Grand Theory

Hasil gambar untuk grand theory    Grand Theory adalah Landasan teoritis yang merupakan panduan guna mendapatkan arah yang tepat dalam melakukan suatu penelitian ilmiah, sehingga dalam menelaah pustaka dan literatur yang ada akan mendapatkan teoritikal dasar dan empirik yang kuat untuk menyusun hipotesis dan pengembangan model penelitian yang diinginkan oleh peneliti.


Secara umum ada 2 grand theory yang sering digunakan dalam penelitian di dunia penelitian keuangan yaitu 

1 Agency Theory (Teori Keagenan)
Agency theory yang dikembangkan oleh Jensen, M. C, and W. H. Meckling (1976). Menurut Brigham (2011), teori ke agenan merupakan basis teori yang mendasari praktik bisnis perusahaan selama ini. Teori tersebut berakar dari sinergi teori ekonomi, teori keputusan, sosiologi, dan teori organisasi. Prinsip utama teori ini menyatakan adanya hubungna kerja antara pihak yang memberi wewenang yaitu investor dengan pihak yang menerima wewenang (agensi) yaitu manajer. Pemisiahan pemilik dan manajemen di dalam literatur akuntansi disebut dengan Agency Theory (teori keagenan). Teori ini merupakan salah satu teori yang muncul dalam perkembangan riset akuntansi yang merupakan modifikasi dari perkembangan model akuntansi keuangan dengan menambahkan aspek prilaku manusia dalam model ekonomi. Teori agensi mendasarkan hubungan kontrak antara pemegang saham/pemilik dan manajemen/manajer. Menurut teori ini hubungan antara pemilik dan manajer pada hakekatnya sukar tercipta karena adanya kepentingan yang saling bertentangan. Dalam teori keagenan (agency theory), hubungan agensi muncul ketika satu orang atau lebih (principal) memperkerjakan orang lain (agent) untuk memberikan suatu jasa dan kemudian mendelegasikan wewenang pengambilan keputusan kepada agent tersebut. Hubungan antara principal dan agent dapat mengarah pada kondisi ketidakseimbangan informasi (asymetric information) karena agent berada pada posisi yang memiliki informasi yang lebih banyak tentang perusahaan dibandingkan dengan principal. Dengan asumsi bahwa individu-individu bertindak untuk memaksimalkan kepentingan diri sendiri, maka dengan informasi asimetri yang dimilikinya akan mendorong agent untuk menyembunyikan beberapa informasi yang tidak diketahui principal. Dalam kondisi yang asimetri tersebut, agent dapat mempengaruhi angka-angka akuntansi yang disajikan dalam laporan keuangan dengan cara melakukan manajemen laba.

2 Signaling Theory

Menurut Brighanm (2011) Signaling Theory adalah suatu tindakan yang diambil manajemen suatu perusahaan yang memberi petunjuk bagi investor tentang bagaimana manajemen memandang prospek perusahaan. Perusahaan dengan prospek yang menguntungkan akan mencoba menghindari penjualan saham dan mengusahakan setiap modal baru yang diperlukan dengan cara-cara lain, termasuk penggunaan hutang.

Signaling Theory mengemukakan tentang bagaimana seharusnya sebuah perusahaan memberikan sinyal kepada pengguna laporan keuangan. Sinyal ini berupa informasi mengenai apa yang sudah dilakukan oleh manajemen untuk merealisasikan keinginan pemilik. Sinyal dapat berupa promosi atau informasi lain yang menyatakan bahwa perusahaan tersebut lebih baik daripada perusahaan lain. Teori sinyal menjelaskan bahwa pemberian sinyal dilakukan oleh manajer untuk mengurangi asimetri informasi. Manajer memberikan informasi melalui laporan keuangan bahwa mereka menerapkan kebijakan akuntansi konservatisme yang menghasilkan laba yang lebih berkualitas karena prinsip ini mencegah perusahaan melakukan tindakan membesar besarkan laba dan membantu pengguna laporan keuangan dengan menyajikan laba dan aktiva yang berkualitas. 
Search Term :

144 komentar :

hutri agustin mengatakan...

Pak mohon maaf, kalau grand theory yang cocok untuk penelitian penyusutan aktiva tetap berdasarkan peraturan pajak apa yah?? Di tunggu masukannya pak, makasih

Ickhsanto Wahyudi mengatakan...

Signaling

Prasetyo Budi mengatakan...

hub nya signyaling dgn penyusutan aset tetap apa ya pak

Ickhsanto Wahyudi mengatakan...

Pada dasarnya signaling memberikan sinyal sinyal bagi investor.
Penyusutan aktiva tetap yang sesuai peraturan pajak pasti memberikan sinyal bagi investor.

Apakah sinyal itu signifikan atau tidak. itu persoalan lain.

Rolan Wirahmat mengatakan...

pak mohon bertanya
kalo teori yang cocok untuk penelitian "Fraud Diamond" atau berlian kecurangan apa ya?
terima kasih

Ickhsanto Wahyudi mengatakan...

GONE theory. Menurut Bologna dalam Lisa (2013), GONE theory memiliki empat komponen yaitu Greeds
(keserakahan) adalah berkaitan dengan adanya perilaku serakah yang secara potensial ada di dalam diri setiap
orang. Opportunities (kesempatan) berkaitan dengan keadaan organisasi, instansi atau masyarakat yang
sedemikian rupa, sehingga terbuka kesempatan bagi seseorang untuk melakukan kecurangan. Needs
(kebutuhan) adalah berkaitan dengan faktor-faktor yang dibutuhkan oleh individu-individu untuk menunjang
hidupnya yang wajar. Exposures (pengungkapan) adalah berkaitan dengan tindakan atau konsekuensi yang
dihadapi oleh pelaku kecurangan apabila pelaku diketemukan melakukan kecurangan.

