahu memahami AI (Artificial Intelligence) ? Mungkin sahabat-sahabat telah pada tahu. Sahabat mungkin juga telah menonton film Terminator, dimana ceritanya mengenai dunia yang saat itu dikuasai oleh kecerdasan buatan. Namun mungkin tidak akan sedramatis di film tersebut ya Sob :D, akan tetapi namun calon Akuntan tak boleh abai terhadap perkembangan zaman.

Baiklah yuk kita mulai, pertama-tama, apa itu AI (Artificial Intelligence) ?  H. A.  Simon (1987) berpendapat bahwa, kecerdasan buatan (artificial intelligence) adalah area penelitian, aplikasi dan instruksi yang terkait dengan pemrograman komputer untuk melakukan sesuatu hal yang - pada pandangan manusia adalah- cerdas. Selain itu, Rich and Knight (1991) berpendapat bahwa, kecerdasan buatan (AI) merupakan sebuah studi tentang bagaimana membuat komputer melakukan hal-hal yang pada saat ini dapat dilakukan lebih baik oleh manusia.

Sangking pintarnya, ada kepercayaan bahwa AI akan menggantikan role Akuntan… Bahkan, suatu kalkulator NPR buatan American Media Association, menggunakan data riset dari University of Oxford, menyimpulkan bahwa Akuntan memiliki 95 % resiko akan kehilangan pekerjaannya pada saat Mesin mulai mengambil alih kegiatan mengolah angka dan analisa data.

Demikian juga dengan kegiatan administratif yang juga berdekatan dengan kerja Akuntan, yaitu tata buku (Bookeeping), yang menurut kalkulator ini akan mengalami 97,6% pekerjaannya terotomasi oleh mesin dengan kecerdasan buatan . Dengan pesatnya perkembangan dari AI itu sendiri, Google percaya bahwa robot akan sudah mampu mengimbangi kecerdasan manusia di tahun 2029. Gartner, sebuah perusahaan penelitian teknologi informasi dan advisory, memprediksi bahwa 1/3 pekerjaan di bumi ini akan digantikan oleh Robot pada tahun 2025. Apakah benar Artificial Intelligence sungguh semenakutkan itu ? Benarkah Akuntan berada pada salah satu list pekerjaan yang akan digantikan oleh penggunaan Kecerdasan buatan ?

Ketika disuguhkan pertanyaan, “Akankah kecerdasan buatan mengurangi demand atas Akuntan ?”, Richard Anning, Head of IT Faculty of ICAEW, dengan tegas mengiyakan pertanyaan tersebut, namun, harus didefinisikan terlebih dahulu apa itu Akuntan dalam pertanyaan tadi. Jika kita mendefinisikan akuntan sebagai seseorang yang mengerjakan pekerjaan tatabuku atau mengerjakan proses tugas yang berulang, maka jawabannya adalah Yes, karena pekerjaan tersebut lebih rentan terotomatisasi dibandingan dengan tugas-tugas lainnya. Ada secercah harapan dari jawaban tersebut, tetapi akuntan diharapkan bisa membekali dirinya untuk pengerjaan tugas-tugas yang lebih kompleks, dan tak rentan di otomatisasi oleh mesin dan kecerdasan buatan. Akuntan diharapkan tak perkembangan zaman, tetapi justru menjadikan kecerdasan buatan ini sebagai momentum untuk memperbaiki metode kerja, kita harus lebih mengotomasi pekerjaan yang bersifat repetitif, dan lebih memfokuskan diri untuk mengolah data keuangan, untuk menciptakan nilai dan saran-saran rekomendasi-rekomendasi yang menguatkan bisnis bagi klien-klien kita.

Pasarkan diri kita sebagai seseorang yang paham dan menguasai masa depan, tidak sebagai seseorang yang bertahan, untuk dieliminasi oleh mesin. Seorang akuntan diharapkan dapat membangun hubungan yang akrab dengan kliennya, dan menjadikan dirinya lebih dari sekedar human calculator yang akan membuat Akuntan tidak tergantikan fungsinya.

Untuk itu, kita sebagai akuntan harus lebih peka terhadap perkembangan zaman, selalu mengupdate diri dengan perkembangan zaman

Pekerjaan-pekerjaan rutin dan berulang mungkin perlahan akan tergantikan oleh mesin, namun tidak sepenuhnya fungsi akuntan akan tergantikan, fungsi Akuntan cukup luas, tidak hanya menyiapkan laporan keuangan, namun juga lebih kepada kesimpulan dari angka dalam laporan keuangan itu, memberikan solusi dan saran kepada permasalahan klien, dan menjalin hubungan baik dengan klien, yang tidak akan mudah tergantikan oleh mesin. Karenanya akuntan juga dituntut untuk mengembangkan dirinya, mengikuti sertifikasi-sertifikasi profesi akuntansi, dan terus meningkatkan value diri kita.



Demikianlah Artikel Akuntan, Akankah Tergantikan Kecerdasan Buatan dan Mahadata

Sekianlah artikel Akuntan, Akankah Tergantikan Kecerdasan Buatan dan Mahadata kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Akuntan, Akankah Tergantikan Kecerdasan Buatan dan Mahadata dengan alamat link https://magisterakutansi.blogspot.com/2020/02/akuntan-akankah-tergantikan-kecerdasan_44.html

0 Response to " Akuntan, Akankah Tergantikan Kecerdasan Buatan dan Mahadata "