Standar Profesi Akuntan Publik (SPAP)

SPAP merupakan kumpulan berbagai pernyataan standar teknis dan aturan etika yang memiliki kekuatan hukum yang digunakan Akuntan Publik sebagai panduan dalam melakukan tanggung jawabnya. SPAP ini dikeluarkan oleh Dewan Standar Profesional Akuntan Publik Institut Akuntan Publik Indonesia atau DSPAP IAPI.

Sebelumnya akuntan publik di Indonesia bernaung dalam Ikatan Akuntan Indonesia – Kompartemen Akuntan Publik (IAI-KAP). Kemudian pd tgl 24 Mei 2007 berdiri Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI) dan berdasarkan PMK No. 17/PMK.01/2008 tentang Jasa Akuntan Publik, MenKeu mewajibkan seluruh akuntan publik utk menjadi anggota Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI).


SPAP tidak akan terlepas dari etika. Apalagi profesi akuntan publik adalah profesi yang memerlukan tingkat kepercayaan yang tinggi dari publik. SPAP berfungsi sebagai landasan bagi akuntan publik dalam merencanakan, melakukan aktivitas dan melaporkan hasil pekerjaannya

Dengan adanya SPAP, Akuntan Publik dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan memiliki arah yang jelas.

SPAP terdiri dari 5 (lima) standar :
  1. Standar Auditing
  2. Standar Atestasi
  3. Standar Jasa Akuntansi
  4. Standar Jasa Konsultansi
  5. Standar Pengendalian Mutu Kantor Akuntan Publik


Standar Auditing
Standar Auditing adalah panduan audit atas laporan keuangan historis yang terdiri dari 10 standar. Sepuluh standar ini terbagi menjadi standar umum, standar pekerjaan lapangan dan standar pelaporan. Standar Auditing juga dirinci dalam bentuk Pernyataan Standar Auditing (PSA). Jadi, PSA ini merupakan penjabaran yang lebih rinci dari Standar Auditing

Standar Atestasi.
Standar Atestasi adalah suatu pernyataan pendapat dari seseorang yang independen dan kompeten yang menyatakan apakah asersi suatu entitas telah sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan. Standar atestasi ini terdiri dari 11 standar dan dirinci juga dalam bentuk Pernyataan Standar Atestasi (PSAT). Seperti sebelumnya, PSAT ini merupakan penjabaran dari Standar Atestasi. Standar atestasi ini terbagi menjadi tiga tipe yaitu pemeriksaan, review, dan prosedur yang disepakati

Standar Jasa Akuntansi dan Review
Standar ini memberikan rerangka untuk fungsi non-atestasi bagi jasa akuntan publik yang mencakup jasa akuntansi dan review Standar ini juga dirinci dalam bentuk Pernyataan Standar Jasa Akuntansi dan Review (PSAR)

Standar Jasa Konsultansi
Standar Jasa Konsultasi ini merupakan panduan bagi akuntan publik yg menyediakan jasa konsultasi bagi kliennya melalui KAP. Dalam jasa konsultansi, para akuntan publik menyajikan temuan, kesimpulan dan rekomendasi. Sifat dan lingkup pekerjaan jasa konsultansi ini ditentukan oleh perjanjian antara akuntan publik dengan kliennya. Umumnya, pekerjaan jasa konsultasi dilaksanakan untuk kepentingan klien. Jasa konsultasi ini dapat berupa jasa pemberian saran profesional, jasa produk, jasa transaksi, jasa implementasi, dan sebagainya

Standar Pengendalian Mutu Kantor Akuntan Publik

Standar ini memberikan panduan bagi kantor akuntan publik dalam melaksanakan pengendalian kualitas jasa yang dihasilkan oleh kantornya dengan mematuhi berbagai standar Standar tersebut diterbitkan oleh DSPAP IAPI dan Aturan Etika Kompartemen Akuntan Publik yang diterbitkan oleh IAPI
Search Term :

Tidak ada komentar :