Risky Pamulina mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Risky Pamulina mengatakan...

Pak mohon maaf, saya ingin bertanya
Grand theory yang cocok untuk penelitian pengaruh tingkat kesehatan keuangan perusahaan asuransi terhadap peningkatan pendapatan premi,apa ya?
Terima kasih

oppi kurniasari mengatakan...

pak mohon maaf untuk literasi keuangan sebaiknya menggunakan grand theory apa ya pak?

Rangga Pradja mengatakan...

pak mohon maaf mau bertanya untuk grand theory penelitian risk dan return yang cocok apa ya? terimakasih

Ickhsanto Wahyudi mengatakan...

untuk penelitian pengaruh tingkat kesehatan keuangan perusahaan asuransi terhadap peningkatan pendapatan premi,apa ya? Signaling yang pas. Jika perusahaan keuangannya sehat akan memberikan signal signal yang positif bagi konsumen

Ickhsanto Wahyudi mengatakan...

untuk literasi keuangan

TEORI AKUNTANSI POSITIF
Watts dan Zimmerman (1986 : 5), penggagas Teori Akuntansi Positif, menyatakan bahwa tujuan dari teori akuntansi adalah untuk menjelaskan (to explain) dan memprediksi (to predict) praktik- praktik akuntansi. Arti dari menjelaskan adalah menyediakan alasan-alasan untuk praktik akuntansi yang dapat diobservasi, sedangkan arti dari memprediksi adalah bahwa teori akuntansi dapat memprediksi fenomena yang tidak terobservasi. menghubungkan konsep-konsep dalam bentuk hipotesis yang akan diuji. Lebih lanjut, mereka menyatakan bahwa teori sebaiknya dibangun oleh para akademisi, bersumber pada bukti empiris yang memiliki kekuatan untuk mampu memprediksi. Teori yang tidak dibangun atas dasar tersebut di sebut Watts dan Zimmerman (1986 :4) sebagai ‘child’s theory’ yang melakukan generalisasi tanpa pengalaman riset saintifik.

Ickhsanto Wahyudi mengatakan...

untuk risk and return

Signaling theory
Reaksi pasar ditunjukkan dengan adanya perubahan harga saham pada
waktu informasi diumumkan dan semua pelaku pasar sudah menerima
informasi tersebut, dimana pelaku pasar terlebih dahulu menginterpretasikan
dan menganalisis informasi tersebut sebagai sinyal baik ( good news ) atau
sinyal buruk ( bad news ). Jika pengumuman informasi tersebut sebagai
sinyal baik bagi investor, maka terjadi perubahan dalam harga saham saham,
dimana harga saham menjadi naik.

Enny Jurisly mengatakan...

mohon pencerahan pak grand theory yang cocok untuk analisis akuntabilitas,transparansi,partisipasi kinerja pengelolaan dana desa apa ya pak? selain teory agency dan good goernance

Rifqi Al Habib mengatakan...

Pengaruh literasi keuangan, penggunaan informasi akuntansi, dan orientasi wirausaha terhadap kinerja UKM, teori apa yg pas ya pak untuk penelitian tersebut?

Nuel Purba mengatakan...

Selamat Pagi Pak, saya minta tolong arahan bapak mengenai grand theory yang cocok untuk penelitian saya yang berjudul "pengaruh inflasi, nilai tukar rupiah dan jumlah pengusaha kena pajak terjadap penerimaan pajak pertambahan nilai" apa ya pak?
Terimakasih sebelumnya pak.

Ickhsanto Wahyudi mengatakan...

Teori Akuntabilitas Korporasi ( Corporate Accountability Theory)
Menurut teori ini, perusahaan harus bertanggung jawab atas semua konsekuensi yang ditimbulkan baik sengaja maupun tidak sengaja kepada para pemangku kepentingan (stakeholder). Secara teori tersebut menyatakan CSR tidak hanya sekedar aktivitas kedermawanan (charity) atau aktivitas saling mengasihi (stewardship) yang bersifat sukarela kepada sesame seperti yang dipahami para pebisnis selama ini, tetapi juga harus dipahami sebagai suatu kewajiban asasi yang melekat dan menjadi “roh kehidupan” dalam sistem serta praktik bisnis. Alasannya, CSR merupakan konsekuensi logis dari adanya hak asasi yang diberikan Negara kepada perusahaan untuk hidup dan berkembang dalam suatu area lingkungan. Jika tidak ada keselarasan antara hak dan kewajiban asasi perusahaan, dalam area tersebut akan hidup dua pihak yaitu, gainers (perusahaan) dan losers yaitu masyarakat (Dellaportas,dkk,2005) dalam Andreas Loko (2011: 5 ).

teori akuntabilitas bagian dari agency theori

Ickhsanto Wahyudi mengatakan...

Teori Literasi keuangan

Menurut Mason & Wilson (2000), financial literacy is a “ meaning – making process “ in which individuals use a combination of skills, resources, and contextual knowledge to process information and make decisions with knowledge of the financials consequences of that decision. Dari pengertian yang disampaikan di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa financial literacy adalah pengambilan keputusan individu yang menggunakan kombinasi dari beberapa keterampilan, sumber daya, dan pengetahuan kontekstual untuk mengolah informasi dan membuat keputusan berdasarkan dengan resiko financial dari keputusan tersebut.

Ickhsanto Wahyudi mengatakan...

kalau pajak biasanya teori keadilan hukum, kadang kadang Teori Tujuan Hukum, Teori Kepatuhan.

