Judul : Pentingnya SOP (Standard Operating Procedure)
link : Pentingnya SOP (Standard Operating Procedure)
Pentingnya SOP (Standard Operating Procedure)
Perlu diketahui bahwa 80% pekerjaan akuntan selalu berulang sesuai siklus akuntansi. Menurut para pakar manajemen pekerjaan yang berulang bisa didelegasikan, artinya pengusaha bisa mendelagasikan yang 80% itu ke bagian akuntansi. Nah agar pengelolaan keuangan memiliki dasar yang sama, baik pihak owner dan karyawan akuntansi perlu pegangan yang sama.
Tujuan pengelolaan keuangan adalah mengontrol dan
memanfaatkan sumber daya yang ada secara optimal dalam rangka menjaga
keberlangsungan hidup keuangan sesuai dengan tujuan organisasi. Adapun kegiatan
pengelolaan keuangan meliputi perencanaan, pengorganisasian dan pengendalian
keuangan.
Untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan informasi yang
transparan sehingga bisa dimanfaatkan pihak manajemen dalam mengelola keuangan.
Dalam menyediakan informasi yang transparan diperlukan suatu sistem yang bisa
dijadikan acuan yang disebut Sistem Akuntansi.
Sistem akuntansi adalah organisasi formulir, dokumen, catatan
dan laporan yang dibutuhkan oleh manajemen perusahaan guna memudahkan
pengelolaan transaksi keuangan.
Penerapan sistem akuntansi ini tercermin dalam panduan dasar
yang kemudian disebut SOP (Standard Operating Procedure) selanjutnya disebut
SOP Keuangan. SOP Keuangan adalah panduan dasar bagi pelaksanaan aktivitas yang
berkaitan dengan keuangan.
Hal-hal yang dibahas dalam SOP
Keuangan menyangkut empat hal pokok yaitu :
- Pengelola keuangan,
- Prosedur pelaksanaan transaksi keuangan,
- Dokumentasi keuangan dan
- Laporan keuangan
Dengan adanya SOP yang baik, perusahaan bisa meminimalkan resiko pengelolaan perusahaan. Pengelolaan perusahaan pun menjadi lebih baik, dikarenakan acuan yang dipakai oleh pihka manajemen dan pihak karyawan sama.
Namun perlu juga di pahami bahwa SOP itu dinamis tidak statis, sehingga perlu di update dalam jangka waktu tertentu. Ini dikarenakan tantangan bisnis juga semakin dinamis, ditambah perkembangan teknologi. Sehingga proses bisnis yang dulunya ruwet dan birokratis bisa di bikin lebih sederhana dengan teknologi. Sedangkan efektivitasnya tetap bisa dipertahankan.
Agar SOP bisa berjalan tentu yang paling utama adalah adanya kesdaran dari owner si pengusaha itu sendiri bahwa SOP itu penting. Tanpa itu perusahaan akan kembali ke kondisi semula
Demikianlah Artikel Pentingnya SOP (Standard Operating Procedure)
Sekianlah artikel
Pentingnya SOP (Standard Operating Procedure)
kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel Pentingnya SOP (Standard Operating Procedure) dengan alamat link https://magisterakutansi.blogspot.com/2018/07/pentingnya-sop-standard-operating.html
0 Response to " Pentingnya SOP (Standard Operating Procedure) "
Posting Komentar