Welcome to MAGISTER AKUNTANSI - The Perfect Partner For Your Business
Contact : Phone 0821-2566-2195 Wa 0821-2566-2195 Pentingnya SOP (Standard Operating Procedure) | Magister Akuntansi

Labels

Pentingnya SOP (Standard Operating Procedure)

Pentingnya SOP (Standard Operating Procedure) - Hallo sahabat Magister Akuntansi , Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Pentingnya SOP (Standard Operating Procedure) , kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel SOP , yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Pentingnya SOP (Standard Operating Procedure)
link : Pentingnya SOP (Standard Operating Procedure)

Baca juga


Pentingnya SOP (Standard Operating Procedure)

Perlu diketahui bahwa 80% pekerjaan akuntan selalu berulang sesuai siklus akuntansi. Menurut para pakar manajemen pekerjaan yang berulang bisa didelegasikan, artinya pengusaha bisa mendelagasikan yang 80% itu ke bagian akuntansi. Nah agar pengelolaan keuangan memiliki dasar yang sama, baik pihak owner dan karyawan akuntansi perlu pegangan yang sama.

Tujuan pengelolaan keuangan adalah mengontrol dan memanfaatkan sumber daya yang ada secara optimal dalam rangka menjaga keberlangsungan hidup keuangan sesuai dengan tujuan organisasi. Adapun kegiatan pengelolaan keuangan meliputi perencanaan, pengorganisasian dan pengendalian keuangan.


Untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan informasi yang transparan sehingga bisa dimanfaatkan pihak manajemen dalam mengelola keuangan. Dalam menyediakan informasi yang transparan diperlukan suatu sistem yang bisa dijadikan acuan yang disebut Sistem Akuntansi.

Sistem akuntansi adalah organisasi formulir, dokumen, catatan dan laporan yang dibutuhkan oleh manajemen perusahaan guna memudahkan pengelolaan transaksi keuangan.

Penerapan sistem akuntansi ini tercermin dalam panduan dasar yang kemudian disebut SOP (Standard Operating Procedure) selanjutnya disebut SOP Keuangan. SOP Keuangan adalah panduan dasar bagi pelaksanaan aktivitas yang berkaitan dengan keuangan.

Hal-hal yang dibahas dalam SOP Keuangan  menyangkut empat hal pokok yaitu :
  1. Pengelola keuangan, 
  2. Prosedur pelaksanaan transaksi keuangan, 
  3. Dokumentasi keuangan dan 
  4. Laporan keuangan
Dengan adanya SOP yang baik, perusahaan bisa meminimalkan resiko pengelolaan perusahaan. Pengelolaan perusahaan pun menjadi lebih baik, dikarenakan acuan yang dipakai oleh pihka manajemen dan pihak karyawan sama.

Namun perlu juga di pahami bahwa SOP itu dinamis tidak statis, sehingga perlu di update dalam jangka waktu tertentu. Ini dikarenakan tantangan bisnis juga semakin dinamis, ditambah perkembangan teknologi. Sehingga proses bisnis yang dulunya ruwet dan birokratis bisa di bikin lebih sederhana dengan teknologi. Sedangkan efektivitasnya tetap bisa dipertahankan.

Agar SOP bisa berjalan tentu yang paling utama adalah adanya kesdaran dari owner si pengusaha itu sendiri bahwa SOP itu penting. Tanpa itu perusahaan akan kembali ke kondisi semula






Demikianlah Artikel Pentingnya SOP (Standard Operating Procedure)

Sekianlah artikel Pentingnya SOP (Standard Operating Procedure) kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Pentingnya SOP (Standard Operating Procedure) dengan alamat link https://magisterakutansi.blogspot.com/2018/07/pentingnya-sop-standard-operating.html

0 Response to " Pentingnya SOP (Standard Operating Procedure) "