Unknown mengatakan...

mohon maaf pak mau tanya kira-kira grand theory yang cocok untuk judul pengaruh perilaku kewirausahaan dan produk kualitas terhadap laba perusahaan itu apa ya? terimakasih atas bantuannya.

alvani armi mengatakan...

Mohon maaf pak mau tanya kira kira grand theory untuk judul analisis penerapan akuntansi lingkungan apa ya pak? Terimakasih atas bantuannya

Ickhsanto Wahyudi mengatakan...

kalau terkait laba perusahaan tidak jauh dari teori signaling.

Salah satu cara untuk mengurangi asimetri informasi adalah dengan memberikan sinyal pada pihak luar, salah satunya berupa informasi keuangan yang dapat dipercaya dan akan mengurangi ketidakpastian mengenai prospek perusahaan yang akan datang (Wolk et al, 2000).

Ickhsanto Wahyudi mengatakan...

Untuk Akuntansi lingkungan

Tanggung jawab perusahaan merupakan suatu hal yang
penting untuk dibahas sebelum pembahasan mengenai laporan
pertanggungjawaban. Akan tetapi, sebelum membahas tanggung
jawab perusahaan perlu kiranya membahas perusahaan bisnis. Ada
beberapa teori yang dapat menjelaskan keberadaan perusahaan,
antara lain concession theory dan agency theory.
Menurut pandangan concession theory, pada dasarnya
perusahaan eksis karena konsesi atau hak istimewa yang diberikan
oleh negara (Deegan, 2004:193). Dengan demikian, perusahaan ada
karena negara memberikan hak atau konsesi untuk menjalankan
usaha di suatu negara, dampaknya adalah kepentingan individu
atau kelompok tertentu berada di bawah kepentingan publik. Hal ini
mempengaruhi tanggung jawab perusahaan. Perusahaan
bertanggung jawab tidak hanya kepada pemilik dan kreditor, tetapi
juga kepada publik.

Herni Dhani312 mengatakan...

Selamat pagi pak, mohon maaf pak saya mau tanya grand theory apa yang cocok untuk analisa pengaruh integritas kompetensi auditor dan skeptisism
e profesional auditor terhadap kualitas audit.

Ickhsanto Wahyudi mengatakan...

Kualitas audit tidak dapat dipisahkan dari teori keagenan (agency theory )

Teori keagenan yang dikembangkan oleh Jensen dan Meckling (1976) dan Ng (1978) dalam Mardiyah (2005) mencoba menjelaskan adanya konflik kepentingan antara manajemen selaku agen dan pemilik serta entitas lain dalam kontrak (misal kreditur) selaku prinsipal. Prinsipal ingin mengetahui segala informasi termasuk aktifitas manajemen, yang terkait dengan investasi atau dananya dalam perusahaan. Hal ini dilakukan dengan meminta laporan pertanggungjawababan dari agen (manajemen). Berdasarkan laporan tersebut, prinsipal dapat menilai kinerja manajemen. Namun yang seringkali terjadi adalah kecenderungan manajemen untuk melakukan tindakan yang membuat laporannya kelihatan baik, sehingga kinerjanya dianggap baik

Anonim mengatakan...

Malam pak, mau minta tolong untuk arahannya pak mengenai grand theori yang cocok untuk analisi pengaruh e-wom terhadap keputusan pembelian konsumen kira-kira apa ya pak? terima kasih.

Ramdoni RDI mengatakan...

selamat pagi pak, pak mau minta saran untuk grand theory yng cocok untuk aduit manajemen apa ya?
terimakasih.

Ickhsanto Wahyudi mengatakan...

Kalau Audit umumnya agency theory

Tita Mutia mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Tita Mutia mengatakan...

Selamat malam pak, mohon sarannya, grand theory untuk penelitian pengaruh kecerdasan emosional dan ketersediaan sarana pendidikan terhadap pemahaman mahasiswa terhadap ifrs apa ya pak, terimakasih.
Salam...

Sugi Yanto mengatakan...

pak mau tanya untuk pengendalian internal terhadap efektifitas biaya marketing ini masuknya grand teori apa ya ? mohon pencerahanya
terima kasih

Ickhsanto Wahyudi mengatakan...

Dear Tita. dari judulnya sepertinya ke teori IQ SQ dan EQ serta teori motivasi belajar

Tita Mutia mengatakan...

Terimakasih pak ickhsanto atas pencerahannya

Ickhsanto Wahyudi mengatakan...

Dear Sugiyanto. teori stakeholder bisa dipakai.

Arthur Pontoh mengatakan...

Selamat siang pak, minta sarannya pak kalau pengaruh kompetensi dan sistem akuntansi instansi terhadap kualitas laporan keuangan dana dekonsentrasi bagusnya grand teori nya apa pak? trima kasih seblumnya pak

Ickhsanto Wahyudi mengatakan...

Dear Arthur'
Teori kegunaan Informasi (Decision-Usefulness Theory) bisa digunakan
Penelitian ini menggunakan teori kegunaan informasi (decision-usefulness
theory). Orang pertama yang menggunakan paradigma kegunaan keputusan
(decision usefulness) adalah Chambers. Ia mengatakan sebagai berikut:
Oleh karenanya, akibat yang wajar dari asumsi manajemen rasional adalah
bahwa seharusnya ada sistem yang menyajikan suatu informasi; seperti
sistem yang diperlukan baik untuk dasar pembuatan keputusan atau dasar
untuk memperoleh kembali konsekuensi keputusan. Sistem yang
menyajikan informasi secara formal akan menyesuaikan dengan dua dalil
umum. Pertama adalah kondisi dari setiap wacana ilmiah, system
seharusnya secara logika konsisten; tidak ada aturan atau proses yang
dapat bertentangan dengan setiap aturan atau proses lainnya. Kedua
muncul dari pemakai laporan akuntansi sebagai dasar pembuatan
keputusan dari konsekuensi praktik, informasi yang dihasilkan oleh setiap
sistem seharusnya relevan dengan berbagai bentuk pembuatan keputusan
yang diharapkan dapat digunakan (dalam Belkoui, 2001)

Arthur Pontoh mengatakan...

