Welcome to MAGISTER AKUNTANSI - The Perfect Partner For Your Business
Contact : Phone 0821-2566-2195 Wa 0821-2566-2195 Statistik Induktif | Magister Akuntansi

Labels

Statistik Induktif

Statistik Induktif - Hallo sahabat Magister Akuntansi , Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Statistik Induktif , kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Statistik , yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Statistik Induktif
link : Statistik Induktif

Baca juga


Statistik Induktif


Statistik induktif (Inferensial) bertujuan untuk mengambil kesimpulan atau menguraikan populasi yang sedang dipelajari, didasarkan hasil penyelidikan sampel. Kesimpulan dibuat berdasarkan penelitian terhadap sebagian dari anggota populasi saja, tetapi akan digunakan untuk menyimpulkan keseluruhan anggota populasi.

Kebanyakan penelitian ilmiah (research) untuk mengambil kesimpulan tentang suatu obyek penyelidikan tidak usah menyelidiki seluruh anggota populasi dengan alasan-alasan sebagai berikut:
  1. Dalam hal jumlah individu yang akan diselidiki bersifat infinite atau tak terbatas jumlahnya atau juga dapat dianggap tak terbatas jumlah-nya, penyelidikan seluruh individu tidak mungkin dilaksanakan.Contoh yang sederhana misalnya dalam melakukan percobaan di bidang pertanian untuk menguji berbagai jenis pupuk, tidak mungkin dilakukan percobaan sebanyak tak terhingga.
  2. Di bidang industri, test yang dilakukan kebanyakan bersifat destruktif (merusak), sehingga tidak mungkin seluruh produk diselidiki. Misalnya penentuan lama hidup bola lampu, lamanya masa pakai ban mobil, dan sebagainya.
  3. Dalam sesuatu hal memang kadang-kadang tak perlu seluruh anggota populasi diteliti, yaitu jika obyek yang diselidiki bersifat homogen. Misalnya untuk menyelidiki keadaan air di suatu kolam renang mengandung bibit penyakit atau tidak, tidak perlu diambil air sebanyak-banyaknya untuk diselidiki, barangkali satu liter saja sudah cukup.
  4. Bila tidak diperlukan ketelitian yang mutlak, atau hasil penelitian segera dibutuhkan, maka penelitian berdasarkan sampel akan bisa menghemat biaya, waktu dan tenaga.
  5. Bila nonsampling error yang besar tak dapat dihindarkan, penelitian sebagian individu mungkin memberikan hasil yang lebih baik daripada penelitian seluruh individu, karena nonsampling error lebih mudah di kontrol dalam ruang yang lebih sempit.
Dengan adanya alasan-alasan tersebut, statistik menyediakan prinsip-prinsip dan cara-cara yang dapat dipergunakan untuk mengatasi kesulitan-kesulitan, yaitu dengan mengambil sebagian saja dari individu, menyelidiki nya, kemudian menarik kesimpulan dari sebagian individu tersebut untuk seluruh individu. Baca juga statistik deskriptip


Demikianlah Artikel Statistik Induktif

Sekianlah artikel Statistik Induktif kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Statistik Induktif dengan alamat link https://magisterakutansi.blogspot.com/2012/12/statistik-induktif.html

0 Response to " Statistik Induktif "