Metode Balance Scorecard

Hasil gambar untuk balance scorecard

Pendekatan Balanced Scorecard (BSC) untuk perencanaan bisnis telah banyak dianut oleh perusahaan besar dan kecil sebagai cara untuk memastikan keseimbangan dibeberapa imperatif bisnis dan menghindari fokus pada salah satu inisiatif dengan mengorbankan yang lain. Ada berbagai metode yang terkait dengan pendekatan BSC yang bisa digunakan untuk keuntungan bisnis.


Empat Perspektif
Pendekatan Balanced Scorecard membantu perusahaan fokus pada empat kunci perspektif: perspektif pelanggan, perspektif belajar dan pertumbuhan, perspektif proses bisnis internal, dan perspektif keuangan. Dalam masing-masing dari perspektif ini, perusahaan mengidentifikasi hal-hal yang paling penting bagi para pemangku kepentingan dan menetapkan langkah-langkah yang akan digunakan untuk memantau kinerja. Misalnya, di bawah perspektif pelanggan, perusahaan dapat memantau tingkat kepuasan, sementara di bawah perspektif pembelajaran dan pertumbuhan, perusahaan mungkin memantau dampak dari pelatihan pada kinerja. Di bawah perspektif proses bisnis internal, perusahaan mungkin memantau perputaran pemrosesan order dan di bawah perspektif keuangan, perusahaan mungkin memantau hari A/R (piutang). Idenya adalah untuk menyeimbangkan semua perspektif ini, dan langkah-langkah di dalamnya, sehingga semua kebutuhan pemangku kepentingan terwakili.

Menghubungkan Scorecard Strategi Perusahaan
Scorecard, atau pengelompokan perspektif  akan   dipantau oleh perusahaan, integral terhubung ke strategi perusahaan. Dalam menghubungkan scorecard strategi perusahaan, perusahaan akan fokus pada penyebab dan efek hubungan, pemicu kinerja  dan keterkaitan keuangan.

Umpan balik dan Kontinuitas Pembelajaran
Umpan balik dan belajar terus merupakan elemen kunci dari pendekatan Balanced Scorecard. Dimana perusahaan memonitor tindakan di seluruh empat perspektif tadi, mereka akan mengidentifikasi peluang untuk perbaikan dan menerapkan taktik untuk meningkatkan nilai. Umpan balik yang dikumpulkan dari berbagai perspektif dengan karyawan dan pelanggan yang memiliki peran dalam mengidentifikasi peluang, memasok ide-ide baru dan berdampak pada potensi perbaikan.

Search Term :

Tidak ada komentar :