Trima kasih pak atas saranya.

Sugi Yanto mengatakan...

Terima kasih pak pencerahanya.
sangat membantu

Sisilia Eva mengatakan...

Selamat pagi pak, saya mau bertanya tentang grand teori yang cocok untuk judul "analisis biaya kualitas terhadap profitabilitas (studi kasus di perbankan)". terima kasih sebelumnya :D

safi yulloh mengatakan...

assalamualaikum, mohon maaf sebelumnya saya ingin bertanya kalau grand teory yang pas buat menganalisi kondisi keuangan suatu daerah apa??

ada kemren saya baca-baca artikel katanya demmand and suplly oleh Ohls dan wales. tapi saya browsing kok gak ada???
mohon sarannya

Mochamad Avid Ismail mengatakan...

Hallo pak, saya mau tanya kalo grand teori minat berwirausaha pake teori yg mana yah pak? Terimakasih sebelumnya

Ickhsanto Wahyudi mengatakan...

Buat Sisilia Eva

Stewardship theory adalah grand theory dalam penelitian ini. Teori
stewardship adalah teori yang dicetuskan oleh Donaldson dan Davis, teori ini
menjelaskan keadaan dimana manajer (steward) mengesampingkan kepentingan
pribadinya untuk mencapai tujuan organisasi dan bertindak sesuai dengan
keinginan pemilik (principal), (Riyadi dan Agung, 2014)

Ickhsanto Wahyudi mengatakan...

Buat Safi yulloh

Grand theory yang mendasari penelitian ini adalah bagian dari agency theory
yaitu stewardship theory (Donaldson et all, 1991) dengan judul “Toward A
Stewardship Theory Of Management”.

Ickhsanto Wahyudi mengatakan...

Buat Mochammad Avid Ismail

teori Motivasi bisa digunakan

Kusuma Dewi mengatakan...

mohon maaf pak saya inging bertanya, grand theory yang cocok untuk judul skripsi terhadap akuntabilitas kinerja instansi pemerintah pakai theory yang mana yaa pak

Nursiti Nungsee mengatakan...

selamat malam pak, saya mau tanya kalau grand teory yang cocok untuk pengaruh penyusutan aktiva tetap terhadap laba melalui modal kerja apa ya pak? terimakasih

Ickhsanto Wahyudi mengatakan...

Buat kusuma dewi : terkait akuntabiltas kinerja instansi pemerintah umumny amenggunakan agency theory bisa di perdalam dengan theory stewardship

Ickhsanto Wahyudi mengatakan...

Buat nursiti : Kalau terkait laba yang umum digunakan adalah signaling theory

elizadeis mengatakan...

Selamat siang Pak, mohon saran untuk judul skripsi pengaruh kompetensi, pengalaman kerja dan etika auditor terhadap kualitas audit sebuah instansi pemerintah, sebaiknya menggunakan grand theory apa Pak? terima kasih

reta mengatakan...

Selamat sore pak, saya mau bertanya.. grand theory apa yang cocok untuk judul skripsi pengaruh biaya kualitas dan beban promosi terhadap profitabilitas perusahaan manufaktur? terimakasih pak

Fi'liyatul Laely mengatakan...

Selamat sore pak, maaf saya ingin bertanya kalau grand teory yang cocok untuk pengaruh kepemilikan keluarga terhadap kinerja rentabilitas perusahaan apa ya pak? Terima Kasih.

Ickhsanto Wahyudi mengatakan...

Bua alizadeis : grand theory yang digunakan adalah Agency Theory, karena kualitas audit tidak dapat dipisahkan dari teori keagenan. Teori keagenan membahas tentang adanya hubungan keagenan antara prinsipal dengan agen.

Ickhsanto Wahyudi mengatakan...

Buat reta : kalau terakit profitabilitas biasanya selalu menggunakan signaling theory atau theori pensinyalan

Ickhsanto Wahyudi mengatakan...

Buat fi'liyatul Laely : Teori sinyal mengemukakan tentang bagaimana sebuah perusahaan memberikan sinyal kepada pengguna laporan keuangan berupa informasi mengenai kinerja perusahaan (Wolk et al. 2000).

Noviatun Hassanah mengatakan...

Selamat malam pak, maaf saya ingin bertanya kalau grand teory yang cocok untuk analisis perkembangan sektor industri perikanan dan implikasinya terhadap tingkat pendapatan nelayan apa ya pak? Terima Kasih.

dian prawesti mengatakan...

mohon maaf pak, mohon informasinya.

rencana penelitian saya membahas tentang implementasi remunerasi pada instansi pemerintahan, saya menggunakan teori edward 3 sebagai landasan teorinya. akan tetapi dosen bertanya grand teori nya apa.......
menurut bapak apa grand teori yang cocok untuk penelitian saya, pakah tidak cukup edward 3 sebagai grand teorinya ???

terima kasih pak atas informasinya

Muzay 12 mengatakan...

Assalamualaikum pak mau tanya kira2 grendtheory yang cocok tentang pengelolaan pasar terhadap kepuasan pengguna kios apa ya pak?

Ickhsanto Wahyudi mengatakan...

Noviatun Hassanah berkata. ateori kemiskinan bisa di gunakan

Ickhsanto Wahyudi mengatakan...

Muzay 1, coba baca stewardship theory yang merupakan pengembangan dari agency theori

Ickhsanto Wahyudi mengatakan...

dian prawesti.. Menurut saya sih sudah oke dengan teori edward 3. JIka dosen masih ingin menambahkan grand teori gunakan agency teori kemudian stewardship teori dan ujung ujunganya edward 3 teori

Arni Devega mengatakan...

Selamat siang pak, saya mau bertanya grand ttheory untuk judul pengaruh rasio solvabilitas terhadap laba apa ya?

Ickhsanto Wahyudi mengatakan...

Ami untuk grandtheoryterkait laba umumnya digunakan theory signaling. perusahaan memberikan sinyal kepada pengguna laporan keuangan

Ridwan Adya Rinaldy mengatakan...

selamat pagi pak Ickhsanto, mohon bantuannya grand theory yang pas digunakan untuk judul seperti ini Peran Integrasi Sistem Akuntansi Dalam Menghasilkan Controllership Output Quality Dan Dampaknya Terhadap Kontribusi Controller Pada Keputusan Manajemen apa ya pak? Trimakasih pak.

yueyund yue mengatakan...

selamat pagi pak, mohon bantuannya grand theory untu judul analisis pengaruh biaya mutu produk terhadap laba apa ya pak ?

Whina Mahardhika mengatakan...

selamat pagi pak, saya mau bertanya tentang grand teory yg tepat untuk penelitian pengaruh komitmen profesional, locus of control, dan pengalaman audit terhadap perilaku auditor dalam situasi konflik audit. saya mohon bantuannya. terimakasih :)

Anonim mengatakan...

selamat siang pak, mau nanya untuk judul pengaruh pengalaman auditor terhadap kualitas audit pake grand theory apa ya?

Ickhsanto Wahyudi mengatakan...

Anonim. Umumnya grand theory yang digunakan adalah Agency Theory, karena kualitas audit tidak dapat dipisahkan dari teori keagenan. Teori keagenan membahas tentang adanya hubungan keagenan antara prinsipal dengan agen.

Ickhsanto Wahyudi mengatakan...

Buat Whina, Teori Atribusi
Teori atribusi mempelajari suatu proses bagaimana seseorang
menginterpretasikan terjadinya suatu peristiwa, alasan, atau sebab perilakunya
(Suartana, 2010:181). Teori atribusi menjelaskan tentang cara kita menilai
individu secara berbeda, kita berupaya untuk menentukan apakah perilaku
tersebut disebabkan secara internal atau eksternal (Robbins, 2008:177). Perilaku
yang disebabkan secara internal adalah perilaku yang dipengaruhi oleh kendali
pribadi seorang individu, sedangkan perilaku yang disebabkan secara eksternal
adalah perilaku yang disebabkan karena sebab-sebab luar (Robbins, 2008:177).

Ickhsanto Wahyudi mengatakan...

Buat yu Yuend, Kalau ada kaitan sama Laba umumnya pakai Signaling theory

Ickhsanto Wahyudi mengatakan...

Buat Ridwan, Mungkin Agency Theory bisa digunakan

Nida Annisa mengatakan...

Selamat pagi pak, saya ingin bertanya grand teori yang cocok untuk penelitian "pengaruh pemeriksaan pajak, penagihan pajak dan sunset policy terhadap peningkatan penerimaan pajak" mohon sarannya, terimakasih sebelumnya :)

Ridwan Adya Rinaldy mengatakan...

trimakasih pak atas sarannya

Ickhsanto Wahyudi mengatakan...

Buat Nida Anisa, kalau perpajakan biasanya Grand Theory dalam penelitian pajak adalah Teori Keadilan Hukum, selain Teori Keadilan Hukum dalam penelitian ini juga digunakan teori pendukung yaitu Teori Tujuan Hukum, Teori Kepatuhan dan Teori Demokrasi Deliberatif.

Vicky Viktor mengatakan...

Selamat siang pak. Mohon maaf mau brrtnya grand theory yg bagus untuk pengaruh ingkat suku Bunga dan kurs rupiah terhadap harga saham di bursa efek indonesia apa ya pak? Makasih

Ickhsanto Wahyudi mengatakan...

terkai harga saham, selalu gak jauh dari teori signaling

antnah mengatakan...

Pak, kalau grand theory yg cocok untuk pengendalian internal atas persediaan apa ya?

Willy mengatakan...

Permisi pak, apakah skripsi diwajibkan menggunakan grand theory ? atau hanya optional ?

saya baca komentar diatas kualitas audit menggunakan teori keagenan, bisa tolong dijelaskan lebih rinci hubungan teori keagenan dengan kualitas auditnya pak ? apakah auditor sebagai pihak ketiga ditengah prisipal dan manajemen atau auditor sebagai pihak agen ?

Terima kasih pak :)

Nadia Ramadhanti mengatakan...

selamat siang pak, mohon bantuannya pak kalau judulnya "arus kas bersih, kinerja keuangan, dan GCG terhadap investasi aset tetap" apakah tepat kalau memakai signaling theory?
atau ada theory tambahannya lagi pak?

Terimakasih sebelumnya pak..

Ickhsanto Wahyudi mengatakan...

pengendalian internal cocoknya teory ke agenan, karena tugas manajemen salah satunya yaitu dengan menciptakan struktur pengendalian intern yang efektif.

Ickhsanto Wahyudi mengatakan...

Nadia, kalau kinerja, laba selalu menggunakan teori signaling. Teori lain coba baca teori stewardship

Ickhsanto Wahyudi mengatakan...

Sebenarnya kembali ke arti dan maskud dasar dari gran teori itu sendiri. Kalau menurut wikipedia Grand Teori adalah sebuah istilah yang ditemukan oleh seorang ahli sosioligis bernama Charles Wright Mills dalam bukunya yang berjudul "The Sociological Imagination" untuk menunjukan bentuk teori absraksi tinggi yang mana pengaturan formal dan susunan dari konsep-konsep lebih penting dibandingkan pengertian terhadap dunia sosial. Dalam pandangannya , Grand Teori kurang lebih dipisahkan dari perhatian nyata kehidupan sehari-hari dan berbagai variasinya dalam ruang dan waktu.

Jadi karena namanya teori besar yang menaungi maka tak perlu menjadi soal posisi auditor ada dimana. Yg menjadi patokan adalah kualitas audit yang menjadi concern oleh teori ini. Dimana pemilik modal (prinsipal) menunjuk agen (managemen), dimana prinsipal melaksanakan yakin agen melaksanakan kehendak prinsipal melalui proses audit. Sementara itu dulu. Kita bisa diskusi lebih dalam lagi, melalui media ini

intan trihastaningtyas mengatakan...

Selamat siang Pak, mohon minta bantuannya grand theory untuk "Analisis Perhitungan Biaya Satuan Pendidikan dengan metode Activity Based Costing". Terima kasih

Abshor Rizqo mengatakan...

Pak, kalau judul penelitian "Pengaruh Budaya Etnis, Tingkat Pendidikan, Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Kinerja UKM" tepatnya menggunakan Grand Theory apa?
Terima Kasih

Ickhsanto Wahyudi mengatakan...

Buat Abror Grand theory yang digunakan untuk penelitian kamu adalah teori manajemen, middle theory-nya adalah Sumber Daya Manusia (SDM) dan applied theory-nya adalah Budaya Organisasi, Struktur Organisasi dan Kinerja

Ickhsanto Wahyudi mengatakan...

Buat Intan, seprtinya cukup menggunakan teori ABC

Sri Wahyuni mengatakan...

Selamat siang pak, mohon sarannya. Kalau judul penelitian tentang analisis perhitungan penyusutan dan penyajian aset tetap berdasarkan psak no. 16. Grand theory nya apa ya pak?

Ickhsanto Wahyudi mengatakan...

Biaya penyusutan ujung ujungnya lari ke lapaoan laba rugi. kalau terkait laba rugi bisa digunakan teory signaling

agung pramugalih mengatakan...

Salam kenal pak Ichsanto,
Saya sedang menyusun proposal untuk tesis dengan pembahasan "Efek Whistleblowing dalam mengurangi fraud khususnya penyalahgunaan aset"

whistleblowing disini saya posisikan sebagai variabel intervening dari beberapa faktor pencegah fraud.

Grand Theory yg seharusnya saya gunakan apa ya Pak?
terimakasih sebelumnya....

Sanjaya mengatakan...

Selamat malam pak.. Saya ingin bertanya
Klo saya melakukan penulisan skripsi berjudul Ukuran Perusahaan terhadap agresivitas pajak, kira2 grand theory apa yg harus saya gunakan ya? Terima kasih sebelumnya

Ickhsanto Wahyudi mengatakan...

Grand theory yang digunakan dalam penelitian bisa teori good corporate governance atau juga political power theory yang mengatakan Size berpengaruh signifikan terhadap praktik penghindaran pajak perusahaan, perusahaan-perusahaan dapat menggunakan political power theory karena mempunyai sumber daya yang mencukupi untuk memanfaatkan proses politik yang dapat menguntungkan mereka dan melakukan aktivitas perencanaan pajak yang agresif
dengan tujuan mendapatkan penghematan pajak yang optimal

Ickhsanto Wahyudi mengatakan...

penelitian terkait whistle blowing bisa mengaplikasikan konsep Theory of Planned Behavior yang menjelaskan bahwa perilaku yang dilakukan individu timbul karena adanya niat yang melandasi perilaku tersebut, yang terbentuk oleh tiga faktor utama yaitu sikap terhadap perilaku, norma subyektif, dan persepsi kontrol atas perilaku

Santi Ari mengatakan...

Selamat pagi pak, mohon bantuannya kira-kira grand teory apa ya yg cocok untuk penelitian analisis faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kelancaran pengembalian kredit modal kerja?

abdul latief mengatakan...

selamat siang pak, mohon maaf pak, kalau judul Skripsi Pengaruh PAD dan Dana Perimbangan terhadap kinerja Keuangan. tepatnya menggunakan judul apa yah pak ?
trimakasih,,

Nova Kurniawan mengatakan...

Selamat siang pak, mohon bantuannya, untuk penelitian dengan judul "pengaruh audit sistem informasi persediaan dan pengendalian pengiriman barang dagang terhadap peningkatan laba" menggunakan grand theory apa ya pak? Terimakasih

Anonim mengatakan...

Selamat pagi pak, mohon bantuannya kira-kira grand teory apa ya yg cocok untuk Judul Pengaruh Tingkat Pendidikan, Pendapatan, Gender, DAN Tempat Tinggal Terhadap Akuntansi rumahtangga.?

Ickhsanto Wahyudi mengatakan...

Jikalau terkait laba, biasanya menggunakan theory signaling. Kalau pemerintahan bisa menggunakan theory stewardship, GCG atau kepatuhan hukum

Ade Sintya Lindora mengatakan...

Selamat siang Pak, mohon bantuannya untuk grand teori sistem informasi akuntansi berbasis erp bisa menggunakan teori yang mana pak? tks

Byeol Light mengatakan...

Selamat sore pak. Saya ingin bertanya Pak. Jika saya mengambil judul "Pengaruh Pendidikan Pemilik, Umur Usaha, dan Skala Usaha Terhadap Penggunaan Informasi Akuntansi pada UKM." sekiranya menggunakan Grand Theory Financial Literacy itu sesuai tidak ya Pak? Atau ada teori lain yang sekiranya lebih pas.
Terimakasih atas respon Bapak. Postingan dan balasan bapak sangat membantu sekali Pak :)

Eka Retnowati mengatakan...

selamat malam pak.. mohon saran kalau pengaruh tqm dan spi terhadap kinerja organisasi kira-kira menggunakan grand theory apa pak? terima kasih

Ickhsanto Wahyudi mengatakan...

Terkait erp atau kinerja biasanya signaling, begitu juga informasi akuntansi, demikian juga penggunaan sistem yang bagus seperti erp bisa menggunakan signaling

Anonim mengatakan...

Selamat malam pak. Saya mau tanya apabila skripsi saya yang berjudul pengaruh tingkat likuiditas dan tingkat modal terhadap profitabilitass cocoknya menggunakan grand teori yang mana? Terimakasih

meilani kurniawati mengatakan...

selamat malam pak. saya mahasiswa yang sedang dalam proses pengerjaan skripsi. saya ingin bertanya apabila judul skripsi saya "pengaruh UKURAN PERUSAHAN dan PERTUMBUHAN AKTIVA terhadap STRUKTUR MODAL", maka grand theory apa yang sebaiknya saya gunakan? terima kasih sebelumnya.

Adama Rasmi mengatakan...

Pak mau tanya grand teory apa yang cocok buat judul ketergantungan pedangan terhadap rentenir dinpasar teradisional

Adama Rasmi mengatakan...

Pak mau tanya grand teory apa yang cocok buat judul ketergantungan pedangan terhadap rentenir dinpasar teradisional

Nilil Wafiya mengatakan...

pak mau tanya kalau teori yang cocok untuk persediaan bahan bakau apa ya? terima kasih

Ickhsanto Wahyudi mengatakan...

Kalau terkait laporan keuangan selalau memakai theory signaling. Kalau terkait audit selalau memakai teori agency

hana aprianti mengatakan...

Selamat sore pak, mau tanya. Kalo profitabilitas bank umum syariah tiu pake grand theory apa ya pak.

Ickhsanto Wahyudi mengatakan...

tentu pakai signaling mba hana

ida mengatakan...

selamat sore pak, maaf saya mau bertanya jika bagi hasil itu pake grand teori apa ya?
terimakasi

Ickhsanto Wahyudi mengatakan...

Judul lengkapnya apa mba Ida

zariyah ria mengatakan...

Selamat siang pak,
Saya mau tanya .. Untuk penelitian tentang kinerja keuangan dan tingkat profitabilitas perusahaan terhadap pengeluaran dana zakat , yg cocok pakai grand theory apa ya ?

Terimakasih ..

Ridwan Saputra mengatakan...

Assalamualaikum pak, mau bertanya menganai grand teori yg cocok dengan penelitianku yg berjudul perlakuan pajak dan penerimaan negara pada transaksi e commerce?

Terima kasih

dwik lantik mengatakan...

Mohon maaf pak, saya ingin bertanya jika menganalisis kredit macet biasanya menggunakan grand theory apa ya pak? Terima kasih...

hetty nofeni mengatakan...

Maaf pak, mohon petunjuknya, kalo penelitian pengaruh e-procurement terhadap perwujudan good governance di sektor publik, pake teori apa ya pak?? sy sdh pake keagenan tp kt dosen penguji saya kurang pas, lalu teori apa yg pas y pak,,, matur suwun sanget pak

erika chae mengatakan...

Pak mau tanya, kalau teori yg cocok untuk judul pengaruh e-commerce terhadap tingkat profitabilitas umkm apa pak ya?

Ratna wati mengatakan...

Selamat malam pak, saya mau tanya, kalau judul skripsinya "pengaruh manajemen risiko terhadap kinerja keuangan perbankan dengan gcg sebagai moderasi" cocoknya grand theory nya apa ya?

surya putra mengatakan...

Selamat malam pak, kalau grand theory untuk analisis pengendalian internal persediaan apa ya yang cocok?

Syarifahku Sayang mengatakan...

selamat malam pak, mau tanya.. saya sedang meneliti tentang perbandingan kinerja keuangan sebelum dan sesudah memperoleh opini WTP, kira2 grand theory yang pas apa ya pak? mohon bantuannya. terimakasih

Elga Meiliansyah mengatakan...

Selamat malam pak saya mau tanya, untuk judul pengaruh kontribusi pajak kendaraan bermotor dan bea balik nama terhadap pendapatan asli daerah ini pakai grand teori apa ya? Mohon pencerahannya pak :D
Terimakasih sebelumnya.

cessa ria mengatakan...

Pak kalau grand teori untuk skripsi pengaruh SAPD, pemahaman akuntansi, dak ketaatan peraturan perundangan terhadap akunabitas kinerja instansi pemerintah apa ya pak ? Terima kasih

Rizna Dwi Oktavia Maharani mengatakan...

Pak mohon maaf, izin bertanya..
Grand tgeory yang bisa digunakan untuk masalah perubahan harga saham apa ya? Judulnya analisis pengaruh nilai tukar, inflasi, bi rate, indeks dow jones terhadap harga saham sektor properti.

Luki Setiawan mengatakan...

pak, saya ingin bertanya kalau untuk msalah pengaruh intensitas modal, likuiditas dan pertumbuhan penjualan terhadap penghindaran pajak itu menggunakan grand theory apa ya pak? terima kasih mohon bantuannya..

mawaddati ridha mengatakan...

pak selamat siang , saya ingin bertanya gran teory untuk analisis perhitungan biaya pendidikan dengan menggunakan pendekatan activity based costing itu apa ya ?

Venny Ariandini mengatakan...

pak saya ingin bertanya, teori yang cocok buat kepatuhan wajib pajak apa ya?

ayu wulan mengatakan...

selamat sore pak, mohon saran grand theory yang cocok utuk judul "pengaruh manfaat, fasilitas, persepsi kemudahan, modal, return, dan persepsi risiko terhadap minat investasi mahasiswa" apa ya pak
terimakasih

Nori Rumput Laut mengatakan...

Malam pak.. Pak kalo middle teori dari judul skripsi pengaruh opini audit, kondisi keuangan dan suku bunga sbi terhadap harga saham apa ya?
Utk middle theory saya masih bingung pak

rahmadi mengatakan...

selamat siang pak,
grand teori dengan judul pengaruh sdm, sistem teknologi, komitmen, pelatihan dan tingkat pendidikan dengan pengendalian intern sebagai variabel intervening terhadap implementasi SAP apa ya pak ?

nur ayyamul bidy mengatakan...

selamat malam pak, mohon sarannya kira-kira teori yang cocok untuk judul berikut apa pak, pengaruh kompensasi terhadap fraud dengan kepuasan kerja sebagi variabel intervening

cornelia nindya septian mengatakan...

Pak, saya ingin bertanya grand theory yg pas untuk judul pengaruh board diversity terhadap intelectual capital apa ya? Terima kasih

Unknown mengatakan...

malam pak, teori yang cocok dengan judul skripsi "pengaruh biaya promosi dan volume penjualan terhadap laba bersih" apa ya ?

ignatius bimo mengatakan...

malam pak, teori yang cocok dengan judul skripsi "pengaruh biaya promosi dan volume penjualan terhadap laba bersih" apa ya ?

kiki irza mengatakan...

sore pak, teori yang cocok untuk judul 'pengaruh pengendalian internal dan loyalitas terhadap kinerja karyawan bagian akuntansi' apa ya? mohon bantuannya pak, terimakasih :)

Yeti Lispika mengatakan...

Selamat pagi pak
Saya mau tanya, grand theory yang cocok untuk penelitian tentang analisis pendekatan Fair Value dan Historical cost dalam penilaian aset biologis apa ya pak? Terimakasih pak sebelumnya

nana fei mengatakan...

Nana berkata....

Selamat Pagi Pak,
saya mau bertanya kalau grand teory dari Perencanaan Pajak, Kinerja keuangan, manajemen laba dan pengungkapan GCG apa ya pak?

Virly Ramdani mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Virly Ramdani mengatakan...

selamat siang pa. saya mau tanya, grand theory untuk "pengaruh pemahaman SAK EMKM thd Kelangsungan Usaha" apa ya pa?
apa bisa masuk dalam Signalling Theory? lalu middle theory nya menggunakan apa ya pa?
terimakasih

Virly Ramdani mengatakan...

selamat siang pa. saya mau tanya, grand theory untuk "pengaruh pemahaman SAK EMKM thd Kelangsungan Usaha" apa ya pa?
apa bisa masuk dalam Signalling Theory? lalu middle theory nya menggunakan apa ya pa?
terimakasih

nuura mengatakan...

selamat sore pak
mohon pencerahan pak, grand theory untuk analisis perbedaan abnormal return & trading volume activity, kira2 apa ya pak ?
terima kasih pak sebelumnya

Amalia's World mengatakan...

Selamat malam pak, untuk judul "Pengaruh sistem informasi akuntansi dan good corporate governance terhadap sistem pengendalian di PT.XYZ" , bisa menggunakan grand teori apa ya pak? Terimakasih sebelumnya

Eva Rosmawati mengatakan...

Selamat malam pak, teori apa yg cocok untuk perencanaan keuangan keluarga. Terimakasih pak

jeremia michael mengatakan...

selamat malam pak, saya sedang mengerjakan tugas metodologi penelitian berdasarkan jurnal yang saya diteleti, menurut bapak teori yang melandasi jurnal 'IFRS adoption, Extent Disclosure, and Perceived Corruption' oleh Muhammad Nurul Houqe,Reza M.Monem. selain GONE Theory adalagi kah? singkatnya jurnal ini berisi tentang hubungan antara pengaplikasian IFRS dan tingkat korupsi. mohon dijawab untuk mendukung tugas saya, terima kasih atas bantuannya.... ;)

darmawaty BM mengatakan...

assalamualaikum,, mohon maaf pak, saya ingin bertanya grand theory yang cocok buat peranan analisis laporan keuangan dalam mempertimbangkan permohonan kredit, itu apa yah?

prisha fajar wati mengatakan...

mohon maaf pak, saya ingin bertanya jika penelitian saya berhubungan dengan PAD (Pendapatan Asli Daerah) dan pajak daerah maka theory apa yang cocok untuk penelitian saya saat ini...

mohon bantuannya pak.

I Made Raka Budiarsana mengatakan...

salam pak. kalau penelitian terkait pengaruh keahlian profesional dan gaya kepemimpinan terhadap efektivitas sistem pengendalian internal grand theory nya kira-kira apa yang sesuai?
terima kasih